top of page
  • Writer's picturestellarw

10 Cara Tingkatkan Profit Bisnis dengan Sukses


Sumber gambar: www.freepik.com

Ketika kamu memulai bisnismu, tujuan utamamu adalah mempertahankan bisnis dan mengembangkannya. Namun sayangnya, hal ini tak semudah membalikan telapak tangan. Sebuah perkembangan bisnis adalah proses yang memerlukan kerja keras, kesabaran, dan dedikasi. Tidak ada jalan pintas dalam mengembangkan bisnismu, namun berikut rahasia bisnis sukses yang bisa mendukungmu mengembangkan bisnis:


1. Memperkerjakan orang yang tepat


Rekrutmen menjadi poin utama di sini. Sebelum kamu memiliki rencana perkembangan perusahaan, kamu harus memiliki kriteria rekrutmen yang tepat terlebih dahulu. Kamu harus bisa merekrut dan menempatkan orang yang tepat pada setiap pekerjaan. Ketika kamu memiliki karyawan yang bekerja keras dan berdedikasi pada kesuksesan perusahaan, akan memperbesar kemungkinan bisnis sukses.


2. Fokus pada pendapatan yang tetap


Daripada mencoba menggaet pelanggan baru, fokuskan perhatianmu pada pelanggan utama yang telah kamu miliki. Kamu bisa melakukannya dengan menerapkan customer loyalty program atau mencoba strategi marketing sesuai dengan purchasing behaviour yang telah terekam. Selain itu, fokus pada pasar yang sudah ada sangat penting untuk kamu yang sedang mencoba memperoleh funding. Karena investor akan melihat bagaimana kamu akan memiliki repeat customer.


3. Mengurangi risiko


Risiko adalah bagian yang tidak dapat dihindari pada sebuah bisnis. Kamu tidak mungkin mampu mengontrol semuanya, namun terdapat banyak cara untuk membatasi risiko internal dan eksternal pada perusahaan. Lakukan analisis SWOT untuk mengurangi risiko yang dapat mengancam keutuhan perusahaan.


4. Jadilah orang yang mudah beradaptasi


Salah satu ciri bisnis sukses adalah kemampuannya untuk mengubah arah dan menyesuaikannya dengan arah pasar. Being agile dalam hal produk maupun perusahaan, akan membantumu mengembangkan perusahaan. Karena dalam hal bisnis dan pasar tidak pernah ada yang pasti. Kamu harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan arah pasar. Namun tidak kehilangan jati diri perusahaanmu.


5. Meningkatkan customer experience


Pandangan pelanggan bisa mempengaruhi bisnismu. Pelanggan yang senang akan layanan bisnismu akan ikut mempromosikan tanpa diminta. Begitupun sebaliknya, pelanggan yang merasa kecewa pada sebuah layanan, akan memiliki dampak yang besar pada persepsi pelanggan secara luas terhadap produk bisnismu. Selain membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, sangat penting untuk membuat pengalaman yang personal bagi pelangganmu demi meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan.


6. Investasikan keuntungan perusahaan pada pengembangan bisnis


Ketika kamu baru memulai bisnis, seringkali keuntungan yang didapatkan belum banyak. Tidak mengambil profit untuk diri sendiri melainkan mengalihkannya pada perkembangan bisnis yang bisa dilakukan akan bermanfaat untuk ke depannya. Tentukan bagian mana pada bisnismu yang memerlukan perhatian lebih dan fokuskan diri dan dana pada hal tersebut. Hal itu akan menjadi landasan untuk bisnis biar sukses di kemudian hari.


7. Berpikir jauh ke depan


Agile adalah kualitas yang harus dimiliki oleh perusahaan startup. Namun tidak serta merta hanya dengan being agile kamu bisa sukses menjalankan bisnis ya, Stellars. Cara terbaik untuk tetap menjaga dan mengembangkan bisnis adalah dengan perencanaan untuk mengantisipasi semua kemungkinan. Kamu perlu memikirkan semua kemungkinan, memikirkan tidak hanya rencana jangka pendek, namun juga jangka panjang. Sejauh mana kesepakatan akan berlangsung, dampak apa yang akan terjadi pada setiap keputusan perusahaan, dan lain sebagainya.


8. Tingkatkan layanan pelangganmu


Cara lainnya untuk sebuah bisnis sukses adalah dengan memfokuskan pengembangan pada layanan pelanggan atau customer service. Ketika kamu melebihi harapan pelanggan, mereka cenderung memberi tahu teman, keluarga, dan pengikut mereka tentang bisnis kamu. Kamu juga bisa memberikan pelayanan ekstra seperti menindaklanjuti komplain pelanggan, atau memberikan diskon tambahan jika pelanggan memiliki pengalaman tidak menyenangkan. Dengan begitu, kamu akan membangun reputasi untuk customer service yang baik.


9. Memaksimalkan media sosial


Metode lain untuk mengembangkan bisnis adalah dengan membuat profil di semua platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok. Profil media sosial yang aktif akan membantu memasarkan bisnis dan berinteraksi dengan lebih banyak calon pelanggan. Media sosial juga akan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan. Kamu bisa memperbarui profil sesuai dengan business updates dan mendekatkan diri dengan calon pelanggan melalui kolom komentar maupun message.


10. Menghadiri acara networking


Acara networking akan membantu menghubungkan kamu dengan orang-orang yang berada di industri yang sama denganmu. Di acara itu, kamu akan mendapatkan support system, dukungan, maupun saran terhadap bisnismu. Bangun hubungan dengan mengikuti networking events akan mendatangkan keuntungan suatu saat nanti.



Cari tahu lebih banyak untuk mengembangkan bisnismu di acara Stellar Learning Events Success Kit For Your Business yang akan berlangsung tanggal 9 Agustus mendatang! Dengan menghadiri acara ini, kamu akan mendapatkan dua kelas, workbook Start-Up Your Business, dan networking session yang akan membantumu mengembangkan bisnis. Tunggu apa lagi, daftar sekarang juga melalui www.stellarw.com/workbookevent








BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

FINDING YOUR SUPPORT WITH DEBORA GONDOKUSUMO| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





15 views0 comments

Comments


bottom of page