top of page
  • Writer's picturestellarw

Hati-Hati! Ini Tanda Atasanmu Sedang Melakukan Quiet Firing! Bisa Jadi Penyebab Tidak Dapat Promosi

Setelah kemarin ramai istilah quiet quitting, media sosial kembali diramaikan dengan istilah baru, yaitu quiet firing.


Kalau quiet quitting adalah sebuah fenomena di mana karyawan memilih untuk melakukan pekerjaan dengan seminimal mungkin, quite firing adalah sebaliknya, di mana atasan yang melakukannya.


Fenomena ini bisa terjadi ketika atasanmu tidak memberikan pilihan lain kepada karyawannya, selain berhenti atau mengundurkan diri dari pekerjaannya.



Apa saja tanda atasan melakukan quiet firing? Yuk, simak beberapa tanda yang paling umum!


1. Atasan sering menghindari percakapan


Kalau atasanmu sering terlihat menghindari percakapan denganmu, ada baiknya kamu mulai curiga.


Sesibuk apapun jadwal atasan, atasan juga memiliki tanggung jawab terhadap karyawannya, termasuk memastikan bahwa karyawan di dalam timnya merasa senang, terhindar dari berbagai masalah, dan dapat meraih kesuksesan.


Bisa jadi, atasanmu memiliki masalah denganmu karena dirinya terus menghindari kamu. Tentu saja, ini bukan tanda lingkungan kerja yang sehat, bukan?


2. Atasan memberikan kesempatan yang kamu inginkan ke karyawan lain


Tanda lainnya adalah ketika atasanmu memberikan sebuah kesempatan atau proyek impianmu ke anggota tim lainnya. Apalagi, jika sebelumnya atasanmu itu sudah berjanji akan memberikan proyek itu ke kamu.


Jika hal ini terjadi, kamu bisa bertanya kepada rekan kerjamu, apakah mereka pernah mengalami hal serupa. Jangan sungkan juga untuk mengadakan pertemuan dengan atasan untuk membahas masalah ini.


3. Atasan tidak bisa menjelaskan mengapa kamu tidak mendapatkan promosi


Jika kamu merasa hanya mendapatkan kenaikan gaji dalam jumlah yang kecil dan tidak melihat adanya kesempatan untuk promosi, padahal rekan kerjamu mendapatkan kenaikan gaji yang lebih besar dan terus dipromosikan, kamu harus berhati-hati.


Ada baiknya kamu langsung menanyakan mengenai hal ini kepada atasanmu. Jika atasanmu tidak bisa memberikan alasannya, perusahaan itu bukan tempat yang baik untukmu bertumbuh.


4. Terjadi perubahan workload tanpa sepengetahuanmu


Tanda lain dari quiet firing adalah penambahan beban kerja tanpa adanya input dari kamu dan adanya kenaikan gaji atau jabatan.


Kamu akan merasa workload kamu terus bertambah, padahal workload rekan kerjanya tetap atau malah berkurang.


Bisa jadi juga, kamu diminta untuk melakukan mutasi tanpa adanya kenaikan gaji jika ingin tetap bekerja.


Nah, itu dia beberapa tanda atasan melakukan quiet firing terhadap karyawannya. Hal ini cukup umum terjadi karena perusahaan menganggap bahwa ketika karyawan tersebut resign, mereka bisa mencari penggantinya dengan mudah.


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Jadi Women Leader Harus Berani Speak Up! feat. Grace Surya | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

82 views0 comments

Comments


bottom of page