top of page
  • Writer's picturestellarw

Kelebihan TikTok Shop bagi Pelaku Usaha



Stellars, sudah familiar kah dengan media sosial yang beberapa tahun terakhir ini booming banget yaitu TikTok? Nah, kalau TikTok Shop sudah pernah dengar belum? TikTok Shop adalah platform e-commerce yang disediakan oleh TikTok dan e-commerce ini terintergrasi dengan TikTok.


TikTok Shop diperkenalkan kepada publik pada 2021 lalu. Baru setahun sejak peluncurannya, nilai belanja di TikTok tidak main-main, loh. Bahkan, berdasarkan laporan dari The Information, pada 2022 lalu TikTok Shop berhasil menggeser dua e-commerce besar yakni Tokopedia dan Shopee. Nilai belanja TikTok Shop sepanjang 2022 naik hingga empat kali lipat atau kurang lebih Rp 68 triliun.


Dengan angka yang begitu fantastis serta keberhasilan TikTok menggantikan Tokopedia & Shopee, tidak mengherankan kalau semakin banyak yang tertarik untuk berjualan melalui TikTok Shop. Selain itu, apa saja sih yang menjadi daya tarik TikTok Shop?


Pertama, TikTok memiliki angka pengguna yang tinggi. Pada kuartal II 2022, pengguna aktif bulanan TikTok adalah 1,4 miliar. 20.83% pengguna Internet adalah pengguna TikTok, angka pengguna internet dunia sekitar 8.8 miliar orang. Ini merupakan angka yang tinggi dan kesempatan untuk menjangkau pelanggan sebanyak-banyaknya.


Kedua, pengguna TikTok menghabiskan sekitar 1,5 jam per harinya untuk melihat video-video yang ada di TikTok. Bisa dikatakan bahwa 1,5 jam per orangnya ini merupakan waktu yang cukup panjang, tapi mengetahui kalau video di TikTok ada banyak sekali, kamu harus bisa semenarik mungkin dalam membuat konten. Tjuannya adalah agar video kamu masuk ke FYP (For You Page) dan juga agar pengguna TikTok banyak yang tertatik dengan jualanmu.


Ketiga, terdapat fitur-fitur unik yang ditawarkan oleh TikTok dan kadang tidak tersedia di platform lainnya. Fitur-fitur yang dimaksud antara lain adalah fitur Articifial Intelligence/AI (Kecerdasan Buatan), duet, serta analitik . Fitur AI yang ada pada TikTok membantu para penjual di TikTok Shop dalam membuat konten. Lalu, fitur duet juga menarik, loh. Fitur ini memperbolehkan sesama pengguna TikTok untuk berkolaborasi. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk berkolaborasi dengan pelanggan, penjual, maupun influencer yang bekerja sama dengan bisnis kamu.


Fitur ketiga adalah analitik. Dengan adanya analitik video, kamu akan merasa terbantu ketika mengevaluasi konten bisnis kamu publikasikan melalui TikTok. Fitur ini tidak hanya dimiliki TikTok, media sosial lain seperti Instagram dan Facebook juga menawarkan fitur ini. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah likes, followers, traffic, jumlah llikes & share, serta waktu viewers melihat konten kamu. Analitik juga menunjukkan jumlah followers, entah itu berkurang maupun bertambah Serta menunjukkan gender viewers konten kamu.


Kelebihan-kelebihan yang ditawari oleh TikTok Shop ini bisa kamu pertimbangkan untuk merambah TikTok Shop. Dengan menggunakan TikTok Shop, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas serta mempermudah kamu dalam membuat konten. Selain itu, TikTok Shop terintegrasi dengan media sosial TikTok, sehingga memudahkan pembeli agar tidak pindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain atau ke situs yang berbeda.







BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

STANDING UP AND BECOMING UNAPOLOGETICALLY YOU (FEAT. INDAH G)| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





10 views0 comments

Comments


bottom of page