top of page
  • Writer's picturestellarw

Tips Menabung ala Generasi Milenial

Updated: Oct 13, 2021


Mengelola keuangan untuk tabungan masa depan menjadi salah satu hal paling penting dalam kehidupan. Namun, tidak semua orang bisa mengelola keuangan dan menabung dengan baik, khususnya para generasi milenial. Generasi milenial cukup berbeda dengan generasi sebelumnya, dimana generasi ini terlahir di era dimana kebutuhan dan keinginan yang dimiliki lebih besar dan lebih mahal dibandingkan generasi sebelumnya. Contohnya, perkembangan teknologi dan globalisasi yang mendatangkan banyaknya produk baru yang memiliki fungsi yang dan model yang variatif. Pada akhirnya, tuntutan gaya hidup dan perilaku konsumtif menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan generasi milenial lebih boros, dan susah mengelola keuangannya.


But don’t worry! Untuk generasi milenial yang ingin tahu cara untuk mengelola keuangan dengan baik, yuk simak beberapa tips berikut ini!



1. Atur keuangan sesuai kebutuhan Setiap orang memiliki penghasilan yang berbeda-beda, dan kebutuhan yang berbeda-beda juga. Jadi, coba sesuaikan gaya hidupmu dengan penghasilanmu, dengan cara memprioritaskan kebutuhan. Namun, jika kamu butuh panduan lebih detil, idealnya membagi penghasilan dalam tiga kategori, yaitu Living, Saving, dan Playing:

  1. Living: Alokasikan 50% dari penghasilanmu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Contohnya untuk makan, beli skincare, bayar listrik, bayar internet, atau bayar uang kosan.

  2. Saving: Alokasikan 30% dari penghasilanmu untuk tabungan, seperti dana darurat, dan lain-lain.

  3. Playing: Alokasikan 20% dari penghasilanmu untuk hiburan, seperti main ke mall, beli baju yang diinginkan, dan lain-lain.

Namun, cara mengatur keuangan ini masih bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian. Tapi ingat lho, prioritaskan kebutuhan, bukan keinginan ya ladies!

2. Buat 3 Rekening berbeda Membuat 3 rekening berbeda dan membagikannya ke tiga kategori; Living, Saving, Playing akan menjadi jauh lebih mudah untuk mengatur keuanganmu. Contohnya, jika kamu ingin main ke mall, atau sekedar nongkrong bareng teman, ambil uangnya dari rekening “Playing” dan sebaliknya.


3. Buat Money Diary! Kamu bisa mengatur pengeluaran dengan cara yang fun lho! Caranya dengan membuat Money Diary! Kalau kamu suka journaling, pasti kamu suka membuat money diary! Money diary ini sebenarnya sama dengan financial planner, namun kamu bisa isi money diary ini sesuai dengan keinginan kamu. Namun, jika kamu ingin lebih praktis, ada banyak juga pilihan financial planner yang sudah menyediakan template khusus.




4. Cari penghasilan tambahan

Jika kamu merasa penghasilan bulanan kamu belum bisa kamu sisihkan untuk tabungan, kamu bisa mencari penghasilan tambahan lho! Seperti berjualan, menjadi reseller, dropshipper, bahkan freelance. Tapi, jangan sampai hal ini mengganggu pekerjaan utama ya, ladies!


Jadi, bagaimana ladies? Mengelola keuangan dan belajar menabung itu sebenarnya ngga sulit kok. Asal kita bisa mengontrol keinginan kita, dan fokus dengan apa yang sebenarnya kita butuhkan. Setiap keputusan pasti ada konsekuensinya, kalau kamu lebih memilih untuk menjalani gaya hidup yang mewah, konsekuensinya tabunganmu akan lebih sedikit. Namun, kalau kamu memilih untuk hidup sesuai dengan penghasilanmu, dan tahu kebutuhanmu, tabunganmu pun akan terkumpul lebih banyak!

93 views0 comments

Comments


bottom of page