top of page
  • Writer's picturestellarw

Fenomena Jastip: Mengapa Sangat Diminati dan Cara Memanfaatkan Fenomena Ini

Istilah jastip, atau jasa titip, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Jastip adalah model bisnis di mana kamu akan bertindak sebagai perantara untuk membeli produk dari penyedia barang kepada konsumen.


Nah, awalnya, jastip ini rata-rata menawarkan produk yang hanya bisa dibeli di luar negeri. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, jastip juga melayani pembelian produk di dalam kota, lho! Salah satunya ketika ramai JakartaxBeauty kemarin.


Umumnya, barang yang paling laris dijastipkan orang adalah skincare, make up, tas, aksesori, pakaian, alat rumah tangga, hingga mainan anak.



Apa Alasan Orang Menggunakan Jastip?

Tentunya ada beberapa alasan orang-orang memutuskan untuk menggunakan jastip, dibandingkan dengan membeli suatu produk sendiri langsung ke tokonya. Simak alasannya, yuk!


1. Keterbatasan waktu

Bagi orang-orang yang sibuk, waktu itu pastinya sangat berharga. Banyak orang yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk membeli barang yang dia inginkan secara langsung ke mall.


Padahal, seringkali ada diskon yang memiliki batasan waktu dan jumlah. Hal ini membuat banyak orang memutuskan untuk menggunakan layanan jastip.


2. Jarak

Ketimbang harus pergi ke kota lain atau bahkan naik pesawat ke luar negeri demi membeli suatu barang, tentunya akan lebih efektif jika kita menggunakan layanan jastip.


Cukup membayar jastip dan ongkos kirimnya, permasalahanmu selesai!


3. Lebih murah

Sebagian besar produk, khususnya produk luar negeri, akan lebih mahal ketika dibeli langsung di Indonesia. Produk berharga murah bisa dijual dengan harga berkali-kali lipat di Indonesia!


Apalagi ketika official store di luar negeri sedang obral diskon, harga produknya bisa lebih murah lagi!


4. Dijamin keasliannya

Jastip mengedepankan aspek kepercayaan yang besar antara konsumen dengan jastiper. Jastiper diharapkan untuk menjadi "mata" konsumen untuk memastikan barang yang dibeli asli atau tidak.


Lantas, Bagaimana Cara untuk Memanfaatkan Fenomena Ini?

Kalau kamu pintar melihat peluang, kamu bisa memulai bisnis jastip untuk menambah penghasilan, lho! Yuk, simak caranya!


1. Cari target pasar yang tepat

Sebelum memulai bisnis jastip, cari tahu dulu siapa target pasarmu. Apakah kamu menargetkan pecinta barang branded, skincare, produk anak-anak, atau siapa?


Hal ini akan memudahkanmu dalam melakukan promosi dan mencari pelanggan yang tepat.


2. Atur strategi promosi

Jangan lupa untuk melakukan promosi dengan maksimal agar bisnis kamu bisa lancar ya! Kamu bisa membuat video promosi, melakukan endorsement, dan hal-hal lainnya.


3. Paham cara kerja bisnis jastip

Untuk bisnis jasa titip beli ini, kamu juga harus tahu bagaimana sistem kerjanya. Apakah pembeli akan memberikan uang muka terlebih dahulu dan sisanya dibayar saat barang sudah datang atau kamu menalangi dulu.


Jangan lupa untuk transparan kepada pelanggan yaa, agar mereka juga tidak kecewa. Beritahukan juga tarif jasa titip yang kamu tetapkan kepada mereka.


4. Berikan layanan lebih

Supaya pembeli bisa menjadi pelanggan setia dan terus menggunakan jasamu, kamu harus memastikan kalau barang yang kamu beli dan layananmu itu berkualitas dan sesuai dengan tarif jasa yang kamu tawarkan.


Itu dia hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang jastip. Ide bisnis ini cocok untuk Anda yang sering dan gemar bepergian. Selamat mencoba, Stellars!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Membangun Bisnis Fashion di Usia Muda bersama Mutiara Kamila | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

תגובות


bottom of page