top of page
  • Writer's picturestellarw

Kembangkan Bisnismu dengan Pendanaan dan Strategi Marketing yang Tepat!

Sebuah bisnis umumnya dimulai dari sebuah ide. Ide dari orang yang tepat dapat dikembangkan menjadi sebuah produk yang menjawab kebutuhan dari banyak orang.


Dalam proses pengembangan ide, akan ada banyak hal yang dilalui oleh pebisnis. Mulai dari mencari mentor, membangun tim, mengenali konsumen, dan langkah-langkah lainnya. Lantas, setelah itu semua dilakukan, apa langkah selanjutnya?



Untuk menjawab pertanyaan tersebut dan membantu para perempuan yang akan memulai bisnisnya, Stellar Women Future Leaders Lab mengadakan rangkaian acara. Salah satunya adalah webinar class kedua dengan tema “Raising Money for Your Startup” dan “Digital Marketing for Business Growth” bersama dengan Sherlyn Adhianni Gautama - Co-Founder & Chief Business Development Officer Astro dan Michelle Hendra - CMO at MyVenus, Content Creator, Entrepreneur.


1. Mendapatkan pendanaan


Untuk mendapatkan pendanaan, hal yang umumnya harus kamu persiapkan adalah sebuah pitch deck.


Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat untuk bisa memberikan informasi singkat tentang rencana bisnis, produk, layanan, serta perkiraan perkembangan bisnis kepada investor yang potensial.


Karena isinya yang singkat, tentu kamu cukup memasukkan informasi-informasi utama yang bersifat krusial dan dibutuhkan oleh calon investor.


Kamu bisa memuat visi dan value yang kamu tawarkan kepada konsumen, permasalahan yang dapat terselesaikan dengan adanya produk kamu, target pasar, solusi yang ditawarkan, model bisnis, perkiraan pertumbuhan bisnis, strategi penjualan dan pemasaran, anggota timmu, projeksi finansial, kompetitor, hingga jumlah uang yang kamu butuhkan dan bagaimana kamu akan menggunakan uang tersebut nantinya.


Namun, hal terpenting adalah KAMU. Pitch deck hanyalah sebuah presentasi yang dapat membantu kamu selama proses pitching. Namun, kamulah yang pada akhirnya mampu meyakinkan para calon investor.


Jangan lupa untuk fokus pada pesan yang ingin kamu sampaikan, buatlah serangkaian cerita untuk bisa membuat pendengar merasa terhubung dengan apa yang kamu katakan, tetap buat secara sederhana dan singkat, dan jangan lupa tunjukkan siapa timmu.


Selain ide bisnis yang baik, timmu juga akan berperan penting lho. Tentu, investor akan lebih tertarik ketika mereka melihat ada banyak orang berpengalaman dan kredibel di dalam bisnismu.


Pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan oleh pebisnis adalah “bagaimana caranya untuk bisa mengenal para investor?” Tidak ada jawaban yang mutlak untuk pertanyaan ini. Namun, pastikan kamu membangun hubungan yang kuat dengan banyak orang, siapa tahu, temanmu mengenal calon investor yang menjadi target kamu, kan?


Jangan lupa pula untuk mencari tahu tentang investor. Cari industri apa yang biasa mereka berikan pendanaan, seperti apa portfolionya, apakah ada perusahaan serupa yang sudah didanai oleh investor tersebut.


Jangan lupa bahwa mencari pendanaan adalah sebuah proses. Tetap sabar, persiapkan segala hal dengan baik, dan jangan mudah menyerah ya!


2. Strategi digital marketing yang tepat


Di zaman sekarang, digital marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak dipakai karena mampu untuk menjangkau banyak audiens dengan lebih mudah.


Namun, karena persaingan yang sangat kuat, tentunya dibutuhkan berbagai strategi yang tepat sasaran.


Menurut Michelle Hendra, yang biasanya dipanggil Michi, sangat penting untuk bisa membuat suatu konten yang menarik perhatian orang. Buatlah konten yang membuat penasaran orang hingga mereka akan melihat dan membacanya secara menyeluruh.


Tidak hanya itu, mengikuti tren juga tidak kalah penting. Selain mengikuti tren, kamu juga bisa membuat tren sendiri, lho! Banyak juga pebisnis yang sukses membuat tren di masyarakat.


Setiap jenis bisnis juga akan memiliki strategi digital marketing yang berbeda. Strategi yang baik untuk produk food and beverage, belum tentu baik untuk produk fashion.


Nah, pastikan juga produk kamu sudah baik ya! Strategi marketing sebaik apapun bakalan jadi sia-sia misalkan produk yang kamu jual belum seoke itu.


Semangat untuk Stellars yang sedang mengembangkan bisnisnya!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!



KICK OFF Stellar Future Leaders Lab Powered by Lenovo & Intel Indonesia | #FutureLeadersLab

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

Comments


bottom of page