top of page
  • Writer's picturestellarw

Bagaimana Merekrut Anggota Tim yang Tepat? Simak Artikel ini untuk Mencari Tahu Lebih Lanjut!



Salah satu aspek yang penting namun sulit dalam membangun bisnis adalah merekrut anggota tim yang tepat. Kamu membutuhkan tangan-tangan lain untuk membantumu mengembangkan dan menumbuhkan bisnis kamu. Tim yang tepat bisa membuat kamu lebih fokus aspek lain dalam bisnismu, agar tidak kamu yang memikirkan semua hal. Proses perekrutan tim bukan hal yang mudah, namun ketika kamu berhasil mendapatkan tim yang tepat, maka langkahmu dalam mengembangkan bisnis akan terasa lebih mudah.


Pelajari Cara Merekrut Anggota Tim yang Tepat Di Sini.


Dapatkan Workbook Start-Up Your Business untuk meningkatkan strategi bisnismu dari perencanaan, branding, hingga penjualan hanya dari satu panduan!



Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu aplikasikan untuk merekrut tim yang tepat:


1. Tuliskan deskripsi pekerjaan dengan detail


Langkah pertama yang akan kamu lakukan ketika ingin merekrut tim adalah menuliskan posisi dan deskripsi pekerjaan. Dengan menuliskan deskripsi pekerjaan sedetail mungkin, maka kamu orang-orang yang tertarik dengan posisi pekerjaan akan mendapatkan informasi mengenai ekspektasi awal terhadap para pendaftar.


2. Hindari wawancara konvensional


Saat kamu mewawancara kandidat anggota tim, jangan hanya tanyakan pertanyaan-pertanyaan standar. Jadilah kreatif dalam bertanya agar kamu bisa menggali lebih dalam terkait kandidat. Selain itu, kamu juga bisa ajukan pertanyaan-pertanyaan menantang agar bisa melihat kandidat sebagai dirinya sendiri. Lalu, jangan ragu untuk ajak pegawaimu yang lain dalam proses wawancara kandidat anggota tim karena mereka juga yang akan bekerja dengan kandidat. Berikan juga waktu bagi para kandidat untuk bertanya, kamu bisa menilai ketertarikan mereka dari cara mereka bertanya kepadamu.


3. Buatlah alur proses perekrutan yang jelas dan konsisten


Tentukan kriteria-kriteria pada saat wawancara dan evaluasi yang akan kamu nilai untuk para pelamar. Kriteria-kriteria ini harus sama untuk setiap pelamar. Konsistensi penting untuk dipertahankan agar kamu bisa mengevaluasi para pelamar dengan adil berdasarkan indikator-indikator yang telah kamu tetapkan sebelumnya.


4. Jelaskan nilai-nilai dan working environment dari tempat kerjamu ketika wawancara para kandidat


Saat wawancara para kandidat, sisihkan waktu untuk menjelaskan nilai-nilai serta working environment tempat kerjamu. Hal ini dilakukan agar mereka mendapatkan gambaran lebih terkait tempat kerja mereka mendatang jika mereka memutuskan untuk bergabung dengan tim kamu. Dengan menjelaskan point-point penting ini, kamu dan calon kandidat juga dapat menyelaraskan nilai-nilai tersebut.


5. Lakukan evaluasi


Setelah merekrut anggota tim, lakukanlah evaluasi. Cek kembali bagaimana keberhasilan proses rekrutmen kamu dan kecocokan para pegawai yang telah kamu terima bergabung dengan tim. Dengan melakukan evaluasi berkala kamu akan menemukan strategi-strategi apa yang perlu kamu lanjutkan dan yang mana yang pelru diubah.


Anggota tim yang tepat adalah investasi besar dan krusial dalam pengembangan bisnis kamu. Beri perhatian yang besar dalam proses perekrutan dan pengembangan anggota tim kamu. Sebagai leader, kamu akan membimbing dan memberikan contoh dalam bekerja kepada anggota tim. Jadilah leader yang solutif dan mendengarkan aspirasi anggota tim agar mereka nyaman dan semangat dalam bekerja bersama-sama membangun bisnis.


Pelajari strategi lain untuk membentuk tim melalui FREE e-guide Membangun Tim yang Solid. Setelah mempelajari cara-cara untuk membangun tim yang solid, kamu bisa mencari tahu tip membangun strategi penjualan untuk bisnismu.



Tingkatkan skillsmu melalui Stellar Scale Up Friday! yang berisi penjelasan rinci mengenai berbagai aspek berbisnis, dari branding hingga membangun organisasi.


Subscribe Stellar Women untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Stellar Scale Up Friday. Dapatkan panduan lengkap untuk membangun bisnismu lebih cepat dan mudah dengan workbook Start-Up Your Business.



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

PUNYA GAJI LEBIH BESAR DARI SUAMI, APA SALAHNYA? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



83 views0 comments

Comments


bottom of page