top of page
  • Writer's picturestellarw

Ini Strategi Jitu Menghadapi Customer/Client yang Menawar Harga Terlalu Rendah

Berbisnis adalah aktivitas negosiasi yang gak ada habisnya. Kadang, meskipun kita sudah memberikan harga murah, customer/client masih saja menawar dengan harga yang lebih rendah lagi.


Kalau sudah begini rasanya sulit sekali yaa meyakinkan customer/client yaa. Tapi ingat! Kita sedang berbisnis untuk mencari keuntungan lho Stellars.


Jadi, jangan sampai kamu rela memberikan harga yang rendah untuk produk/jasa yang sudah kamu buat sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan customer/client. Produkmu layak untuk dihargai dengan pantas!.


So.. simak cara bernegosiasi yang baik di bawah ini agar kamu bisa menghadapi customer/client yang menawar tanpa harus menjatuhkan harga produkmu.



Cara #1: Paparkan Alasan Mengapa Produkmu Adalah Solusi Paling Tepat untuk Masalah Customer/Client


Customer tertarik dengan produkmu karena mereka ingin mencari solusi untuk masalah mereka. Untuk itu, saat bernegosiasi coba dengarkan terlebih dahulu masalah apa yang ingin dipecahkan oleh customer/client-mu.


Setelah kamu mendapatkan inti masalah mereka, kemudian paparkanlah fitur-fitur produkmu yang bisa menjadi solusi bagi masalah mereka.


Jika customer/client menawar harga, coba berikan benefit/ fitur lain yang bisa kamu tambahkan untuk mengatasi masalah mereka. Dengan begitu customer/client akan merasa produkmu semakin worth it karena mereka mendapat tambahan benefit.


Cara #2: Tawarkan Opsi Paket Lain

Tidak jarang customer/client memang memiliki budget yang pas-pasan. Tapi ini, bukan menjadi alasan untuk membanting harga produkmu atau bahkan menghentikan proses transaksi dan membiarkan customer


Solusinya adalah tawarkan opsi paket lain yang sesuai dengan budget customer/client. Dengan begitu mereka bisa membandingkan benefit dari setiap paket-paket yang kamu tawarkan kepada mereka.


Pastikan kamu memiliki minimal 3 opsi paket yang berbeda, karena konsumen umumnya akan membeli paket yang berada di posisi tengah (tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal).


Cara #3: Buatlah Customer/Client Membeli Lebih Banyak



Ketika customer atau client menawar harga yang lebih rendah, kamu boleh menyepakatinya tetapi buatlah itu seakan-akan menjadi program diskon bagi mereka.


Misal, ketika kamu menyetujui harga yang diajukan customer/client, cobalah untuk mengajukan peraturan bahwa mereka harus membeli lebih dari 1 barang. Dengan begitu, kamu pun bisa menjual barang lebih banyak sekaligus.


Cara #4: Berikan Diskon untuk Pembelian Selanjutnya

Bagi bisnis yang menyediakan jasa, tentu repeat order dari client adalah hal yang sangat dibutuhkan. Kabar baiknya, ini kamu bisa mendorong client untuk melakukan repeat order saat mereka menawar harga jasamu lho.


Misal, bujuklah client untuk membayar pembelian pertama dengan harga penuh, kemudian setujui harga yang diajukan client khusus untuk pembelian mereka yang kedua, ketiga, atau seterusnya.


Untuk mempermudahmu melakukan tracking pembelian client, kamu bisa membuatnya dalam bentuk loyalty card. Dengan begitu kamu bisa melihat pembelian manakah yang perlu mendapatkan potongan harga sesuai persetujuanmu dan client di awal pembelian.


Cara #5: Tawarkan Trial Program Bergaransi

Bila bisnismu menjual produk yang mengharuskan customer/client merogoh kocok banyak, ada baiknya kamu memberikan trial program ketika mereka mencoba menawar produkmu.


Kamu bisa memberikan trial program bergaransi, yakni customer/client hanya perlu membayar sesuai harga yang mereka tawar jika produkmu tidak memuaskan. Sebaliknya, bila produkmu memuaskan maka customer/client harus membayar harga penuh.



NOTES FOR STELLARS!


Masih banyak lagi strategi negosiasi lainnya yang bisa kamu terapkan saat berbisnis, mulai dari stategi bernegosiasi dengan customer, client, atau bahkan dengan supplier produkmu.


Kalau kamu ingin tahu lebih banyak lagi strategi-strategi bernegosiasi dalam bisnis, coba program belajar online Mastering Sales Negotiation di Stellar Women Academy!


Dalam program belajar ini, kamu akan mendapat materi video belajar yang membantu kamu mengetahui secara lengkap tentang negosiasi mulai dari:

a. Merancang penawaran

b. Cara menghadapi client/customer

c. Banding penawaran

d. Cara bernegosiasi dengan berbagai macam kebutuhan customer (complain, hard selling, soft selling, dll).


Semua yang kamu perlu tahu tentang NEGOSIASI ada dalam program belajar Mastering Sales Negotiation di Stellar Women Academy!



Harga Normal: RP. 99.000

Harga Diskon: Rp. 74.250


Pakai kode voucher: SWASALE untuk dapat diskon 25.000 rupiah!

(kode voucher valid sampai 18 Mei 2022)


TONTON VIDEO SINGKAT PROGRAM INI!


Mastering Sales Negotiation with Aliya Amitra | Stellar Women Academy


BACA JUGA:


 

Ingin mencari teman sesama entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS! kamu akan menemukan teman baru sesama entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.



Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!

Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!









Tentang Stellar Women:

Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

1,327 views0 comments
bottom of page