top of page
  • Writer's picturestellarw

Ingin Membangun Bisnis Bersama Teman? Perhatikan 4 Hal Ini!

Kamu gak harus selalu mandiri dan melakukan semua hal sendiri, lho! Kamu bisa mengajak seorang teman atau partner untuk membangun bisnis bersama.


Memilih teman bisnis bisa membantu kamu dalam memperkokoh pondasi keuangan dan menjalankan fungsi bisnis secara lebih efisien.


Namun, membangun bisnis dengan partner juga bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan agar bisnismu dapat berjalan dengan baik.


Sumber: popbela.com

Ini dia beberapa poin penting yang perlu kamu perhatikan!


1. Menentukan visi misi bersama


Agar sukses memulai bisnis bersama teman, kamu harus menyesuaikan visi dan misimu dalam berbisnis. Visi dan misi kalian berdua harus sejalan.


Hal ini bertujuan agar kamu dan temanmu mampu mengambil keputusan di masa depan yang sejalan.


2. Tentukan bentuk relasi


Banyak pengusaha yang menganggap bahwa partner bisnis merupakan orang yang dapat dipercaya hanya sebatas urusan bisnis saja.


Namun, ada juga orang yang merasa bahwa diperlukan hubungan yang jauh lebih dekat dengan partnernya untuk bisa membangun keselarasan.


Tidak ada yang salah dan benar, tetapi kamu harus menentukan hal ini dengan partnermu nantinya.


3. Kenali kelebihan dan kekurangan masing-masing


Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk kamu dan teman bisnismu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menjadi partner bisnis, pastikan kalian bisa saling melengkapi satu sama lain, ya!


Misalnya, kamu bisa mengurus keuangan, sedangkan partner bisnis kamu membangun relasi karena sama-sama pandai dalam hal tersebut. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah dalam membagi peran.


4. Pastikan ada perjanjian dan kontrak yang jelas


Sedekat apapun kamu dengan partner bisnis kamu, kontrak dan perjanjian tetap penting untuk dibuat.


Hal ini perlu dilakukan agar kedua belah pihak dapat memahami hak dan kewajiban masing-masing dalam berbisnis. Dengan demikian, masalah di masa depan dapat dicegah.


Nah, itu dia empat hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membangun bisnis dengan partner. Jangan lupa untuk selalu menjaga komunikasi satu sama lain ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


KICK OFF Aksi Perempuan with Tjufoo and Stellar Women | #AKSIPerempuan

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

65 views0 comments

Commentaires


bottom of page