top of page
  • Writer's picturestellarw

Kunci Kesuksesan Bisnis: Mengenali Konsumen dan Membuat Produk yang Tepat

Ketika ingin memulai untuk membangun bisnis, pasti akan ada banyak hal yang kita lakukan. Mencoba membaca berbagai buku, mencari mentor yang tepat, melakukan riset pasar, mencari tim, dan sebagainya.


Tentu, akan ada banyak sekali hal yang perlu kamu persiapkan. Mungkin, saking terlalu banyaknya, kamu bingung untuk memulai dari mana.


Stellar Women Future Leaders Lab mengadakan rangkaian acara untuk membantu para perempuan yang akan memulai bisnisnya. Salah satunya adalah webinar class pertama dengan tema “Knowing Your User and Creating the MVP” bersama dengan Gian Adhitya - Associate, Sequoia Southeast Asia dan Tessa Wijaya - Co-Founder & COO of Xendit.


1. Mengenali Konsumen


“Produk yang baik adalah produk yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan dapat dijual.”


Itu adalah salah satu poin penting yang perlu diingat ketika ingin membuat dan menjual suatu produk. Konsumen adalah pihak yang perlu menjadi perhatian utamamu.


Banyak pebisnis yang terlalu fokus membuat produk yang terbaik, hingga akhirnya menyepelekan hal ini. Mereka tidak meluangkan cukup banyak waktu untuk mengenal siapa pengguna dari produknya.


Pebisnis perlu mengingat bahwa pengguna dari produk tersebut bukan hanya diri sendiri. Seringkali, suatu produk dimulai dari permasalahan yang dialami oleh pebisnis itu sendiri. Namun, hal ini tentunya harus dicari tahu lebih lanjut, apakah memang banyak orang di luar sana yang merasakan hal serupa?


Selain itu, banyak pebisnis yang mencoba untuk membuat sebuah produk yang berusaha memuaskan banyak konsumen. Padahal, jauh lebih baik untuk membuat produk yang fokus ke satu segmen konsumen dahulu, baru nantinya mulai mengembangkan produk menjadi lebih banyak untuk menjangkau lebih banyak konsumen.


Coba mulai untuk mencari tahu apa kebutuhan konsumen: kebutuhan fungsional, kebutuhan emosional, dan kebutuhan sosial. Tidak hanya mencari tahu apa yang mereka butuhkan, coba cari lebih dalam lagi alasan atas kebutuhan tersebut. Pahami kekecewaan yang mereka alami, gali secara menyeluruh, dan bangun empati.


Jangan lupa untuk terus membangun hubungan dengan konsumen, ya!


2. Membuat Produk yang Tepat


Nah, jika sudah mengenali konsumen dengan baik, kamu bisa lanjut merancang produk yang tepat bagi mereka.


Kamu bisa memulai dengan membuat MVP (Minimum Viable Product), yaitu produk dengan fitur yang hanya cukup untuk menarik perhatian konsumen dengan tujuan memvalidasi ide produk.


MVP ini memungkinan kita sebagai pebisnis untuk mengumpulkan pembelajaran tervalidasi maksimum tentang pelanggan dengan mengeluarkan usaha minimum.


Artinya, kamu cukup membuat produk dengan fitur “standar” saja. Cukup untuk menarik orang-orang untuk menggunakan produk tersebut. Tidak perlu memikirkan fitur ini-itu dahulu.


Dari sana, ketika konsumen sudah mulai menggunakan produkmu, kamu bisa mendengarkan feedback yang mereka berikan. Dengarkan apa saja fitur lain yang mereka butuhkan, lalu tambahkan fitur tersebut.


Dengan demikian, usahamu bisa dibilang minimal, tetapi kamu bisa membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen nantinya.


Jangan lupa untuk mengukur minat konsumen dengan melihat siapa saja yang akan tetap menggunakan produk tersebut tanpa diberi gimmick atau promo. Dengarkan juga pendapat konsumen dengan sungguh-sungguh, ya!


Itu dia dua kunci kesuksesan bisnis yang bisa kamu terapkan ketika ingin memulai bisnis nanti! Lakukan dari yang mendasar dulu, ya.


NOTES FOR STELLARS!


Untuk Stellars yang mengikuti kompetisi bisnis Stellar Women Future Leaders Lab, jangan lupa untuk segera mengumpulkan video pitchingmu ya! Kami udah gak sabar untuk melihat ide-ide bisnis kerenmu nih!


Klik tombol di bawah untuk mengumpulkan videonya ya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!



KICK OFF Stellar Future Leaders Lab Powered by Lenovo & Intel Indonesia | #FutureLeadersLab

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

Comments


bottom of page