top of page
  • Writer's picturestellarw

Catat! Hindari 6 Kesalahan Fatal Sebelum Memulai Bisnis!

Siapapun bisa mulai berbisnis, tetapi belum tentu semuanya bisa mempertahankannya.


Banyak pemula yang tidak sadar melakukan kesalahan umum sehingga menghambat proses pengembangan dan parahnya sampai gulung tikar.



Yuk, kita sama-sama hindari kesalahan umum sebelum memulai bisnis!


1. Tidak ada perencanaan dan tujuan jangka panjang

Tanpa perencanaan dan tujuan, kamu akan lebih mudah merasa malas dan bosan. Kegiatan bisnis jadi berantakan dan tidak maksimal karena kamu tidak tahu apa saja yang harus dikerjakan. Hal ini pasti berakibat fatal bagi bisnismu!


2. Pengelolaan keuangan tidak baik

Manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting. Dengan ini, kamu bisa dengan mudah melihat laba, rugi, modal, dan lainnya. Pengelolaan keuangan yang baik juga membantu untuk mengambil keputusan yang lebih akurat.


3. Mengabaikan kebutuhan konsumen

Faktanya, bisnismu hadir agar produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat berguna bagi konsumen. Dalam membuat produk, jangan hanya sesuai dengan kemauanmu, tapi pertimbangkan juga konsumen!


Pastikan kamu mempunyai riset yang cukup, pahami konsumen, dan coba ikuti tren.


4. Menutup diri dari saran dan kritik

Kamu harus bisa menerima saran dan kritik karena hal ini yang membantu bisnis untuk berkembang. Menutup telinga dapat menimbulkan persepsi buruk dan angkuh bagi bisnismu.


Tetap selektif dalam mencerna saran dan kritik. Ambil yang membangun dan abaikan yang destruktif.


5. Kurang relasi dan jaringan bisnis

Kenyataannya, ketika memasuki dunia bisnis, relasi dan jaringan sangatlah penting. Memiliki jaringan dan relasi yang luas akan membantu bisnismu dikenal oleh banyak orang.


6. Fokus hanya pada keuntungan

Banyak bisnis pemula yang cenderung hanya ingin cepat sukses dan untung. Hal ini menimbulkan kurangnya fokus dan mengabaikan hal lain yang malah memperburuk bisnisnya.


Misalnya, hanya mempekerjakan sedikit orang padahal tugasnya banyak, menaikkan harga melebihi harga pasaran, dan lainnya.


Jangan sampai melakukan kesalahan-kesalahan ini lagi ya, Stellars!


---------------------------------

Hi, do you want to untangle your career challenges and keep climbing the ladder to rise your potential? Stellar Women and TRESemmé can support your journey! Join us on Women Rise! Let's learn from and connect with others to support you to revive your energy and your motivation to live your best life.




NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

POWER UP WOMEN SUMMIT 2022 Powered by L’Oréal Paris | Stellar Women #PowerUp

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



50 views0 comments
bottom of page