top of page
  • Writer's picturestellarw

Cara Efektif Membangun Komunikasi dengan Relasi Baru

Updated: Dec 3, 2021


“Your network is your net worth”

-Porter Gale –


Relasi adalah suatu hal yang penting untuk dibangun. Begitu pentingnya relasi hingga bisa dikatakan seseorang membangun kekayaan lewat relasi yang mereka miliki. Namun, membangun relasi juga tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi bila Stellars memiliki latar belakang yang berbeda dengan relasi baru tersebut.


Untuk itu, simak cara efektif membangun komunikasi yang bisa Stellars terapkan ketika bertemu relasi baru!



1. Ingatlah Nama Lawan Bicara

Mungkin kamu baru bertemu lawan bicara satu kali, tapi mengingat nama adalah suatu hal yang penting, Ladies!. Dengan mengingat nama mereka, akan terbentuk impresi bahwa kamu menaruh perhatian terhadap mereka. Mengingat nama lawan bicara juga membantu kamu untuk membangun kedekatan dengan lawan bicara, sehingga akan lebih mudah bagi kamu untuk berkomunikasi dengan mereka kedepannya.


2. Bangun Topik dengan Melibatkan Interest Lawan Bicara

Cara termudah membangun topik pembicaraan dengan lawan bicara baru adalah dengan melibatkan interest mereka. Sempatkan untuk membawa topik tersebut dalam proses komunikasi yang kamu dan lawan bicara lakukan. Komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang bisa menciptakan mutual understanding. Dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk membicarakan mengenai dirimu, bangunlah topik dengan membicarakan mengenai lawan bicaramu juga. Lalu temukanlah irisan antara interest-mu dan interest lawan bicara, sehingga akan tercipta mutual understanding.


3. Berikan Pujian

Berikanlah pujian yang sincere. Dengan memberikan pujian, kamu memberikan validasi atas pencapaian ataupun hal baik yang dimiliki oleh lawan bicaramu. Dengan begitu, lawan bicara akan memiliki mood yang bagus untuk berkomunikasi denganmu.


4. Jangan Selalu Berusaha Memenangkan Argumen

Ketika kita berdiskusi dengan relasi baru, sangat mungkin terjadi perdebatan karena adanya perbedaan perspektif. Kunci utama untuk mendapatkan relasi baru ialah dengan menghindari terjadinya perdebatan ketika kita sedang berdiskusi. Tidak semua hal perlu kita tangkis, karena bisa jadi apa yang mereka kemukakan memang benar adanya bila dilihat dari perspektif mereka. Pahami bahwa dengan menghindari perdebatan, kamu akan semakin mudah untuk membangun suasana diskusi yang harmonis. Bahkan akan lebih baik lagi bila kamu bisa melihat argumen yang mereka lontarkan dari sudut pandang mereka. Selain membantu memperlihatkan impresi yang baik, menerima argument juga membantu kamu untuk mengetahui hal baru yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya.


5. Jangan Pernah Menyatakan Bahwa Lawan Bicara Salah

Ketahuilah bahwa tidak ada salah dan benar dalam setiap argument. Apa yang kamu dan lawan bicaramu kemukakan, pastilah didasari oleh alasan tertentu. Dengan menyatakan bahwa argument lawan bicaramu salah, kamu berarti telah melukai ego mereka. Melukai ego lawan bicara akan mengakibatkan impresimu buruk di hadapan mereka. Apalah fungsinya kamu memenangkan argumen, bila akhirnya kamu hanya membuat mereka sedih karena menyatakan bahwa mereka salah? Yang perlu kamu lakukan adalah pahami alasan mereka melontarkan argumen tersebut, dan berikan penjelasan secara perlahan-lahan untuk membantu mereka melihat argumen tersebut dari sudut pandangmu.


Membangun relasi dengan orang baru tentunya akan membuka kesempatan bagi Stellars untuk mendapatkan pengetahuan dan peluang baru. Usahakan tetap menjadi diri sendiri dan jalinlah komunikasi yang baik ya!


(GG)


Comments


bottom of page