top of page
  • Writer's picturestellarw

12 Perempuan Indonesia yang Masuk Forbes 30 Under 30 Asia!

Forbes 30 Under 30 kembali meluncurkan daftar nama ternama mereka. Bila di awal tahun lalu kita melihat deretan nama perempuan dalam Forbes 30 Under 30 Indonesia, kini Forbes juga meluncurkan nama-nama para pemuda-pemudi sukses dalam lingkup wilayah yang lebih besar yakni Asia.


Berdasarkan data yang dikutip dari majalah Forbes, tahun ini para penerima gelar Forbes 30 Under 30 Asia dipilih dari 4000 nominasi dan disaring dari 22 negara yang mewakili seluruh kawasan Asia Pasifik.


Berdasarkan hasil kurasi itu, diketahui ada 12 nama perempuan Indonesia yang masuk dalam kategori Forbes 30 Under 30 Asia. Banyak banget yaa Stellars.. Mari kita simak di bawah ini!


Dita Aisyah ( 29 Tahun)

Sumber: instagram @forbesindonesia

Dita Aisyah adalah Co-Founder dari Binar Academy. Ia membangun perusahan edutech tersebut bersama dengan 2 partnernya yakni Alamanda Shantika dan Seto Lareno di tahun 2017.


Ide awal menciptakan Binar Academy timbul dari keresahan Dita Aisyah dan 2 partnernya yang merasa kesulitan mencari tech talent saat mereka masih bekerja di Gojek.


Itulah mengapa mereka membangun Binar Academy sebagai startup pendidikan yang berfokus ang berfokus menyediakan bootcamp, webinar, dan pelatihan dengan topik seputar digital marketing, pengembangan software, dan analisis data.


Bahkan dengan kesuksesan Dita Aisyah dan 2 partnernya memimpin Binar Academy, kini perusahaan edutech tersebut telah mendapatkan funding dari Teja Ventures, sebuah venture capital yang berfokus memberikan pendanaan bagi wanita dan berlokasi di Singapura.

Prilly Latuconsina (25 Tahun)

Sumber: hot.detik.com

Stellars pernah menonton koki cilik? Nah jika iya pasti kalian familiar dengan Prilly Latuconsina.

Sebagai aktris Prilly sudah berada di industri entertainment sejak masih berusia belia. Hingga kini terhitung dia sudah membintangi lebih dari 20 film dan drama series.


Tercatat ia memenangkan banyak penghargaan selama karirnya berlangsung dan salah satunya adalah Audience’s Choice Actress 2021 dari Festival Film Indonesia.


Tak hanya itu, sebagai seorang entertainer, Prilly juga sudah melebarkan karirnya menjadi penyanyi dan produser. Ia bahkan memiliki 2 album dan mendirikan rumah produksi Sinemaku Pictures bersama Umay Shahab.


What a multitalent girl! No wonder she came up in this list right?

Apriyani Rahayu (23 Tahun)

Sumber: wartakepri.co.id

Kali ini kita bergeser ke ranah olahraga. Di kategori ini ada Apriyani Rahayu, atlet badminton asal Indonesia yang mencetak sejarah mendapatkan medali emas dalam Tokyo Olympics di tahun 2021 lalu bersama partnernya Greysia Polli.


Bakat badminton yang dimiliki oleh Apriyani ternyata sudah diasah sejak kecil. Hingga akhirnya ia bisa bergabung dengan tim nasional saat berumur 19 tahun dan kini berada di posisi ke 6 top global atlet badminton!


Vina Muliana (27 Tahun)

Sumber: youtube.com

Kamu sering main TikTok, pastinya kamu akrab dengan Vina Muliana yang sering membagikan tips seputar dunia pekerjaan. Nyatanya melalui konten-konten tersebut, Vina berhasil mencapai 4.5 Juta followers di TikTok sejak pertama kali dia membuat konten di tahun lalu.


Memang konten yang dibuat Vina sangatlah menarik dan bermanfaat ladies, bahkan kini Vina juga mendapat penghargaan Best of Learning and Education dalam TikTok Awards Indonesia 2022.


Debeasinta Budiman (28 Tahun)

Gambar: bravaradio.com

Selanjutnya mari kita bergeser ke kategori e-commerce yang ditempati leh Debeasinta Budiman! Mungkin kamu belum begitu akrab mendengar namanya, namun siapa sangka bahwa ternyata Debeasinta adalah wanita di balik aplikasi Super.


Berangkat dari melihat adanya keresahan masyarakat akibat dari mahalnya biaya distribusi bahan makanan dan kebutuhan pokok, Debeasinta dan partnernya Garret Koeswandi akhirnya bersama-sama membuat aplikasi Super yang bisa membantu customer untuk mendapatkan kebutuhan pokoknya dengan harga yang lebih murah.


Hingga kini aplikasi Super yang dibina oleh Debeasinta pun bisa mendapatkan pendanaan dari Alpha JWC Ventures, World Bank Managing Director Mari Elka Pangerstu, bahkan rapper Jay-Z!



Sherlyn Adhianni Gautama (27 tahun) dan Marcella Moniaga (29 Tahun)


Posisi selanjutnya ditempati oleh 2 Co-Founder ASTRO yakni Sherlyn Adhianni Gautama dan Marcella Moniaga!

Keduanya merupakan Co-Founder dari perusahaan e-commerce startup yang memiliki produk unggulan menyediakan jasa antar barang dalam waktu 15 menit. Singkat banget gak sih?


Dengan ide produk cemerlang itu, Astor pada akhirnya bisa mendapatkan pendanaan pendanaan series A dari Sequoia Capital India & U.S.-based Accel, dibarengi dengan suntikan dana sebanyak $4.5 Juta Dollar dari AC Ventures, Global Founders Capital, Lightspeed Venture.


Dian Fiona (28 Tahun)


Diawali dengan menjual jeans tanpa brand yang dilakukan ayahnya, kini Diana berhasil membangun kerajaan fashion Jiniso. Hingga kini brand fashion yang dibesarkan Dian pada akhirnya berhasil menjadi top-selling local brands di sederet e-commerce lain.


Terlebih lagi Dian juga turut berpartisipasi menggaungkan body positvity dengan menawarkan banyak produk plus-size yang biasanya sulit ditemukan oleh orang-orang. What a great movement!


Retno Dewati (27 Tahun)


Pernah liat perempuan Indonesia menjadi seorang profesional di bidang Venture Capital? Jawabannya adalah Retno Dewati.


Perempuan pintar ini adalah kepala investment di Singapore dan Indonesia dari perusahaan Venture Capital Access Ventures tempatnya bekerja, Bagi kamu yang belum tahu, ternyata Retno mulai memasuki dunia Venture Capital pada saat dia berusia 21 tahun. Hmm hebat banget yaa Stellars!


Nadia Amalia (26 Tahun), Nadia Fadhila (26 Tahun) dan Fransisca Susan (25 Tahun)

Di posisi terakhir ada Nadin Amalia, Nadia Fadhila, dan Fransisca Susan sebagai para founder dari aplikasi keuangan Sribuu.


Berkat tangan dingin ketiganya, kini aplikasi Sribuu telat berkembang dengan cepat hingga akhirnya diterima di Y Combinator dan mendapatkan lending dana dari Beenext. Keren banget kan Stellars!



NOTES FOR STELLARS!

Bagi kamu yang belum tahu, di tahun ini Forbes meluncurkan daftar nama bergengsi di atas berdasarkan 10 kategori, yakni The Arts (art & style, food & drink), Consumer Technology, Entreprise Technology, Healthcare & Science, Entertainment & Sports, Industry Manufacturing & Energy, Media Marketing & Advertising, Social Impact, Retail & Ecommerce, dan Finance & Venture Capital.


Kriteria penerimaan penghargaan ini dikurasi melalui proses yang ketat dengan mempertimbangkan leadership, entrepreneurship, potensi kesuksesan di industri mereka masing-masing, pertumbuhan usaha, inovasi, hingga hambatan.


Hal itu semua menjadi objektif yang dijadikan landasan untuk mengkurasi daftar nama Forbes 30 Under 30 Asia. Well, well done girls! Semoga dengan ini akan semakin banyak lagi figur yang bisa mewakili kesuksesan perempuan di berbagai bidang yaa..



Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS! kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.



Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!

Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!


BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


Mau Bisnis Atau Mau Eksis? Personal Branding vs. Your Business | #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

539 views0 comments
bottom of page