top of page
  • Writer's picturestellarw

Dapatkan Talenta yang Tepat untuk Bisnismu dengan Strategi Perekrutan Ini!



Merekrut pegawai merupakan salah satu langkah strategis yang bisa Stellars lakukan jika ingin mengembangkan bisnis. Dengan adanya pegawai baru, kamu jadi memiliki tenaga profesional tambahan untuk mewujudkan berbagai target bisnis dan melengkapi keterampilan yang diperlukan perusahaan untuk berkembang.


Namun di sisi lain, merekrut pegawai baru membutuhkan komitmen yang besar, dari segi waktu, tenaga, maupun finansial. Dengan demikian, perekrutan pegawai perlu dilakukan dengan strategi yang tepat. Tidak hanya memudahkan kamu untuk mendapatkan talenta yang sesuai, namun juga membantu kamu untuk menghadapi berbagai tantangan seperti persaingan dengan perusahaan yang lebih besar, minimnya sumber daya untuk mendapatkan talenta terbaik, hingga proses seleksi dan penerimaan pegawai yang tidak berjalan mulus.


Lalu apa saja hal-hal yang perlu dipertimbangkan jika kamu, pemilik bisnis kecil, akan merekrut pegawai baru?


1. Tentukan Kebutuhan Perekrutan dengan Cermat


Sebelum memulai proses perekrutan, nilailah secara cermat kebutuhan bisnismu untuk merekrut pegawai baru. Langkah awal ini meliputi menentukan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh bisnismu, berapa banyak pegawai yang kamu butuhkan, hingga seperti apa kepribadian pegawai yang cocok dengan budaya kerja di dalam bisnismu. Sebagai tambahan kamu juga perlu menentukan tipe pegawai. Apakah kamu perlu pegawai penuh waktu, paruh waktu, atau cukup dengan freelance saja?


2. Menulis Deskripsi Pekerjaan yang Menarik


Deskripsi pekerjaan merupakan hal pertama yang akan kandidat lihat ketika hendak melamar pekerjaan. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan menuliskan keterampilan spesifik yang dibutuhkan, tanggung jawab dan lingkup pekerjaan, juga perkenalan singkat mengenai bisnismu. Pastikan deskripsi pekerjaan ini singkat, padat, dan jelas, ya.


3. Tawarkan Benefit yang Kompetitif


Bisnismu dapat memberikan benefit lain selain gaji yang menarik untuk kandidat. Jika memungkinkan, mungkin kamu dapat menawarkan asuransi kesehatan swasta, profit sharing dengan pegawai, biaya transportasi, biaya makan siang, fasilitas entertainment di kantor, dan lain-lain. Benefit ini akan menunjukkan bahwa bisnismu peduli dengan kesejahteraan pegawai.


4. Berikan Fasilitas Pegawai yang Unik


Sebagai pemilik, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk memberikan fasilitas unik untuk menarik orang melamar. Fasilitas ini ditujukan untuk membangun suasana yang menyenangkan dalam bekerja. Tidak perlu mewah-mewah, kamu bisa menciptakannya dengan menetapkan jadwal kerja yang fleksibel, mengadakan program nutrisi dan kesehatan, hingga menyediakan acara santai dan menyenangkan dengan pegawai.


5. Lakukan Pengukuran terhadap Proses Perekrutan Pegawai


Satu hal yang akan memberikan perbedaan adalah menilai seberapa efektif proses bisnis dalam merekrut pegawai. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mengumpulkan data untuk setiap proses yang dilakukan. Misal, jumlah kandidat yang kamu dapatkan di platform A dan B, berapa banyak kandidat yang perlu diwawancara sebelum kamu menemukan satu kandidat yang cocok, dan lain sebagainya. Kamu juga dapat menentukan bagaimana kamu membuat proses perekrutan ini lebih efektif dan efisien, dari segi waktu maupun biaya yang dikeluarkan.


Itu dia beberapa strategi yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kecilmu merekrut pegawai baru. Ingat, your company is only as good as the people who work there. Tahap perekrutan ini merupakan titik awal untuk mengembangkan budaya organisasi dalam bisnismu dan juga performa bisnismu. Jadi, lakukanlah perekrutan ini secara cermat dan bijaksana, ya!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!


BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

KALO GAK JADI ENTREPRENEUR, MAU JADI APA? Q&A WITH SAMIRA & ALIYA| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



3 views0 comments

留言


bottom of page