top of page
  • Writer's picturestellarw

5 Website untuk Mencari Pekerjaan Jarak Jauh



Remote working atau kerja jarak jauh bukan lah cara kerja yang baru, namun menjadi lebih populer beberapa tahun belakangan. Saat pandemi Covid-19 melanda, sebagian pemberi kerja memberikan fleksibilitas untuk para pegawainya. Kita kemudian mengenal istilah work from home (WFH) atau bekerja dari rumah dan work from anywhere atau kerja dari mana saja. Work from anywhere dikenal juga dengan remote working.


Jika kamu seorang pekerja jarak jauh, kamu tidak perlu ke kantor. Kamu bisa bekerja dari rumah, kafe, co-working space, atau di manapun sesuai dengan pilihan kamu. Kerja jarak jauh memang memiliki daya tarik tersendiri bagi pekerja.


Bagaimana tidak, kerja jarak jauh menawarkan fleksibilitas dari segi lokasi. Kamu tidak perlu berada di satu kota bahkan negara yang sama. Selain itu, kerja jarak jauh memberikan pekerja otonomi untuk mengatur jadwal mereka sendiri. Untuk pekerja yang memiliki kesibukan lain seperti mengurus keluarga, pekerjaan sampingan, serta bisnis, maka kerja jarak jauh adalah opsi yang menarik.


Tidak hanya fleksibilitas dan otonomi, kerja jarak jauh ternyata memberikan dampak positif terhadap keuangan pegawai. Ketika seseorang pergi bekerja, maka dia akan mengeluarkan uang untuk beberapa hal, seperti ongkos transportasi dan makan. Saat seorang pegawai bekerja jarak jauh dan memilih bekerja dari rumah, dia dapat menekan pengeluaran untuk transportasi serta makan. Tentu bekerja di rumah tidak memerlukan ongkos lagi dan untuk makan pegawai bisa memasak; mengurangi jajan jika dia pergi ke kantor.


Lalu, dampak positif selanjutnya dari bekerja secara jarak jauh adalah menghemat waktu dan energi yang dikeluarkan untuk commuting. Bagi sebagian pegawai, perjalanan menuju dan balik dari kantor adalah perjalanan yang melelahkan. Terutama di kota-kota besar seperti Jakarta yang sering kali macet, khususnya saat jam berangkat dan pulang kerja. Commuting dapat memakan waktu yang tidak sebentar dan membuat pegawai lelah sebelum mereka bekerja. Dengan adanya opsi bekerja jarak jauh, pegawai mendapatkan waktu dan energi ekstra yang dapat mereka alokasikan untuk hal lain, misal membuat sarapan dan memasak makan malam.


Berikut adalah kumpulan website yang bisa kamu kunjungi untuk mencari kerja jarak jauh yang sesuai dengan keahlianmu:


1. Jobtogether.com


Jobtogether.com merupakan platfom pencarian kerja yang juga memberikan layanan lain secara gratis. Layanan yang diberikan oleh Jobtogether.com adalah konsultasi terkait pasar kerja, pembinaan job interview, evaluasi profil kandidat, dan pemberitahuan terkait posisi kerja yang sesuai. Semua layanan ini disediakan secara cuma-cuma untuk kandidat yang mencari kerja melalui Jobtogether.com.


2. Remote.co


Remote.co tidak hanya menyajikan penawaran-penawaran kerja, tapi juga pengetahuan mengenai kerja jarak jauh. Artinya, Remote.co menyuguhkan artikel-artikel terkait serba-serbi kerja jarak jauh seperti kiat-kiat membangun tim, mengelola tim, dan bekerja secara jarak jauh dengan efektif. Tidak hanya itu, Remote.co menawarkan kelas-kelas online, antara lain kelas akuntansi, marketing, dan menulis.


3. Flexjobs.com


Flexjobs.com telah hadir selama lebih dari 14 tahun, loh! Di situs web ini, kamu bisa mencari kerja jarak jauh atau hybrid; sesuai dengan kebutuhanmu. Flexjobs.com tidak hanya melalui situs web, kamu juga bisa mencari kerja lewat Flexjobs.com dengan mengunduh aplikasi Flexjobs.com di App Store.


4. Workingnomads.com


Workingnomads.com telah ada sejak 2014. Cara kerja Workingnomads.com adalah dengan mengumpulkan penawaran kerja jarak jauh yang paling menarik untuk para profesional. Workingnomads.com memiliki bagian pencarian kerja berdasarkan wilayah atau regional, misal Asia-Pasifik dan Eropa.


5. Weworkremotely.com


Weworkremotely.com menyebut platform mereka sebagai komunitas kerja jarak jauh terbesar di dunia. Weworkremotely.com memiliki learning portal yang memungkinkan kamu untuk belajar mengenai cara-cara untuk membangun karir dan mendapatkan pekerjaan jarak jauh impian. Dalam learning portal, terdapat komunitas melalui Slack, acara-acara online terkait kerja jarak jauh, juga adanya daftar kerja yang sesuai dengan kebutuhanmu (personalized)!


Kamu bisa mengakses situs-situs web yang disebutkan di atas dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kapabilitas kamu. Stellars juga bisa menentukan ketertarikan bidang serta bentuk kerja, seperti freelance, kontrak, part-time, maupun full-time.





BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

INVESTING IN YOURSELF TO PREPARE FOR RECESSION WITH SAMIRA SHIHAB | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





17 views0 comments

Comments


bottom of page