top of page
  • Writer's picturestellarw

Komunikasi Antar Generasi, Kunci Sukses Berkarir



Sumber: www.freepik.com

Communication – the human connection – is the key to personal and career success.

Paul J. Meyer




Komunikasi adalah kunci kesuksesan. Terutama bagi Stellars yang bekerja maupun memiliki bisnis, komunikasi dengan rekan kerja, komunikasi di lingkungan kerja adalah hal yang esensial. Di dunia profesional, kita akan bertemu dengan berbagai orang dari berbagai generasi. Menjaga komunikasi dengan berbagai orang yang berbeda generasi, menjadi tantangan tersendiri dan membutuhkan usaha lebih dari kita.


Setiap generasi, memiliki karakteristik masing-masing yang terbentuk karena pengalaman dan lingkungan sosial ketika mereka lahir. Antargenerasi dapat memiliki pandangan yang berbeda dan value yang berbeda. Sebelum mengetahui cara berkomunikasinya, mari kita kenalan dulu dengan karakteristik komunikasi setiap generasi.


Baby Boomers (Lahir tahun 1946-1964)


Generasi ini tumbuh sebelum teknologi memasuki kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, komunikasi yang mengandalkan teknologi belum terlalu familiar bagi generasi ini. Mereka akan lebih nyaman dengan komunikasi tatap muka. Secara karakteristik, generasi ini biasanya lebih tegas dan menggunakan heirarki yang cukup ketat. Mereka cenderung mengharapkan kesetiaan, rasa hormat, dan kepatuhan ketika berelasi.


Generasi X (Lahir tahun 1965-1979)


Tidak bisa dikatakan sebagai digital natives, namun generasi X adalah generasi pertama yang bersentuhan dengan komunikasi digital dalam dunia kerja. Mereka masuk dunia kerja dengan penggunaan e-mail dan telepon di awal perkembangannya. Saat ini, generasi X biasanya sudah memasuki peran yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Mereka juga cenderung bertahan cukup lama di sebuah perusahaan dan mampu mengambil beban kerja yang lebih berat.


Millenials (Lahir tahun 1980-1994)


Generasi Y atau familiar disebut juga generasi Millenials merupakan generasi pertama yang bisa dikatakan sebagai digital natives. Hal ini dikarenakan, mereka tumbuh dengan pengaruh teknologi yang cukup besar. Generasi ini lebih memilih teknologi mobile yang memfasilitasi kolaborasi dan teamwork. Mereka lebih memilih berkomunikasi dengan pesan di ponsel karena mereka dapat mengirim dan menerima pesan singkat yang to the point.


Generation Z (Lahir tahun 1995-2009)


Saat ini, generasi Z baru mulai memasuki dunia kerja. Layaknya Millenials, generasi Z tumbuh bersama dengan perkembangan teknologi dangan akses internet yang jauh lebih mudah di usia yang cukup muda. Namun, mereka tidak pernah mengenal dunia tanpa teknologi sebelum smartphones berjaya. Maka, mereka mengharapkan komunikasi antar generasi dapat dilakukan dengan instan dan memanfaatkan teknologi. Mereka memilih komunikasi text-based dan mereka juga mengharapkan respon yang cepat dari pesan mereka.


Berkomunikasi Antar Generasi


Memahami bagaimana setiap generasi bekerja bersamaan dengan teknologi, akan membantu kamu memutuskan cara berkomunikasi yang tepat dengan mereka. Berikut adalah hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan komunikasi antar generasi di tempat kerja:


1. Set ekspektasi berdasarkan budaya perusahaan

2. Gunakan tipe komunikasi yang berbeda

3. Personalisasikan pendekatan kamu

4. Memahami adanya perbedaan values dan motivasi

5. Daripada berasumsi sendiri, lebih baik tanyakan secara langsung

6. Hilangkan hambatan dalam berkomunikasi

7. Memiliki keinginan untuk belajar dan mengajarkan

8. Mengakui perbedaan yang ada


Komunikasi yang efektif sangat penting tidak hanya untuk pekerjaan, tapi untuk kehidupan sehari-harimu. Meskipun setiap generasi memiliki metode komunikasi yang berbeda-beda, bukan berarti komunikasi antar generasi akan menjadi tidak efektif. Dengan sedikit usaha tambahan, kamu akan mampu mengurangi kemungkinan adanya masalah komunikasi yang lebih besar.


Cari tahu lebih jauh mengenai cara berkomunikasi efektif antar generasi di kantor dengan mengikuti Stellar Learning Events yang akan membahas topik Jadi Pemimpin Hebat dengan Komunikasi Efektif di Kantor bersama dengan Putri Dwiandari, Co-Founder I-AM-JAGO Public Speaking Center, Certified Public Speaker.


Kelas ini, akan membahas mengenai skill komunikasi efektif bagi women leaders, cara melatih skill komunikasi, berkomunikasi antar generasi, dan tips berkomunikasi dengan klien, atasan dan anggota tim. Segera daftarkan dirimu sekarang juga di https://bit.ly/sle20sept. See you there, Stellars!









BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

STELLAR X PINHOME: WOMEN & WEALTH AND FINANCIAL INDEPENDENCE| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





24 views0 comments

Comentarios


bottom of page