top of page
  • Writer's picturestellarw

Soft Skills yang Perlu Kamu Kuasai untuk Dunia Kerja



Mungkin Stellars sudah sering mendengar kalau kamu harus punya soft skills untuk bertahan dan meningkatkan posisi tawar kamu di dunia kerja. Tapi, apa sih sebenarnya soft skills itu? Soft skills adalah keterampilan yang tidak bisa diukur dan tidak berwujud. Soft Skills merupakan kemampuan komunikasi, kecerdasan sosial yang melekat, serta kemampuan beradaptasi dengan baik di dalam kehidupan maupun dunia kerja. Soft skills merupakan keterampilan non teknis, tidak seperti hard skills yang merupakan keterampilan teknis.


Nah, apa saja sih soft skills yang penting untuk kamu kuasai dalam dunia kerja? Berikut adalah daftarnya:


1. Problem-solving


Problem solving merupakan proses untuk memahami suatu tantangan dan berusaha untuk mencari solusi yang tepat untuk mengatasi tantangan tersebut. Setiap tantangan dan permasalahan yang muncul tentu memiliki tingkatan yang berbeda-beda dan membutuhkan solusi yang variatif pula.


2. Communications


Komunikasi merupakan bentuk soft skills yang tidak hanya bagaimana kita berbicara kepada orang lain, tapi juga menekankan pada mendengarkan lawan bicara kita. Dengan memperhatikan baik-baik yang dibicarakan oleh lawan bicara, kamu bisa merespons pembicaraan lawan bicaramu dengan tepat.


3. Teamwork


Ketika kamu masuk di tahapan wawancara pada saat melamar pekerjaan, tidak jarang para rekruter menanyakan ke kamu mengenai teamwork. Biasanya, mereka bertanya bagaimana pengalamanmu bekerja dalam tim, lalu apa kamu bisa bekerja sama dengan orang lain. Bekerja dengan orang lain atau tim sering kali tidak terhindarkan dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, penting sekali kamu bisa dapat bekerja sama dengan orang lain.


4. Self-management


Self-management merupakan keterampilan yang membuat kamu dapat memaksimalkan produktivitas, meningkatkan kinerja, dan mencapai tujuan-tujuan profesional secara efisien. Dengan memiliki keterampilan self-management, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kamu dengan tepat waktu.


5. Initiative


Penting sekali untuk memiliki initiative skill dalam dunia kerja. Dengan memiliki keterampilan inisiatif, kamu dapat menilai suatu situasi dan bertindak dengan tepat untuk mengatasi situasi tersebut. Bersikap inisiatif di tempat kerja bentuknya bermacam-macam, seperti menawarkan diri sebagai leader dalam tim, membantu rekan kerja, dan brainstorm gagasan bersama dengan rekan kerja dan atasan untuk membantu pertumbuhan perusahaan.


6. Analytical thinking


Analytical thinking merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat menyelesaikan masalah dengan mengevaluasi informasi yang sudah dikumpulkan. Dengan analytical thinking, kamu dapat memecahkan masalah kompleks secara sistematis serta memudahkan kamu dalam mencari solusi alternatif saat kamu bertemu dengan suatu masalah.


7. Creative thinking


Dalam dunia kerja, terkadang rencana kerja yang telah disepakati dapat berubah secara tiba-tiba karena satu hal dan lainnya. Untuk menghadapi perubahan tiba-tiba ini dan dapat beradaptasi dengan baik, kamu membutuhkan cara berpikir kreatif atau creative thinking. Keterampilanmu dalam menghasilkan solusi yang unik dan inovatif sangat penting dalam perjalanan karirmu dan tentunya untuk tempat kamu bekerja.


8. Public speaking


Berbicara di depan umum bukan perkara mudah bagi sebagian orang. Mungkin, kamu adalah salah satu orang yang termasuk ke dalam kelompok yang takut untuk berbicara depan umum. Namun, public speaking adalah skill yang penting untuk kamu miliki. Kamu bisa berlatih sesering mungkin agar terbiasa melakukan public speaking.


9. Time management


Jika kamu memiliki manajemen waktu ynag baik, kerjaan serta proyek-proyek yang kamu kerjakan tidak akan melebihi tenggat waktu yang telah ditentukan bersama. Dengan demikian, kamu menunjukkan kepada kolega, atasan, serta klien bahwa kamu adalah pribadi yang tepat waktu dan disiplin.


10. Networking


Nah, networking skill atau berjejaring tidak kalah penting, loh. Dalam berkarir, kamu harus bisa networking untuk memperbanyak peluang dan kesempatan yang terbuka untuk dirimu. Oleh sebab itu, kamu harus memperluas networking kamu untuk membuka pintu-pintu kesempatan di masa depan.


Dari 10 soft skills di atas, yang mana yang kamu sudah kuasai? Terus tingkatkan soft skills kamu ya, Stellars. Sebab banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengintegrasikan soft skills dengan hard skills yang kamu miliki.


















BACA JUGA:






MUST WATCH VIDEO!

SACRIFICES FOR SUCCESS: IS IT WORTH IT? (FEAT. MANDY CJ)| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





10 views0 comments

留言


bottom of page