top of page
  • Writer's picturestellarw

Tips Pengembangan Diri Wanita Karir di 2023



Tidak terasa 2023 sudah berjalan selama 7 bulan. Bagaimana kemajuan karirmu di tahun ini?


Perjalanan wanita membangun karir merupakan proses yang panjang dan penuh tantangan. Terlebih dengan peran ganda yang wanita pikul dan bias gender yang mereka terima, wanita memerlukan strategi khusus untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut.


Jika kamu saat ini adalah wanita karir dan merasa butuh pengembangan diri untuk mencapai tujuan karir yang diingnkan, beruntung kamu sampai ke artikel ini!


Di titik apapun kamu saat ini, banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk menjadi lebih dekat dengan tujuan karirmu. Salah satunya adalah dengan mengembangkan aspek-aspek penting yang membantu wanita sukses dalam berkarir.


1. Kepercayaan Diri


Percaya atau tidak, kepercayaan diri dapat mendatangkan berbagai kesempatan baru untukmu. Kepercayaan diri membuat kita lebih terbuka dengan segala tantangan yang menjadi sarana kita untuk terus bertumbuh. Kepercayaan diri juga dapat dirasakan oleh orang-orang sekitarmu sehingga membuatmu terkesan lebih berkharisma dan menularkan energi positif.


PRO TIP: bangun kepercayaan diri dengan merayakan berbagai pencapaian kecil dan besar. Berlatih untuk berbicara positif dengan diri sendiri, dan mengubah keyakinan yang membatasi diri kamu selama ini.


2. Kesadaran Diri


Seberapa paham kamu dengan diri sendiri? Pertanyaan ini tentu dapat dijawab jika kamu memiliki kesadaran diri. Memahami nilai, kekuatan, kelemahan, dan motivasi diri membantu kita dalam mengendalikan sikap dan pikiran dalam menghadapi berbagai tantangan berkarir.


PRO TIP: duduklah dengan tenang dan tanyakan kembali kepada dirimu sendiri, apa yang kamu ketahui tentang diri kamu? Kamu juga dapat menanyakan kesan orang lain tentang kamu untuk mendapatkan informasi lebih mengenai diri kamu.


3. Leadership


Leadership (kepemimpinan) merupakan aspek yang perlu dilatih walaupun saat ini kamu belum memiliki titel sebagai manager atau leader. Leadership ini akan menjadikan kamu team player yang baik. Dengan leadership yang baik, kamu juga akan lebih tangguh dan persisten dalam menghadapi tantangan pekerjaan. Terlebih dengan metode kerja hybrid yang banyak diberlakukan di tahun 2023, leadership dapat membantumu untuk mengelola tugas, berkoordinasi dengan pihak yang terkait, dan juga menunjukkan hasil pekerjaanmu secara efektif.


PRO TIP: seorang pemimpin berkomunikasi secara asertif. Kamu bisa mengembangkan kemampuan ini dengan mempelajari kapan dan bagaimana menggunakan kata-kata yang tepat di situasi tertentu.


4. Work-Life Balance


Tanpa disadari, kehidupan personal dan profesional saling memengaruhi satu sama lain. Oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan kualitas keduanya. Setelah menjalani hari yang penjang untuk bekerja, luangkanlah waktu untuk melakukan sesuatu yang membuat jiwamu terasa utuh kembali. Hal ini penting untuk kesejahteraanmu dalam jangka panjang.


PRO TIP: membangun work-life balance membutuhkan proses yang tidak sebentar. Buatlah batasan jelas antara waktu bekerja, beristirahat, dan membangun aspek kehidupan lain. Lalu, buatlah kebiasaan baru dengan porsi yang sudah kamu tentukan sebelumnya.



Itu dia empat aspek penting yang mendukung kesuksesan wanita karir. Kamu juga dapat mencapai tujuan karir dengan mempelajari semuanya melalui event wanita karir oleh Stellar Women.


Pelajari semuanya di Stellar Women Rise untuk mengembangkan karirmu! Daftar sekarang ke Stellar Women Rise Career Booster!









BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

EMANG BISA TETAP RELEVAN TANPA MENGUBAH VALUE?| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





369 views0 comments

Commentaires


bottom of page