top of page
  • Writer's picturestellarw

Belajar dari Para Experts di Kelas Online Stellar Power Accelerator 2023 Powered by L’Oréal Paris



Pada minggu pertama kelas online Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris terdapat dua pembicara dengan dua topik menarik pada 22 Februari 2023. Topik pertama dipandu oleh Iki Sari Dewi, Director of Business Grab Indonesia, berjudul “The Power to Launch: Business Idea”. Di sesi pertama, Iki menguraikan mengenai entrepreneurship antara lain mengenai definisi entrepreneurship serta tujuan entrepreneurship. Dia juga memaparkan tentang ide-ide untuk memulai perjalanan entrepreneurship. Iki menyebutkan bahwa menjadi seorang entrepreneur adalah sebuah pilihan dan tidak semua orang dapat menerima risiko dan tanggung jawab untuk menjadi seorang entrepreneur karena keduanya berat. Namun, risiko tinggi artinya reward yang tinggi pula, jika kamu bisa mengatur dengan baik.


Selanjutnya, Iki juga memaparkan mengenai essential skills yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur. Keterampilan-keterampilan yang dia maksud adalah visionary thinking, risk-taking, adaptability, financial acumen, sales and marketing, networking, dan leadership. Tentu seseorang tidak mungkin menguasai seluruh skills yang telah disebutkan. Akan tetapi, seorang entrepreneur yang sukses dapat mengidentifikasi kekuatan mereka dan merekrut tim yang dapat melengkapi entrepreneur dalam membangun bisnis. Ini adalah cara yang bisa kamu terapkan sebagai seorang entrepreneur.


Lalu, Iki juga merangkum cara-cara membuat sebuah bisnis, mulai dari mengidentifikasi ide bisnis, melakukan riset pasar, hingga memonitor kinerja dan adaptasi. Dia membahas pula tentang business roadmap dan format-format business roadmap yang biasa digunakan seperti Gantt chart, Kanban board, visual timeline, dan mindmap. Iki memberikan contoh penggunaan business roadmap dalam jangka waktu 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Cara-cara ini dapat diaplikasikan oleh peserta Stellar Power Accelerator untuk bisnis mereka.


Sesi kedua adalah “Product Development” dengan pembicara Stefani Tan. Dia adalah CEO Jolie Clothing dan Kana Studio. Pada kesempatan ini, Stefani membahas cara untuk menemukan product market fit, product suite, cara-cara menentukan harga, serta siklus hidup produk. Dia juga mengingatkan bahwa yang paling penting dalam product development adalah menciptakan needs dan wants dari target market. Sebagai entrepreneur atau pemilik bisnis, kamu harus memiliki pemahaman yang mendalam mengenai konsumenmu, termasuk preferensi dan perilaku mereka.



Kelas online minggu kedua dilaksanakan pada 1 Maret 2023 dan terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama adalah “Collaborations and Partnerships” bersama dengan Yeri Afriyani (founder Calla The Label). Pada sesi pertama, Yeri memulai presentasinya dengan memperkenalkan Calla The Label dan misi brand tersebut. Kemudian, dia menjelaskan mengenai tipe-tipe kolaborasi dan kemitraan dalam bisnis, antara lain Business-to-Consumer (B2C) Key Opinion Leaders atau KOL baik skala nano, mikro, dan makro serta Business-to-Business (B2B). Lalu, dia memaparkan faktor-faktor kesuksesan dalam melakukan kolaborasi dan kemitraan, seperti menemukan pasangan yang tepat, ada timeline, serta memiliki key performance indicators (KPI). Yeri juga menambahkan mengenai kesalahan-kesalahan yang biasa terjadi dalam kolaborasi dan kemitraan dan cara untuk menghindarinya.


Sesi kedua adalah “Stand-Up Training: Against Street Harassment” bersama dengan Klairine M. Rustan (Product Executive L'Oreal Paris Make Up). Sebagai perwakilan dari L'Oreal Paris, dia menjelaskan bahwa L'Oreal Paris merupakan sebuah brand yang memiliki misi untuk memberdayakan perempuan. Lalu, dia mulai masuk menjelaskan bahwa pelecehan seksual di ruang publik adalah isu nomor 1 yang dialami oleh perempuan Indonesia. Kemudian, dia memaparkan apa saja yang termasuk pelecehan seksual agar peserta dapat mengidentifikasi pelecehan seksual jika sewaktu-waktu mengalaminya atau terjadi di sekitar mereka. Dia juga menambahkan tindakan-tindakan yang dapat dilakukan jika peserta menjadi korban ataupun menjadi saksi pelecehan seksual di tempat umum.




Kelas online minggu kedua ditutup dengan sesi terakhir yaitu “Hiring, Retaining, and Developing Employees” yang dipandu oleh Yenita Oktora (Chief HR Officer L'Oreal Indonesia). Yenita menceritakan mengenai langkah-langkah yang dapat diaplikasikan peserta dalam mempekerjakan pekerja di bisnis mereka. Dia juga memberikan tips untuk mencari pekerja yang memiliki potensi tinggi. Kemudian, Yenita memberikan studi kasus ketika dia menjelaskan perancangan organisasi. Lalu, Yenita menjelaskan terkait pengembangan pekerja yang dapat ditempuh melalui tiga cara, yaitu 70% melalui on-the-job experience, 20% informal learning, dan 10% formal learning.


Keseruan rangkaian Stellar Power Accelerator 2023 powered by L’Oréal Paris masih akan berlangsung hingga 25 Maret 2023 yang akan ditutuup oleh Awarding Talk Show "The Unstopabble You". Nantikan acara-acara menarik Stellar Women lainnya ya, Stellars!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

KELAMAAN PANDEMI, BATRE SOSIAL JADI LEBIH CEPAT LOWBAT | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



Comments


bottom of page