top of page
  • Writer's picturestellarw

7 Tipe Riset Yang Wajib Kamu Lakukan Untuk Memulai Bisnis




Hai Stellars! Buat kamu yang sudah memiliki bisnis atau akan memulai bisnis, apakah kamu sudah melakukan beberapa riset untuk bisnismu? Sebuah riset dalam membangun bisnis merupakan hal yang penting sebagai dasar kamu melakukan berbagai strategi bisnismu. Dengan riset yang baik, kita dapat menyelesaikan beberapa masalah, seperti:


  • Kompetisi yang tinggi

  • Identitas brand

  • Ketidakpastian pasar

  • Penentuan harga

  • Pengembangan produk

Dalam Stellar Learning Events yang dilaksanakan pada 26 September 2023 lalu, Kiki Rizki Amalia, Co-Founder Firstat Indonesia berbagi mengenai 7 tipe riset yang akan berguna bagi bisnis kamu.


1. Consumer Decision Journey


Consumer decision journey adalah proses perjalanan pelanggan untuk memutuskan membeli suatu produk. Riset ini sangat penting bagi sales, marketing dan strategi customer experience. Pelanggan biasanya melihat sebuah iklan, kemudian merasakan kesamaan value terhadap produk maupun brand, melihat tampilan produk, dan melakukan tes produk sebelum membeli suatu produk.


2. Pricing


Riset harga, akan membantu kamu menemukan elastisitas harga suatu produk berdasarkan segmen pelanggan dan serangkaian fitur. Riset harga penting dilakukan untuk memutuskan harga produk baru maupun mengoptimalkan harga produk yang sudah ada. Faktor yang mempengaruhi dalam menentukan harga adalah biaya produksi, customer value, margin, shared value, dan pendekatan yang dilakukan.


3. Competitive Analysis


Analisis kompetitor adalah proses mengidentifikasi pesaing yang ada dalam industri yang sama dan meneliti berbagai strategi pemasaran mereka. Kamu bisa melakukan riset ini untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan kamu dibandingkan dengan pesaingmu. Perbandingan yang bisa menjadi pertimbangan bermacam-macam sesuai dengan tujuan riset. Umumnya, perbandingan terletak pada jenis produk, harga, cara promosi, dan lokasi. Kamu juga bisa menggunakan metode SWOT untuk membandingkan bisnismu dengan kompetitor.


4. Brand Awareness


Brand awareness adalah seberapa familiar produkmu di masyarakat. Riset brand awareness bisa kita dapatkan melalui survei pelanggan. Survei bisa dilakukan melalui ads media sosial, website bisnis, maupun dengan kertas kuesioner. Setelah kamu melakukan riset brand awareness, kamu bisa mengetahui brand positioning bisnis dan memikirkan strategi untuk langkah berikutnya.


5. Marketing Message Testing


Setiap bisnis, memiliki pesan yang ingin disampaikan melalui produknya. Ketersampaian pesan ini penting agar pelanggan dapat menemukan kesamaan value dan dapat menjadi customer yang loyal. Untuk memastikan pesan brand dan metode penyampaian efektif, kamu bisa menanyakan kepada pelanggan apakah mereka pesan apa yang didapatkan dari tampilan produk, iklan, dan komponen lainnya, serta bagaimana pesan tersebut dapat memotivasi pelanggan untuk berperilaku.


6. Market Segmentation


Segmentasi pasar dibagi menjadi empat yaitu demografi, geografi, perilaku, dan psikografi. Meneliti segmentasi pasar itu penting, karena memberikan data berharga mengenai demografi, kebutuhan, nilai, sikap, dan perilaku pelanggan. Saat Anda menentukan kelompok sasaran dengan lebih baik, Anda dapat mengembangkan lebih lanjut strategi pemasaran Anda.


7. Product Development


Riset pengembangan produk adalah proses membuat, mengembangkan, dan menjual suatu produk. Ini mencakup langkah-langkah penting riset pasar, riset pengguna, dan juga membuat rencana pemasaran untuk memasarkan produk ke prospek. Perkembangan tidak dapat terjadi tanpa adanya riset. Ini adalah proses penting yang mengarahkan pengembangan suatu produk. Ini membantu kamu mengidentifikasi, memahami, dan menganalisis kebutuhan konsumen. Ini mencakup proses pengujian konsep, pengujian loyalitas, dan banyak pengujian lainnya yang memvalidasi produk.



Buat Stellars yang sedang membangun bisnis maupun yang merencanakan membangun bisnis, jangan sampai ketinggalan Stellar Learning Events berikutnya yang akan membahas mengenai topik-topik menarik terkait pengembangan diri maupun bisnis. Nantikan events selanjutnya di sosial media dan website Stellar Women ya.


Kamu juga bisa bergabung dengan Stellar Membership untuk mendapatkan info terupdate mengenai berbagai event Stellar Women, dan mendapatkan berbagai benefit member lainnya. Yuk daftarkan dirimu di https://www.stellarw.com/community sekarang!




BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

RAHASIA SUKSES PEMIMPIN HEBAT: KENALI VISI MISI ANGGOTA TIM!| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





37 views0 comments
bottom of page