top of page
  • Writer's picturestellarw

Jenis-Jenis Kolaborasi dalam Dunia Kerja, Sudah Tahu Belum?

Kata kolaborasi pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Tetapi, kolaborasi tidak hanya sekadar sesuatu yang dilakukan oleh individu atau sekumpulan orang tertentu saja, lho.


Kolaborasi juga dilakukan di tingkat perusahaan. Oleh karena itu, ada beragam jenis kolaborasi di dunia kerja.


Nah, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui bergama jenis kolaborasi di dunia kerja, sehingga kamu bisa menentukan tipe seperti apa yang cocok dengan keadaanmu.



Simak jenis-jenis kolaborasi kerja di sini, ya!


1. Kolaborasi internal


Kolaborasi internal adalah sebuah kolaborasi di mana individu di dalam satu organisasi bekerja sama satu sama lain. Kolaborasi ini sangat luas dan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk.


2. Kolaborasi eksternal


Kolaborasi eksternal adalah bentuk kolaborasi antara individu atau grup dengan individu atau grup lain di luar organisasi tersebut, misalnya konsumen, perusahaan lain, dan kompetitor.


Kolaborasi jenis ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan informasi berguna dari pihak luar.


3. Kolaborasi tim


Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kolaborasi tim, mengingat kolaborasi tim adalah bentuk kolaborasi paling umum dibandingkan jenis-jenis kolaborasi lainnya.


Dalam kolaborasi ini, setiap anggota tim sudah saling mengenal dan akan ada satu pemimpin yang bertugas untuk melakukan supervising terhadap anggota tim lainnya.


4. Kolaborasi cross-departmental


Kolaborasi cross-departmental adalah jenis kolaborasi di dalam perusahaan di mana beberapa departemen bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama!


Umumnya, kedua departemen akan saling membagikan pengetahuan dan memberikan bantuan ke satu sama lain.


5. Kolaborasi komunitas


Jenis kolaborasi ini sedikit berbeda. Jika kolaborasi lainnya dilakukan untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan atau proyek, kolaborasi ini dilakukan untuk berbagi pengetahuan satu sama lain.


Kolaborasi ini saling membangun dan sering memberikan feedback kepada orang lain di dalam komunitas tersebut.


Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam membangun kolaborasi yang tepat ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Membangun Bisnis Fashion di Usia Muda bersama Mutiara Kamila | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

571 views0 comments

Comments


bottom of page