top of page
  • Writer's picturestellarw

Pentingnya Mindfulness dalam Membangun Bisnis


Sumber gambar: https://imageio.forbes.com

Mindfulness adalah sebuah bentuk meditasi yang memungkinkan kamu untuk mengontrol pikiran dan perilakumu. Mindfulness adalah teknik yang dapat mengurangi stres karena dengan menjalaninya, akan menghindarimu dari pikiran negatif, perasaan out-of-control, serta pemikiran yang lompat-lompat dari satu permasalahan dan permasalahan lainnya.


Jika kamu memulai rutinitas mindfulness, kamu akan lebih fokus pada hal yang saat ini sedang terjadi. Tanpa dihakimi ataupun frustrasi terhadap hal itu. Artinya, kamu bisa mengambil jeda sebentar, mengendalikan kondisi mentalmu dan memfokuskan kembali kepada hal yang sedang kamu kerjakan.


Pelajari Cara Mencegah Burnout dan Hidup Lebih Damai dengan Mindfulness Di Sini.


Dapatkan Workbook Start-Up Your Business untuk meningkatkan strategi bisnismu dari perencanaan, branding, hingga penjualan hanya dari satu panduan!



Nah teknik mindfulness ini telah populer dipraktikan di perusahaan besar seperti Google, Apple, Yahoo, dan Starbucks. Alasannya sederhana, karena dapat meningkatkan kinerja karyawan secara signifikan. Tapi ga hanya itu lho, Stellars, berikut alasan lain kenapa mindfulness bisa mendukung perkembangan bisnismu:

1. Menjadi pereda stres


Salah satu keuntungan mempraktikan mindfulness yang paling terlihat adalah mengurangi tingkat stres, terutama jika kamu bekerja. Menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah melelahkan. Stres sangat rentan terjadi pada seseorang yang perlu mengelola banyak pekerjaan. Mulai dari mengatur jadwal, menyelesaikan tugas, dan berkolaborasi dengan banyak orang. Stres adalah hal yang tidak terhindarkan di lingkungan kerja.


Sedangkan stres dapat memicu tingginya tekanan darah, insomnia, depresi, dan berbagai penyakit. Dengan mempraktikan mindfulness kamu akan dapat melepaskan stres dan membangun ketahanan diri.


2. Meningkatkan fokus


Banyaknya pekerjaan seringkali membuat kamu melakukan ataupun memikirkan banyak hal dalam waktu bersamaan. Namun hal itu biasanya akan berdampak pada hasil pekerjaan yang tidak maksimal dan akan membuat kamu overwhelmed, Stellars. Mindfulness akan membuat kamu fokus pada satu hal dalam satu waktu. Kamu dapat menghindari distraksi dan dapat berkonsentrasi penuh pada pekerjaanmu. Sehingga kamu bisa mengerjakan setiap pekerjaan secara maksimal. Kemudian, hal itu akan memudahkan kamu untuk berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya.


3. Meningkatkan kreativitas


Kreativitas itu sangat bergantung pada kondisi mental. Mindfulness akan membantu kamu untuk masuk ke dalam kerangka pemikiran yang kreatif dengan mengalahkan pemikiran negatif yang kamu miliki. Inti metode mindfulness adalah fokus pada masa saat ini. Hal itu akan membuat kamu berpikir bebas dan kreatif, tanpa mengkhawatirkan hal lain


4. Melatih kecerdasan emosional


Kecerdasan emosional atau EQ akan mempengaruhi bagaimana kita bisa mengelola perilaku, bersosialisasi, dan membuat keputusan yang akan berdampak positif. Kecerdasan emosional adalah sebuah kemampuan untuk mengenali dan memahami perasaan atau emosi diri dan orang lain. Hal ini akan berguna untuk mengelola perilakumu dalam berhubungan dengan orang lain. Kesadaran tinggi akan sebuah emosi ini bisa dimaksimalkan dengan pemikiran yang mindful juga.


5. Mempermudah hubungan sosial


Dalam bekerja, kamu akan bertemu dan bekerjasama dengan banyak orang. Memiliki hubungan yang baik di lingkungan kerja akan mendukung perkembangan karirmu. Ketika mempraktikan mindfulness, kamu akan menjadi pribadi yang positif, tidak mudah stres, memotivasi rekan kerja, mendukung dan menghargai orang lain. Ditambah, komunikasi yang kamu lakukan akan lebih efektif dan jelas.


Meskipun poin utama dari mindfulness adalah menjernihkan pikiran, tentu saja mindfulness tidak akan sepenuhnya mengosongkan pikiranmu ya. Dengan mempraktikan mindfulness, kamu bisa lebih memperhatikan sensasi yang kamu sedang rasakan, mengatur dan memfokuskan pikiran dan emosi, menganalisa pemikiran dengan lebih efektif, serta melatih creative thinking. Mindfulness akan membawa dampak yang sangat baik bagi pribadi dan karir Stellars. Cobain deh, dan kamu akan merasakan perubahan yang luar biasa pada dirimu.


Tertarik tentang mindfulness dan cara-cara melakukannya? Tim Stellar Women telah menyiapkan Stellar Scale Up Friday! yang berisi penjelasan lebih detail dan juga FREE e-guidebook yang bisa kamu download, Stellars!


Download Free e-guidebook di sini


Simak bahasan selengkapnya di Scale Up Friday tentang 5 Hal Yang Wajib Dimiliki Entrepreneur untuk Mengembangkan Bisnis


Subscribe Stellar Women untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Stellar Friday Marketing Journal. Dapatkan panduan lengkap untuk membangun bisnismu lebih cepat dan mudah dengan workbook Start-Up Your Business.



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

APA SALAHNYA JADI NEPO BABY? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



55 views0 comments

Comentarios


bottom of page