top of page
  • Writer's picturestellarw

Brand Mewah Goyard yang Tidak Memasarkan Produknya: Apakah Anti Marketing = Marketing?


Sumber: Instagram/@goyardofficial

Berbicara tentang brand tas mewah, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan berbagai brand ternama seperti Chanel, Louis Vuitton, dan Hermes. Tapi pernahkah kamu mendengar tentang Goyard?


Goyard, brand tas mewah asal Perancis ini merupakan salah satu brand yang dianggap prestigius di kalangan elit. Selama hampir dua abad, Goyard yang berfokus pada eksklusivitas menjadi simbol kemewahan di antara orang-orang terkaya di dunia.


Koper kulit berpola chevron yang menjadi ciri khas Goyard telah terlihat menemani berbagai figur di dunia mulai dari Duchess of Sussex, Meghan Markle, Kardashians, hingga aktris Gwyneth Paltrow dan Hillary Duff. Produk Goyard juga populer di kalangan elit hip hop sejak Kanye West membawa koper Goyard ke Paris Fashion Week 2009. Sejak saat itu, beberapa penyanyi hip hop lainnya seperti A$AP Rocky, Rihanna, dan Big Sean terlihat memakai produk Goyard.


Popularitas Goyard bisa dikatakan sama dengan Chanel. Stok produk mereka tidak banyak namun cepat habis. Bahkan, House of Goyard yang berlokasi di Paris sering kebanjiran customer yang rela mengantri berjam-jam untuk mendapatkan koper ini.


Terlepas dari kepopuleran tas Goyard, brand ini adalah anomali di dunia pemasaran. Mereka tidak pernah mengiklankan produk mereka, menjual produknya di e-commerce, atau bekerja sama dengan selebriti untuk endorsement. Produknya pun tidak bisa kamu temukan di sembarang tempat atau dari sembarang orang.


Setiap produk Goyard yang terjual merupakan hasil buah tangan dari para seniman. Hal ini menjadi alasan Goyard tidak pernah membuat produknya tersedia secara massal seperti Louis Vuitton sehingga mereka bisa mempertahankan kualitas dan prestise yang lebih tinggi dari brand tas mewah lainnya. Setiap pesanan merupakan hasil dari kolaborasi antara pelanggan dengan Goyard sehingga hasilnya sangat variatif. Tidak hanya koper dan tas untuk keperluan mode, chef Alain Ducasse juga memiliki tas koper custom dari Goyard untuk alat makannya.


Prinsip unik yang dipegang oleh Goyard ini bukanlah tanpa alasan. Sejak awal pendirian, Goyard sangat mengutamakan nilai eksklusivitas. Hanya mereka yang tahu di mana mendapatkan produk Goyard dan beruntung mendapatkan stoknya membuat Goyard menjadi misteri. Dan misteri menciptakan keinginan, membuat banyak orang menjadi semakin penasaran.


Untuk brand-brand mewah seperti Goyard, less is more. Terlalu banyak menceritakan tentang brand dan menunjukkan yang terjadi di balik layar akan menghilangkan misteri dari brand itu sendiri. Sehingga, tidak heran Goyard hanya mengandalkan word of mouth dari kliennya untuk memasarkan produknya. Hal ini dibutkikan dengan pernyataan dari salah satu perwakilan House of Goyard kepada Hypebeast.


"We believe that whispering softly in someone's ears is not only more elegant, but also much more efficient than screaming at the top of one's lungs."


"Kami percaya bahwa berbisik pelan di telinga seseorang tidak hanya lebih elegan, tetapi juga jauh lebih efisien daripada berteriak sekuat tenaga."


Strategi anti marketing Goyard surprisingly adalah strategi pemasaran itu sendiri. Eksklusivitas yang dibangun selama hampir dua abad membuat brand mereka dipersepsikan prestigius dan bernilai tinggi di pikiran konsumen. Bagaimana tanggapanmu mengenai hal ini, Stellars? Apakah kamu tertarik untuk menggunakan strategi ini juga?

.


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!


BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

BELAJAR MENJADI ROLE MODEL YANG BAIK, WORTH IT, GAK?| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



126 views0 comments

Comments


bottom of page