top of page
  • Writer's picturestellarw

3 Teknik Copywriting yang Harus Kamu Coba untuk Media Sosial

Percaya gak kalo tulisan bisa mengubah persepsimu terhadap suatu produk? Bahkan yang tadinya kamu tidak niat beli akhirnya malah kepengen punya barang tersebut.


Coba deh kamu lihat copywriting milik Apple di bawah ini:

Tanpa perlu menuliskan spesifikasi produk, dari tulisan tersebut kamu bisa membayangkan bukan bahwa iPad tersebut ringan namun memiliki fitur yang hebat. Itulah ajaibnya copywriting!


Nah sekarang Stellar Women akan tunjukan kepada kamu bagaimana membuat copywriting sekeren Apple. Ada 3 cara untuk membuat copywriting yang powerful, simak berikut ini:



1. AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)

Teknik yang paling umum dan paling populer digunakan adalah AIDA. Teknik ini terdiri dari 4 tahapan yaitu attention (menarik perhatian), interest (membangun minat), desire (buat mereka menginginkan), dan terakhir action (buat mereka bertindak). Kita jelaskan satu-persatu yuk!


a. Attention

Di tahap ini tujuan utama yang kita harus lakukan adalah menarik perhatian audiens/customer. Maka dari itu gunakanlah kata-kata yang bisa langsung mengambil perhatian mereka, seperti:

Penting, dicari, kabar baik, calling out, faktanya, ini dia, simak, lihat”


Kamu juga bisa menggunakan kalimat tanya yang relevan dengan keadaan audiens/customer untuk menggaet perhatian mereka, seperti:

“Cari supplier murah?”, “Butuh dana cepat?”, “Pengen engagement naik?”


b. Interest

Setelah kamu mendapatkan perhatian audiens/customer, sekarang saatnya untuk membangun minat mereka terhadap produkmu. Caranya dengan menggunakan kata-kata yang bisa:

- Menjelaskan keunggulan produkmu

- Menawarkan nila dan benefit yang mereka akan dapatkan

Contoh: Cukup bayar 1x, kamu bisa dengarkan jutaan lagu GRATIS selamanya.


c. Desire

Setelah membangun minat audiens/customer, sekarang buatlah mereka menginginkan untuk mencoba produkmu. Di tahap ini, kamu bisa menggunakan kalimat yang menggambarkan:

- Testimoni pelanggan

- Bukti yang terjamin

Contoh: Terbukti, 10.000 siswa The Academy lulus di PTN!


d. Action

Setelah melewati 3 tahap di atas, kita mengasumsikan bahwa audiens/customer sudah tertarik dengan produkmu. Nah, inilah saatnya membuat mereka melakukan tindakan untuk membeli produkmu.


Dalam tahap ini, kata-kata yang kamu gunakan haruslah bisa menggiring mereka untuk melakukan tindakan, ini disebut juga dengan call to action (CTA). Berikut contohnya:

- “Coba Trial 30 Hari!”

- “Klik untuk Beli”

- “Registrasi sekarang”


2. PAS (Problem, Agitate, Solution)

Ini adalah teknik yang didasari dengan membangkitkan emosi negatif audiens/customer. Bisa dikatakan juga intinya adalah membuat mereka merasa resah sehingga berpikir bahwa produkmu adalah solusi untuk masalah mereka. Berikut tahapannya:


a. Problem (masalah)

Di tahap ini kita berusaha membangkitkan emosi audiens/customer dengan memaparkan masalah yang relevan dengan mereka.


b. Agitate (agitasi)

Setelah memaparkan masalah, ini saatnya kita semakin mempertajam bahwa masalah tersebut adalah hal yang penting.


c. Solution

Tahap inilah dimana kamu memaparkan bahwa masalah yang dialami oleh audiens/customer bisa terselesaikan dengan benefit produkmu. Paparkan benefit dan solusi apa saja yang langsung menyasar kepada masalah mereka.


Biar ga bingung berikut contohnya:

“Faktanya, 75% Fresh Graduate nganggur 10-24 bulan” (Problem)

“Sayangnya di tahun ini banyak perusahaan PHK besar-besaran juga lho. Sainganmu makin banyak! Bukan cuman sesama fresh graduate, tapi juga para profesional yang di PHK” (Agitate)

“Supaya gak kalah saing, tingkatkan skillmu lewat The Academy. Skill oke, pasti siap kerja!” (Solution)


3. FAB (Feature, Advantage, Benefit)

Berbanding terbalik dengan teknik PAS yang membangkitkan emosi negatif, teknik FAB justru lebih menekankan untuk memperlihatkan produkmu paling unggul dibanding kompetitor.

Tujuan akhirnya ialah untuk membuat audiens/customer merasa produkmu memang yang paling worth it untuk mereka beli.


Ada 3 tahap dalam teknik FAB yang bisa kamu perdalam sebelum menulis copywriting. Berikut tahapannya:


a. Feature

Pada tahap ini tuliskan fungsi utama dari produkmu kepada audiens/customer. Pastikan kamu menuliskan fungsi utama dengan kalimat yang memorable dan singkat.


b. Advantage

Di tahap ini saatnya kamu menuliskan keunggulan dari produkmu kepada audiens/customer. Sebisa mungkin keunggulan tersebut tidak akan mereka temukan di kompetitor yaa..


c.Benefits

Ini adalah tahap terakhir. Tugasmu ialah memaparkan manfaat yang akan didapatkan oleh audiens/customer setelah membeli produkmu.


Berikut contoh copywriting dengan teknik FAB:

Sneakclean bersihkan noda membandel di sepatumu sekotor apapun( feauture). Terbuat dari bahan yang ringan, gak bakal merusak kain ataupun kulit sepatumu (advantage). Cukup rendam selama 1 jam, sepatu bakal bersih seperti baru. Hemat, Cepat, Gak Ribet (benefits).


BACA JUGA:



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS! kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!

Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!


BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!



Jadi Kenapa Orang-Orang Pada Demam Korea? feat. Kresna Julio | #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

66 views0 comments

Comments


bottom of page