top of page
  • Writer's picturestellarw

Cara Membangun Personal Branding Otentik Mudah Diingat Kustomer

Masih ingat seorang magician asal Indonesia yang terkenal karena tidak pernah berbicara? Yup namanya Limbad!


Mungkin kamu tidak menyadari bahwa yang dilakukan Limbad adalah sebuah bentuk personal branding. Ternyata, dengan personal branding misterius dan tidak pernah, terbukti Limbad semakin populer dikenal banyak orang dibanding Magician lainnya.


Pastinya karena semakin terkenal, Limbad pun bisa mendapat tawaran pekerjaan yang lebih banyak sebagai entertainer dan magician.


Nah begitu pun dengan dirimu! Mungkin saat ini kamu memiliki skill atau keahlian yang bisa kamu jual sebagai produk bisnis. Tapi, nyatanya banyak orang yang memiliki skill sama sepertimu.


Lalu, apa yang bisa membuat dirimu terlihat lebih menarik dibanding orang lain yang memiliki skill sama sepertimu? Jawabannya personal branding!


Yuk baca artikel ini sampai habis untuk belajar materi mengenai Personal Branding dari Dinda Pupspitasari (Ilustrator & Entrepreneur) yang dibawakan dalam kelas Stellar Power Accelerator powered by Loreal Paris.



Setiap individu yang menjual jasa, tentu berusaha untuk membuat personal branding yang mengesankan agar bisa menarik banyak calon customer. Personal branding yang menarik di mata konsumen, adalah personal branding yang otentik.


Lalu bagaimana cara menciptakan personal branding yang otentik dan bisa menjadi ciri khas dirimu? Berikut caranya!



CARA MENCIPTAKAN PERSONAL BRANDING OTENTIK

Start with a story

Semua hal yang akan kamu sampaikan kepada audiens haruslah mengandung sebuah cerita. Simplenya, selalu gunakan metode storytelling!


Mengapa story telling? Karena dengan story telling, audiens akan lebih mudah memahami pesan yang kamu sampaikan.


Biasakan untuk menulis caption dalam setiap foto yang kamu unggah di media sosial. Buatlah caption tersebut seperti seolah-olah kamu sedang bercerita. Sehingga, audiens akan terbawa dengan apa yang kamu tulis, dan akan lebih merasa dekat dengan branding yang kamu ciptakan


Honor the past

Setiap orang pasti memiliki masa lalu yang berbeda. Nah! Ini akan menjadi personal branding yang bisa membedakanmu dengan para penyedia jasa lainnya. Sebagai contoh: Selena Gomez adalah penyanyi yang mengawali karirnya sebagai aktris.


Tentu dia memiliki personal branding yang berbeda dengan Taylor Swift sebagai penyanyi tanpa latar belakang di dunia aktris.


So, tunjukan masa lalumu sebagai bagian dari personal branding. Dengan begitu, kamu bisa membangun personal branding yang otentik.


Share your brand personality

Hal yang membuat sebuah brand mampu dikenal banyak orang ialah adanya karakteristik atau personaliti yang dimiliki brand tersebut.


Semakin unik karakteristiknya, maka akan semakin cepat personal brandmu untuk stand out dibanding brand-brand lain.


Kamu bisa menunjukan karakteristik tersebut melalui color palette yang dipilih, postingan media sosial, logo, maupun narasi penulisan.


Be part of your community

Bergabunglah dengan komunitas yang memiliki value sama denganmu. Adanya komunitas ini akan mempercepat progressmu. Mengapa? karena dengan mereka kamu bisa bertukar ilmu, mendapatkan insight-insight baru, bahkan kesempatan kerjasama.


Be Honest

Buatlah personal branding yang jujur tidak dibuat-buat. Ini dikarenakan orang-orang akan akan lebih muda relate dengan cerita yang jujur.


Selain itu, dengan menampilkan personal branding sejujur mungkin, kamu akan mendapatkan respect yang lebih tinggi dari publik.



CARA MEMBANGUN IDENTITAS PERSONAL BRAND YANG KUAT.

Setelah memiliki konsep personal brand yang otentik, lanjutkan dengan membangun identitas personal brandmu. Berikut caranya.

1. Lakukan audit brand secara menyeluruh.

Konsumen pasti memiliki top of mind brand untuk setiap hal. Misal, ketika ditanya mengenai beauty influencer ternama, banyak wanita akan menyebutkan nama Tasya Farasya.


Nah, untuk mengetahui posisi brandmu di mata masyarakat saat ini, lakukanlah brand audit. Brand audit dapat dilakukan ketika:

  • Terjadi penurunan followers atau tingkat penjualan

  • Engagement menurun

  • Kurang yakin dengan offering yang bisa diberikan brandmu saat ini

  • Ingin mengembangkan rencana branding baru

2. Bangun unique value proposition

Sebuah brand dikenal masyarakat bukan hanya karena keunggulannya saja, tapi juga karena keunikan yang dimilikinya. Bila kamu sedang membangun personal branding, cari tahu apa keunikan yang bisa kamu tawarkan kepada publik dan tidak dimiliki oleh orang-orang lain.


Contoh: SIA adalah penyanyi wanita asal Amerika Serikat, dia memiliki suara merdu sama seperti penyanyi lainnya. Namun ada nilai unik yang dimiliki SIA, ialah dia tidak pernah menunjukan mukanya ke hadapan publik. Sehingga publik sangat penasaran dengan SIA yang terkesan misterius. Inilah identitas branding yang diciptakan SIA.


3. Kembangkan Elemen Kreatif Personal Brandmu

Ada banyak elemen yang bisa kamu buat untuk mendukung personal brandmu. Contohnya ketika kamu sedang membangun personal brand di media sosial, cobalah menggunakan profile picture yang bisa menjadi ciri khasmu.


Gunakan foto-foto highlight yang kreatif. Tone caption yang catchy, dan gunakanlah warna, filter foto, atau layout feeds yang mencerminkan personal brandmu.


Ini semua akan menjadi ciri khas yang mengingatkan publik kepada dirimu. Misal: sebagai ilustrator, kamu bisa menentukan 3 warna utama yang selalu ada di dalam ilustrasi-ilustrasi yang kamu buat.


4. Terapkan strategi untuk mengembangkan identitas brand

Setelah identitas brandmu terkonsep dengan sempurna, terapkanlah strategi untuk memastikan identitas brand tersebut semakin kuat.


Misal, sebagai beauty influencer yang mendukung produk lokal, coba terapkan strategi partnership: hanya menerima kerjasama dengan kosmetik-kosmetik lokal.


5. Analisis dan sempurnakan identitas brandmu

Tanamkan bahwa kamu harus memiliki self-awareness yang tinggi. Mengapa? Karena dengan self-awareness yang tinggi, kamu bisa tahu ketika ada yang tidak beres atau ada yang perlu diimprove dalam brandmu.



GUNAKAN BANTUAN PR (PUBLIC RELATION)

Saat membangun branding, terkadang kita merasa kesulitan. Nah, saat itu terjadi, gunakalah bantuan PR (public relation). PR adalah divisi yang bisa membantu kita menyampaikan pesan branding kepada khalayak ramai.


Ada banyak agensi PR yang bisa kamu pilih, atau kamu juga bisa membuat tim PR sendiri yang direkrut secara organik lho. Namun, bila kamu memiliki budget untuk itu semua, jadilah PR sendiri. Berikut caranya!


1. Reach out to the community

Pertama, dekati komunitas yang memiliki value sama denganmu. Dari sana kamu bisa mendapat saran, feedback, dan insight-insight baru


2. Donate to a charity that you support

Kebaikan akan memberikan efek snowballing, semakin banyak kebaikan yang kamu sebar, maka reputasi branding personalmu akan semakin baik. So be kind to others!


3. Hire a diverse workforce

Rekrutlah orang-orang dari berbagai latar belakang. Mempunyai tim yang inklusif adalah hal yang sangat baik, apalag di tengah maraknya isu rasisme saat ini. Dengan menjadikan tim brandingmu se-inklusif mungkin, kamu akan mendapatkan reputasi yang baik.


4. Reward your employees appropriately.

Mereka adalah orang-orang yang membantumu. So treat them well! Apalagi bila timmu masih dikategorikan sebagai growing team yang akan membutuhkan lebih banyak orang di kemudian hari. Maka impresi timmu akan sangat berpengaruh pada reputasimu. Karyawan yang puas, akan menyatakan kebahagian mereka kepada teman-temannya


5. Connect with the public on social sites.

Semakin sering kamu berkoneksi dengan publik di media sosial, maka akan semakin banyak yang mengenali dirimu. So make sure kamu meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan followers-followersmu


6. Talk about your company through the media

Media massa adalah sumber informasi masyarakat. Dengan mengkomunikasikan brandmu melalui media massa, kamu akan memiliki akses yang luas dan bisa menyampaikan pesanmu ke banyak orang di waktu yang bersamaan.


7. Highlight any awards you’ve won or recognition earned

Prestasi adalah jalur lain yang bisa kamu coba untuk menonjolkan dirimu. So, jangan ragu untuk menunjukan prestasimu.



Ingin belajar materi lainnya? Ikuti Stellar Power Accelerator powered by L’Oréal Paris


Kamu bisa belajar SEMUA HAL TENTANG BISNIS. Mulai dari mengembangkan produk, marketing, keuangan, hingga leadership.

EKSKLUSIF HARGA SPESIAL

RP. 85.000/kelas

Dapatkan harga spesial ini di

KLIK TOMBOL DI BAWAH

 

Kenalan dengan Lecturer Materi ini yuk!

Dinda Puspitasari adalah seorang ilustrator di dunia fashion Indonesia. Ia memiliki ciri khas menciptakan karya-karya ilustrasi yang mengandung pesan self-love dan kindness.


Dengan personal branding tersebut, Dinda telah dipercaya sebagai ilustrator ternama dan telah banyak dipercaya untuk menciptakan karya berupa fashion sketches dan doodles. Kamu bisa menikmati karya-karya Dinda melalui instagram @dindapuspitasari.studio


(GG)

479 views0 comments

Comments


bottom of page