top of page
  • Writer's picturestellarw

Pentingnya Hak Kekayaan Intelektual untuk Bisnis Kamu



Belakangan ini mungkin Stellars sering mendengar mengenai pejabat dan barang-barang tiruan atau lebih dikenal dengan istilah barang KW. Nah, sebenarnya penggunaan barang-barang KW ini melanggar kekayaan intelektual, loh. Di Indonesia sendiri sudah ada Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (DJKI) di bawah Kementerian Hukum dan HAM. Tugas DJKI adalah menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kekayaan intelektual sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Di tulisan kali ini, kita akan membahas apa sih hak kekayaan intelektual serta manfaat memproteksi brand kamu. Simak terus ulasan di bawah ini ya.


Hak kekayaan intelektual (HKI) atau dikenal juga dengan istilah intellectual property rights adalah kepemilikan personal dan kepemilikan komunal meliputi Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri. Kepemilikan hak cipta melingkupi buah pikiran manusia dalam bidang seni, sastra, dan ilmu pengetahuan. Sementara itu, Hak Kekayaan Industri meliputi merek, paten, desain industri, desain tata letak sirkuit terpadu (DTLST), dan rahasia dagang.


Jadi, bisa disimpulkan bahwa HKI adalah hak eksklusif untuk menggunakan, mengizinkan pihak lain menggunakan suatu hak, dan hak untuk melarang pihak lain menggunakan suatu hak. Nah, jadi gak hanya brand-brand besar ya yang memiliki HKI, UMKM juga dianjurkan untuk memiliki HKI. Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki HKI:


1. Memberikan perlindungan legal kepada inventor dan karya ciptanya


Dengan memiliki HKI maka secara otomatis kamu akan mendapatkan perlindungan yang sah secara hukum atas hasil karya atau ciptaan kamu. Dengan demikian, akan menghindari plagiasi atau penyalinan dari pihak lain terhadap karya atau brand kamu. Jika ada yang menyalin, maka bisa ditindak secara hukum.


2. Mendorong daya saing menjadi lebih tinggi


Dengan HKI, para pengusaha menjadi lebih inovatif dan kreatif. Hal ini meningkatkan daya saing untuk menciptakan produk dan jasa yang terbaik untuk konsumen. Bisnis juga dapat menjadi lebih berkembang seiring dengan meningkatnya rasa ingin berkompetisi dengan bisnis yang lain. Bisnis senantiasa memperbarui dan berinovasi.


3. Menarik investor


Ada point lebih dari bisnis yang memiliki HKI, investor akan merasa lebih nyaman dan aman terhadap bisnis tersebut. Jika bisnis kamu ingin menarik investor, sebaiknya mulai pertimbangkan untuk mendaftarkan HKI agar investor mau investasi di bisnis kamu.


Setelah mempelajari manfaat HKI, apa Stellars tertarik untuk mendaftarkan HKI? Atau Stellars ada yang sudah pernah mendaftarkan HKI?


Jika Stellar ingin tahu lebih lanjut mengenai HKI kamu bisa mengunjungi laman ini ya, Stellars.



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

FRENEMIES: TEMEN TAPI BUKAN TEMEN | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



18 views0 comments

Commenti


bottom of page