top of page
  • Writer's picturestellarw

Dibully di Tempat Kerja? Simak Tips Menghadapinya

Tidak bisa dipungkiri, bullying di tempat kerja kerap kali terjadi. Sesuai namanya, bullying di tempat kerja adalah serangkaian perilaku yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang dengan tujuan untuk mengintimidasi, menjatuhkan atau menyakiti orang lain di tempat kerja.


Jangan mengira bahwa bullying ini hanya terjadi dalam bentuk fisik (misalnya pemukulan). Perkataan yang tidak mengenakan, sabotase, hingga pengucilan juga termasuk, lho.



Hal ini tentunya gak boleh dibiarkan begitu saja, Stellars. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengganggu kesehatan mental jangka pendek maupun jangka panjang.


Lantas, bagaimana cara menghadapinya ya? Baik jika kamu menjadi korban ataupun melihat teman kerjamu yang di-bully.


1. Berusaha untuk tetap tenang


Umumnya, pelaku bullying akan merasa senang jika si korban merasa kesal atau terluka. Oleh karena itu, coba latih diri sendiri untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi tersebut.


Bisa saja, karena melihat reaksimu yang biasa saja, orang itu akan berhenti mem-bully kamu.


2. Berbicara baik-baik


Coba tanyakan kepada pelaku, apakah ada masalah tertentu yang membuatnya memutuskan untuk membully kamu? Apakah ada kesalahpahaman atau penyebab lainnya?


Jika memang ada suatu masalah yang melatarbelakanginya, cobalah untuk membicarakannya baik-baik. Jelaskan apa yang menjadi maksud utamamu, apa hal yang mungkin menyebabkan kesalahpahaman, dan apa yang dapat dilakukan oleh kedua belah pihak untuk mengatasi permasalahan tersebut.


3. Dokumentasikan


Jika memungkinkan, coba dokumentasikan kejadian tersebut. Akan lebih baik jika ada foto atau video yang mendukung.


Namun, bila tidak memungkinkan, coba catat jam, lokasi, dan orang-orang yang berada di sekitar ketika peristiwa tesebut agar dapat menjadi saksi nantinya.


4. Laporkan kepada atasan atau HRD


Tempat kerja yang baik tidak akan mentoleransi bullying dalam bentuk apapun. Jadi, jangan takut untuk meminta perlindungan dan dukungan dari atasan atau HRD di perusahaan.


Jangan lupa untuk sertakan bukti dan menyampaikan hal tersebut dengan baik dan benar agar mereka dapat membantu mencari solusi terbaik untuk semua pihak.


Tidak ada orang yang pantas untuk di-bully di tempat kerja. Jangan diam saja ya, Stellars! Ambil tindakan dan bela dirimu dengan sebaik mungkin.


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Membangun Bisnis Fashion di Usia Muda bersama Mutiara Kamila | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

45 views0 comments

Comments


bottom of page