top of page
  • Writer's picturestellarw

Punya Resolusi tapi Bikin Stres? Intip 9 Taktik Praktis Agar Resolusi Tahun Barumu Mudah Tercapai!

Stellars, coba kita tengok ke beberapa tahun belakangan. Berapa banyak resolusi yang kamu capai per tahunnya? Apakah justru kamu keteteran untuk mencapai resolusimu?


Menurut Forbes, hanya 19% orang yang berhasil mencapai resolusi tahun barunya. Jadi, kalau kamu merasa untuk mencapai resolusimu adalah sebuah perjuangan, kamu nggak salah, loh!


Nah, tapi yang perlu kita tanyakan kembali apakah selama proses mencapai resolusi kamu merasa senang dan lega atau justru terbebani? Karena saat kamu menikmati prosesnya semakin kecil juga kemungkinan untuk “bail out” di tengah jalan.


Yuk, simak 9 cara praktis yang bisa kamu terapkan supaya kamu bisa mencapai resolusimu tanpa tekanan!


assets.promediateknologi.com

1. Ambil langkah kecil

Memiliki tujuan yang besar terkadang membuat kita merasa harus membuat perubahan besar di dalam prosesnya. Tetapi merubah kebiasaan dalam waktu yang singkat dan drastis biasanya akan lebih sulit untuk dilakukan secara konstan.


2. Batasi dan perjelas resolusimu

Ada baiknya memiliki resolusi yang jelas dan terukur. Dari pada mengatakan “Menjadi lebih sehat tahun depan”, baiknya menjadi “Melakukan yoga minimal 2 kali seminggu.”


3. Rencanakan dengan strategis

Selain membuat resolusi yang terukur, pastikan kamu membuat timeline yang jelas. Jadwalkan per 3 bulan, per bulan, hingga per minggu apa yang perlu kamu capai. Apabila kamu memiliki lebih dari satu goals, pastikan juga kamu membuat list prioritas.


4. Tulis resolusimu

Cara paling mudah untuk memperjelas visimu adalah menulis apa yang kamu rencanakan. Kamu bisa tulis di buku jurnalmu, buat vision board, atau menggunakan digital planner.


5. Track progress-mu

Setelah kamu menulis rencana dan mengatur strategi, selama menjalani prosesnya kamu harus selalu melakukan tracking setiap berapa bulan sekali. Kamu bisa mengukur perkembanganmu dan melihat apa yang bisa ditingkatkan.


6. Monotasking

Apabila kamu kesulitan untuk melakukan multitasking, kamu bisa saja berfokus terhadap satu goal saja di satu waktu. Take your time, you are not competing with anyone.


7. Self regulation

Memiliki self-regulation dan self-leadership juga diperlukan untuk menjagamu tetap “on track” dengan tujuan. Kamu harus bisa mendorong dirimu untuk melakukan apa yang kamu butuhkan dari pada sekadar apa yang sedang kamu inginkan.


8. Selebrasi

Selain mendorong diri sendiri untuk terus berkembang kamu juga harus merayakan apa yang sudah kamu capai. Karena apabila kamu hanya fokus terhadap kerja tanpa reward, kamu akan mudah menjumpai burn out. Kamu bisa melakukan selebrasi dengan beristirahat sejenak atau melakukan sesuatu yang menyenangkan.


9. Mencari support

Keberhasilan dari tujuanmu memang ditentukan dari usahamu tetapi memiliki support system yang mendukung hal itu terjadi juga menjadi faktor penting. Kamu bisa temukan partner untuk berproses bersama.


Selama berproses tentunya kamu pasti berubah dan bertumbuh. Bukan nggak mungkin akan ada orang yang kurang mendukung hal tersebut. Saat kamu merasa sedang tidak mendapat dukungan tersebut, itu adalah waktu yang tepat untuk kamu memecut diri sendiri untuk tidak menyerah, Stellars!


Fokus ke prosesmu sendiri sehingga apa yang kamu lakukan bisa menjadi kebaikan dan kesenanganmu sendiri! Semoga dengan beberapa cara tadi kamu bisa jadi bagian dari 19% orang yang berhasil!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Waktunya Bangun Bisnismu di Tahun 2023! | #StellarPowerAccelerator

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



24 views0 comments

Comments


bottom of page