top of page
  • Writer's picturestellarw

Kenalan dengan Lima Perempuan Hebat yang Masuk Fortune Indonesia’s Most Powerful Women 2022

Di tengah isu bias gender, banyak sekali perempuan Indonesia yang menunjukkan eksistensinya! Banyak perempuan yang mampu menunjukkan sisi kuatnya serta berperan penting dalam berbagai isu di masyarakat.


Sumber: fortuneidn.com

Fortune Indonesia pun memilih 20 perempuan hebat di Indonesia sebagai Fortune Indonesia’s Most Powerful Women 2022. Siapa saja mereka? Yuk, kenal lebih dekat dengan 5 perempuan hebat ini!


1. Megawati Soekarnoputri

Sumber: wikipedia.org

Megawati Soekarnoputri dikenal sebagai putri sulung presiden RI pertama, yaitu Soekarno, serta merupakan presiden RI yang kelima. Megawati lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947.


Megawati menempuh pendidikan di Perguruan Cikini dari SD hingga SMA. Lalu, Megawati melanjutkan studinya di Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran, tetapi memutuskan untuk tidak menyelesaikannya.


Walaupun terlahir dari keluarga politisi, Megawati baru terjun ke dunia politik pada tahun 1987 dengan menjadi calon legislatif dari daerah pemilihan Jawa Tengah dari PDI. Sampai akhirnya, tahun 1993, Megawati terpilih menjadi Ketua Umum DPP PDI.


Pada tanggal 23 Juli 2001, Megawati terpilih menjadi Presiden RI ke-5. Saat ini, Megawati menjadi Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP.


2. Najwa Shihab

Sumber: youtube.com

Najwa Shihab dikenal sebagai jurnalis dan pembawa acara Mata Najwa. Najwa Shihab lahir pada 16 September 1977. Sejak kecil, Najwa merupakan sosok siswa yang sangat cerdas. Najwa menempuh pendidikan sarjananya di Fakultas Hukum, Universitas Indonesia.


Meskipun lulus dengan gelar Sarjana Hukum, Najwa lebih tertarik sebagai jurnalis. Kariernya dimulai dengan menjadi reporter lapangan. Setelah itu, Najwa mendapatkan banyak kesempatan lainnya, seperti menjadi news anchor, hingga akhirnya Najwa memiliki acara sendiri bernama Mata Najwa.


Mata Najwa adalah program gelar wicara dengan berbagai tokoh Indonesia. Saat ini, Najwa mendirikan Narasi, yaitu sebuah perusahan yang bergerak di bidang jurnalisme dan media massa.


3. Retno Marsudi

Sumber: liputan6.com

Retno Marsudi lahir di Semarang pada tanggal 27 November 1962. Karier Retno terus meningkat saat ia dikirim ke Belanda untuk menjadi Sekretaris Bidang Ekonomi di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag.


Retno menjadi duta besar Indonesia untuk Belanda setelah kembali ke Indonesia pada tahun 2012. Lalu, di usia 43, Retno menjadi duta besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia.


Karier diplomatnya selama kurang lebih 22 tahun membuat Retno dipilih oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Menteri Luar Negeri RI saat ini.


4. Sri Mulyani

Sumber: kemenkeu.go.id

Sri Mulyani lahir pada tanggal 26 Agustus 1962. Sri Mulyani selalu memiliki ketertarikan pada ilmu ekonomi. Ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari UI dan Master of Science of Policy Economics di University of Illinois Urbana Champaign, USA.


Dikenal sebagai pengamat ekonomi di Indonesia, Sri Mulyani adalah wanita Indonesia pertama yang menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia.


Sri Mulyani dipindahkan untuk menjadi Menteri Keuangan pada saat Presiden Susilo Bambang mengumumkan perombakan kabinet pada tanggal 2005. Lalu, Sri Mulyani menjadi Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak tahun 2008.


Saat ini, Sri Mulyani diberikan kepercayaan untuk menjadi Menteri Keuangan RI. Berkat kerja kerasnya, Sri Mulyani mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di Asia Timur dan Pasifik tahun 2020 oleh Majalah Global Markets.


5. Mari Elka Pangestu

Sumber: kompas.com

Saat ini, Mari Elka Pangestu adalah Direktur Pelaksana Bank Dunia. Mirip dengan Sri Mulyani, Mari sangat erat dengan ilmu ekonomi.


Pada tahun 1992 sampai 1998, Mari dipercaya sebagai program coordinator dalam Trade Policy Forum, di Pacific Economic Cooperation Council (PEC). Karirnya sebagai seorang ekonom pun terus meningkat.


Mari ditunjuk untuk menjadi Menteri Perdagangan RI sejak 2004 sampai 2011. Selain itu, Mari juga menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dari 2011 hingga Oktober 2014.


Lima wanita ini memiliki kisah luar biasa yang membawa mereka ke daftar Fortune Indonesia’s Most Powerful Women 2022. Wanita-wanita ini benar-benar bekerja keras untuk dirinya sendiri maupun untuk banyak orang.


Semoga kisah mereka bisa menginspirasi kamu ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!



KICK OFF Stellar Future Leaders Lab Powered by Lenovo & Intel Indonesia | #FutureLeadersLab

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

留言


bottom of page