top of page
  • Writer's picturestellarw

Content Marketing: Pastikan 3 Komponen Ini Ada Agar Efektif

Updated: Mar 31, 2023



Content marketing strategy adalah pendekatan marketing untuk menarik dan mempertahankan target audience dengan cara memproduksi konten yang relevan dan memikat mereka. Tujuan dari memproduksi content marketing adalah tentunya untuk mendapatkan profit. Format konten ada berbagai macam, mulai dari video, blog, newsletter hingga podcast. Untuk kebutuhan brand, kamu bisa membuat tidak hanya satu macam. Bisa saja beragam bentuk kamu produksi dan disesuaikan untuk kanal yang telah ditentukan.


Konten adalah alat yang dapat kamu maksimalkan untuk membangun relasi dengan target audience. Kamu ingin menyasar target audience brand kamu dan berkomunikasi dengan mereka. Dengan adanya relasi dan komunikasi dua arah dari target audience dengan brand, kepercayaan terhadap brand akan terpupuk. Oleh sebab itu, kamu membutuhkan strategi sebelum memproduksi content marketing untuk bisnismu.

Dapatkan FREE e-guide "Strategi Branding untuk Perkembangan Bisnis" disini.

Saat menyusun strategi konten sebagai rangkaian dari strategi pemasaran brand, kamu tidak asal membuat strategi saja. Kamu harus memperhatikan tiga komponen atau elemen utama dalam menyusun strategi. Hal ini kamu lakukan agar strategi yang kamu buat bisa menyasar ke target audience dan bisa berkomunikasi dengan baik dengan mereka. Kamu akan mengombinasikan tiga komponen untuk menghasilkan konten yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu dan bisa meningkatkan penjualan.


Ketiga komponen utama dalam menyusun strategi konten adalah:


1. Brand Focus


Brand focus merupakan pedoman yang kamu pegang dalam membuat konten. Dengan brand focus, semua konten yang kamu produksi akan senada dna tidak melenceng dari tujuan serta brand positioning. Brand focus menuntun kamu untuk membuat strategi konten dengan hasil dan pencapaian yang sesuai dengan tujuan kamu.


2. User Experience


Membuat konten artinya kamu sedang berbicara dengan target audience, oleh sebab itu kamu ingin konten kamu dapat dimengerti dan menarik mereka. Kamu mau melibatkan target audience dengan konten-konten kamu. Fokuskan kepada apa yang membuat target audience mengklik suatu konten? Apa yang dapat membuat mereka tidak segera meninggalkan suatu konten? Apa yang paling mereka pedulikan saat mengevaluasi suatu brand atau produk?


Dapatkan FREE e-guide "Strategi Branding untuk Perkembangan Bisnis" disini.

3. Content Distribution


Distribusi konten adalah kunci dari keberhasilan strategi konten. Kapan, di mana, dan bagaimana kamu mempublikasikan konten merupakan hal yang vital dan harus dipertimbangkan matang-matang. Sebab, akan memengaruhi bagaimana audience engage dengan brand kamu. Pilihlah kanal media yang sesuai dengan tujuan brand dan profil audience. Dalam distribusi konten, frekuensi adalah hal yang penting untuk kamu perhatikan. Jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak konten yang kamu produksi.



Ketiga komponen ini perlu kamu kombinasikan dan hadirkan di dalam setiap produksi konten. Selain tiga komponen, yang perlu kamu mengawasi hasil produksi konten. Jangan memproduksi konten dengan kualitas rendah, usahakan untuk selalu memproduksi konten dengan kualitas yang bagus. Ini merupakan strategi agar target audience kamu benar-benar merasa dihargai dan terkoneksi dengan konten kamu. Apa Stellars sudah pernah memproduksi content marketing? Jika ingin memulai atau mengevaluasi strategi kamu bisa dimulai dengan memperkokoh setiap komponen yang sudah kita bahas di atas ya, Stellars!


Setelah membuat strategi konten untuk pertumbuhan bisnismu, lanjutkan untuk membuat strategi bisnis dan sales yang efektif untuk bisnismu. Baca juga cara memaksimalkan strategi bisnis untuk bisnismu.



Tingkatkan skillsmu melalui Stellar Scale Up Friday! yang berisi penjelasan rinci mengenai berbagai aspek berbisnis, dari branding hingga membangun organisasi.


Subscribe Stellar Women untuk mendapatkan informasi terbaru terkait Stellar Scale Up Friday.

Dapatkan Workbook Start-Up Your Business untuk meningkatkan strategi bisnismu dari perencanaan, branding, hingga upscaling your business dari satu panduan saja!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:



MUST WATCH VIDEO!

APA SALAHNYA JADI NEPO BABY? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



113 views0 comments

Comments


bottom of page