top of page
  • Writer's picturestellarw

Sisters in Success: Manfaat Mentorship untuk Kesehatan Mental



Menjalani peran sebagai perempuan karir atau pengusaha tidaklah mudah. Ada kalanya kita berada dalam titik rendah dan tidak tahu harus melakukan apa untuk keluar dari situasi tersebut. Meskipun hal seperti ini tidak dapat dihindari, kita masih bisa mencari bantuan dengan memiliki mentor.


Apa itu Mentor?


Mentor adalah seseorang yang dapat berperan sebagai penasihat, berbagi pengalaman maupun pengetahuannya denganmu, menjadi tempat diskusi, dan menolong kamu untuk mempelajari keterampilan baru. Seorang mentor akan cocok untukmu jika dia sudah menempati tempat yang kamu ingin capai. Siapa saja dapat menjadi mentor kamu, baik teman kerja, teman sekolah, maupun mencari mentor dari komunitas seperti Stellar Women.


Memiliki mentor dalam berkarir maupun berbisnis mendatangkan banyak keuntungan bagi kita. Terlebih untuk perempuan yang sedang mengembangkan bisnis. Riset yang dilakukan oleh Resurgo (2020) menemukan bahwa 1 dari 5 pengusaha perempuan memiliki masalah kesehatan mental. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan pengusaha laki-laki yang perbandingannya 1 dari 8. Bagaimana tidak? Pengusaha perempuan masih menghadapi berbagai tantangan gender yang dapat berdampak pada kesehatan mental, seperti pengaruh biologis (siklus menstruasi dan menopause), tantangan dalam tempat kerja, hingga tuntutan untuk memenuhi ekspektasi sosial.


Berikut adalah 5 cara mentoring memiliki efek positif pada kesehatan mental, baik untuk mentee maupun mentor yang terlibat:


1. Mengurangi Tingkat Kecemasan


Mudah sekali untuk merasa cemas ketika kita memiliki ambisi terhadap karir maupun bisnis kita. Namun, jika kita terus-menerus mengkhawatirkan segala hal mulai dari tugas kecil, orang-orang sekitar, hingga kemampuan kita, maka ini tandanya kita perlu pertolongan, salah satunya adalah melalui mentorship.

Mentorship telah terbukti dapat mengurangi kecemasan, terutama kecemasan terhadap kemampuan diri sendiri. Melalui mentorship, kita bisa mengklarifikasi kecemasan kita dan mendapatkan semangat untuk lebih percaya diri.


Manfaat ini juga berlaku untuk seorang mentor. Studi yang dilakukan Harvard Business Review membuktikan bahwa seseorang yang berniat membantu perkembangan orang lain dengan menjadi mentor merasakan penurunan tingkat kecemasan. Mereka menganggap pekerjaan mereka lebih bermakna.


2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Kepercayaan diri merupakan aspek penting yang berpengaruh terhadap produktivitas kita sehari-hari. Mereka yang memiliki mentor dapat memiliki kepercayaan diri yang lebih baik karena merasa didukung dalam mengambil keputusan dan juga memiliki ruang untuk mengeksplorasi ide baru tanpa takut dihakimi.


3. Merasa Didengarkan


Memiliki ruang yang aman di mana kita merasa didengarkan dan dihargai akan berdampak positif pada kesehatan mental kita. Faktanya, tidak semua orang memiliki ruang aman ini sehingga mentorship dapat menjadi solusi untuk menciptakan situasi ini.


Hubungan mentorship dibangun berdasarkan kepercayaan. Di hubungan ini kita bisa secara nyaman berbagi tantangan dan kekhawatiran dengan orang yang kita yakini akan mendengarkan kita.


6. Membuat Kita Lebih Optimis untuk Masa Depan


Bagi orang-orang dengan masalah kesehatan mental, masa depan menjadi hal yang sering dicemaskan. Padahal, mereka masih memiliki harapan jika didukung dengan dukungan yang tepat.


Mentorship dapat membantu kita untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Melalui hubungan dengan mentor yang berkualitas, kita dapat mencari cara untuk mengembangkan berbagai aspek dalam diri kita sehingga kita lebih optimis dalam memandang masa depan.


Maka dari itu, mentorship yang berkualitas dapat membuat perbedaan besar dalam kehidupan kita. Namun, pastikan bahwa mentorship ini tidak sama dengan sesi terapi psikologis. Mentor akan membantu kita untuk mencapai tujuan yang kita inginkan seperti dalam berkarir maupun berbisnis, bukan untuk menangani isu kesehatan mental yang membutuhkan penanganan klinis.


Jika kamu membutuhkan mentor untuk mencari solusi atau cara mengembangkan diri, Stellar Women menyediakan mentorship 1-on-1 dengan pemimpin perempuan. Cari tahu lebih lanjut dan booking sesi mentorshipmu di sini.








BACA JUGA:






MUST WATCH VIDEO!

SACRIFICES FOR SUCCESS: IS IT WORTH IT? (FEAT. MANDY CJ)| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





12 views0 comments
bottom of page