top of page
  • Writer's picturestellarw

9 Checklist untuk Maksimalkan Profit Bisnismu! Sudah Coba yang Mana?

Mendapatkan profit yang menguntungkan tentunya salah satu dari tujuan dibangunnya sebuah bisnis. Tetapi, apakah meningkatkan profit dari bisnis bisa dilakukan dengan mudah?


Menurut riset dari Guidant Financial & Small Biz Genius di tahun 2022, lebih dari 65% small businesses menghasilkan profit.


Nah, gimana sih caranya bisa meningkatkan profit bisnis yang bisa diterapkan dengan mudah?


Yuk, simak pembahasan di bawah ini, Stellars!


jurnal-blog-assets.s3.ap-southeast-1.amazonaws.com

1. Hindari kompetisi harga

Seperti yang dilakukan Mixue, kamu juga bisa menetapkan harga lebih rendah dari harga persaingan di pasar. Untuk menetapkan harga yang lebih rendah kamu bisa mengurangi biaya operasional salah satu caranya dengan mendapatkan supply chain yang kuat.


2. Cari target baru

Ketika kamu membangun sebuah bisnis tentunya kamu sudah menentukan target pasarmu, bukan? Nah, untuk mengembangkannya kamu bisa membidik target pasar baru. Misalnya kamu sudah memiliki clothing line untuk bayi. Kamu bisa perluas target pasarmu untuk anak-anak dengan usia yang lebih tinggi.


3. Jual produk dengan ukuran lebih besar

Dengan menjual produk dengan ukuran yang lebih besar, kamu bisa mendapatkan harga rata-rata penjualan yang lebih tinggi. Kamu bisa lakukan dengan mengganti packaging menjadi family packaging atau ketika kamu menyediakan layanan, kamu bisa gunakan paket bundle.


4. Perluas pilihan produk

Dengan memperbanyak pilihan produk kamu bisa menarik konsumen baru maupun mempertahankan konsumen lama dengan pilihan produkmu. Tentunya sebelum menambahkan produk kamu harus melakukan riset terlebih dahulu agar produk barumu sesuai dengan yang dibutuhkan pasar.


5. Naikkan nilai jual

Saat konsumen merasa membeli produkmu menambah nilai atau keuntungan yang mereka dapat, konsumen akan semakin loyal. Kamu bisa menambah nilai jual contohnya dengan memberikan kualitas produk yang baik, garansi produk, dan mempersingkat siklus penjualan.


6. Perluas bidang industri

Misalnya kamu sudah memiliki skincare line, untuk menambah profit bisnismu kamu bisa perluas penjualanmu ke make up line atau body care products. Dengan hal tersebut, konsumen yang tadinya hanya memiliki satu pilihan kini bisa mendapatkan lebih banyak dari brand-mu.


7. Buat kemasan ekonomis

Memperkecil produk juga bisa membantu meningkatkan profit bisnis, loh! Dengan menyediakan kemasan yang lebih kecil, kamu bisa membantu konsumen untuk mendapatkan kesempatan “trial” . Selain itu, konsumen bisa membeli kemasan ekonomis dalam jumlah kecil namun berulang. Sehingga meskipun pada akhirnya harga ekonomis lebih mahal, konsumen tidak merasakan efek tersebut secara langsung.


8. Sederhanakan proses dan biaya operasional

Selain menyederhanakan biaya operasional kamu juga bisa menyederhanakan proses bisnismu. Tinjau kembali waktu, tenaga, dan biaya yang biasa kamu gunakan dan lakukan. Kamu bisa gunakan aplikasi atau software untuk proses yang berulang.


9. Outsourcing

Ketika bisnismu berkembang dan demand yang didapat lebih banyak dari tenaga kerja yang ada, salah satu pilihan yang kamu bisa lakukan selain menambah karyawan adalah oursourcing. Kamu bisa mengurangi cost dan menjalankan proses yang lebih efisien.


Itu dia 7 checklist yang perlu kamu lakukan untuk memaksimalkan profit yang kamu dapatkan di bisnismu! Kamu udah coba semuanya belum?


Pengen tahu lebih banyak tentang bagaimana mendapatkan profit di bisnismu dan mengembangkan bisnismu lebih besar?


Stellar Women with L'oréal Paris present the third batch of "Stellar Power Accelerator Powered", The Fast Track to Build Business with Purposes!


It's time for you to turn your business's vision into reality through

- A curated business mentorship program

- Virtual Pitching Competition and WIN CASH up to IDR 30 million of business funding

- Learn from Najwa Shihab, Franka Makarim, Teresa Wibowo, and 20+ more femalepreneurs!

- A 5-weeks intensive business program

- Networking with more like-minded femalepreneurs like you





NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Waktunya Bangun Bisnismu di Tahun 2023! | #StellarPowerAccelerator

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



bottom of page