top of page
  • Writer's picturestellarw

Ingin Bisnis Cepat Melesat? Lakukan Analisis Kompetitor!

Seringkali, saat menjalani bisnis, kita hanya berfokus pada kinerja bisnis dan keuntungan. Kita seringkali lupa melihat kondisi yang terjadi di dalam pasar. Tahunya, saat kita menoleh, kompetitor sudah jauh berada di depan kita.


Untuk itu, kunci utama dalam berbisnis bukan hanya diukur dari tingkat penjualan, tetapi kita juga harus bisa memahami bagaimana bisnis serupa berfungsi dan apa risikonya terhadap bisnis kita.



Nah, untuk mengelola risiko dampak kompetitor, kamu harus bisa menganalisis kompetitor!


Jika kamu belum familiar, analisis kompetitor adalah penelitian strategis yang berfokus pada pengumpulan informasi tentang bisnis pesaing.


Melalui informasi ini, kamu dapat membuat, menerapkan, dan menyesuaikan strategi yang membantu meningkatkan bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa mengidentifikasi potensi ancaman yang mungkin dihadapi serta melihat tren industri yang sedang berlangsung.


Ini dia langkah-langkah untuk melakukan anlisis kompetitor!


1. Tentukan kompetitor

Langkah pertama adalah mencari tahu siapa kompetitormu. Coba buat daftar kompetitor serupa dan pilih 3 hingga 5 kompetitor.


Fokus pada kompetitor yang kemungkinan besar dapat melayani target konsumen kamu jika bisnis kamu tidak ada.


2. Bandingkan fitur produk

Kamu juga harus bisa menganalisis produk pesaing sehingga bisa melihat kualitas atau fitur yang mereka tawarkan. Dengan ini, kamu bisa melihat fitur apa yang kompetitor tawarkan dan masih belum ada di dalam bisnismu.


Coba tanyakan, “Bagaimana kualitas produk/servis yang ditawarkan?”, “Fitur apa yang kamu suka atau tidak suka?”, dan “Bagaimana harga produk dan layanan mereka?”


3. Periksa review dan feedback

Melihat media sosial, kamu dapat mengetahui voice of customer (VOC) yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan produk dan penentuan posisi merek. Analisis review negatif, sehingga kamu bisa memahami di mana kesalahan bisnis kompetitor dan menentukan apa yang dapat dilakukan untuk bisnismu untuk mencegah situasi serupa.


Dan baca ulasan positif, untuk mengetahui keunggulan kompetitor dan menentukan bagaimana bisnismu dapat menawarkan produk/servis yang lebih baik.


4. Identifikasi SWOT

Langkah terakhir dan terpenting yang membuat bisnis kamu melesat adalah dengan melakukan analisis SWOT terhadap kompetitor.


Lakukanlah analisis SWOT bisnis kompetitor dengan mengembangkan empat indikator, yaitu kekuatan untuk mengidentifikasi bisnismu yang perlu diperbaiki, kelemahan sebagai peluang untuk menawarkan inovasi baru, peluang yang dapat dijadikan celah, dan ancaman yang mungkin datang dari kompetitor.


Bagaimana? Sudah siap melakukan analisis kompetitor bisnismu?


--------------------------------------------------

Hi, do you want to untangle your career challenges and keep climbing the ladder to rise your potential? Stellar Women and TRESemmé can support your journey! Join us on Women Rise! Let's learn from and connect with others to support you to revive your energy and your motivation to live your best life.




NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

POWER UP WOMEN SUMMIT 2022 Powered by L’Oréal Paris | Stellar Women #PowerUp

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



34 views0 comments

Comments


bottom of page