Financial Tips Untuk Kalian yang Baru Mulai Kerja

Semakin kita dewasa, semakin banyak kebutuhan yang harus kita penuhi. Kita bekerja untuk bisa memenuhi segala keperluan, mau itu belanja rutin, travelling, atau sekedar jajan diluar. Terkadang kita lupa kalau kita juga harus menabung dan mengelola keuangan kita dengan bijak.


Mengelola keuangan pribadi nggak pernah jadi mata pelajaran di sekolah. So, nggak heran kalau banyak young adults yang baru masuk dunia kerja kewalahan mengelola uang, mengajukan kredit, investasi, menabung, mendapatkan atau menghindari hutang. No worries! Dibawah ini adalah tips-tips finansial untuk kamu yang baru mulai bekerja


1. Your money, your choice

Beberapa dari kamu mungkin sudah dibiasakan berhemat dan menahan diri oleh orang tuamu. Jika belum, kamu harus segera belajar menguasai diri agar bisa mulai menabung. Kalau kamu naksir sesuatu, cari tau apakah itu kebutuhan atau cuma sekedar keinginan? Kalau nggak butuh banget, mending uangnya kamu simpan atau ditabung. Kamu bisa aja sih menggunakan kartu kredit. Tapi, kamu mungkin masih harus melunasi tagihan di tahun-tahun mendatang. Buat pengguna kartu kredit, pastikan untuk selalu melunasi tagihan dan jangan membawa kartu lebih dari yang bisa kamu kontrol.


2. Menetapkan tujuan tabungan kamu.

Ketika kamu sudah bisa mengontrol hasrat belanjamu, kamu bisa membuat catatan keuangan pribadi. Dengan ini kamu bisa mengontrol besaran uang yang kamu keluarkan, serta untuk apa uang itu digunakan. Kamu juga bisa tahu seberapa besar uang yang bisa kamu tabung. Jangan lupa untuk menetapkan tujuan kamu menabung dan beri target. You might surprise yourself dengan perubahan-perubahan kecil yang membawa dampak besar untukmu!


3. Pikirkan kebutuhan jangka panjang!

Meski baru terjun dalam dunia kerja, kamu harus mulai memikirkan masa depanmu. Kamu bisa tabung 5-10% pemasukanmu untuk tabungan masa tua dan dana darurat. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan asuransi kesehatan untuk mengurangi pengeluaran tidak terduga.



4. Memahami cara kerja pajak.

Penting banget buat memahami tentang pajak penghasilan bahkan sebelum kamu mendapatkan gaji pertama. Saat sebuah perusahaan menawarkan gaji awal, kamu perlu menghitung apakah gaji tersebut akan memberimu cukup uang setelah dipotong pajak. Jangan ragu untuk tanya teman atau keluarga yang sudah lama kerja ya, it’s best to ask someone who knows better!


5. Perlindungan maksimal

Jika kamu mau memastikan kalau semua uang hasil jerih payahmu nggak hilang, kamu harus mengambil langkah-langkah untuk melindunginya. Misalnya, jika kamu ingin menyewa tempat tinggal, dapatkan asuransi penyewa untuk melindungi tempat tinggalmu dari masalah pencurian atau kebakaran. Untuk melindungi tabunganmu dari pajak, kamu bisa gunakan rekening tabungan pensiun. Kalau kamu perlu jasa untuk membantu mengelola keuanganmu, cari financial planner yang profesional dalam memberi nasihat, nggak cuma berburu komisi untuk perusahaannya.



Ladies, kamu nggak perlu gelar atau latar belakang khusus untuk menjadi ahli dalam mengelola keuangan pribadimu. Dengan melakukan tips-tips ini, kamu sudah bisa menabung dan lebih bijak mengelola keuangan. So, apa tujuan kamu menabung? Membeli rumah, travelling ke berbagai destinasi, membangun usaha, atau lainnya? You can do it, just start today!

Recent Posts

See All