top of page
  • Writer's picturestellarw

Wajib Tahu! Belajar Cara Mudah Membangun Personal Branding dari Masterclass on Personal Branding

Istilah personal branding pasti sudah tidak asing lagi di telingamu. Personal branding adalah cara atau strategi dalam membangun dan mempromosikan citra diri kamu di hadapan orang lain.


Nah, personal branding ini bisa membuat kamu stand-out di antara banyak orang. Tidak hanya bermanfaat untuk dirimu sendiri, ternyata personal branding juga bermanfaat sekali untuk bisnismu!


Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah…


“Bagaimana cara yang tepat untuk mulai membangun personal branding?”


Untuk menjawab pertanyaanmu, Stellar Women dan Sequoia Spark mengadakan Learning Event: Personal Branding 101 for Female Founders!


Acara ini merupakan kolaborasi antara Stellar Women dengan Sequoia Spark sebagai wadah para female founders bisa berjejaring dan meningkatkan pengetahuannya terkait dengan personal branding. Acara ini dihadiri oleh 120+ female founders dari seluruh Indonesia dengan beragam macam bisnis. Harapannya, melalui acara ini, female founders tidak hanya membangun networking, tetapi juga bisa menjadi support system satu sama lainnya seperti harapan komunitas Stellar Women.



Ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mulai membangun personal branding-mu!


1. Kenali dirimu

Sebelum memulai untuk membangun brand-mu, pastikan kamu sudah mengenal dirimu dengan baik. Dengan memahami dan melihat ke dalam dirimu, siapa dirimu yang sebenarnya, kamu akan lebih mudah untuk membangun personal branding-mu nantinya.


2. Ketahui perjalanan yang harus kamu lalui saat membangun personal branding

Personal branding adalah sebuah proses yang panjang. Ada banyak langkah yang harus kamu lalui sebelum pada akhirnya dapat membuat personal branding yang baik dan tepat.


Menurut Gayatri Yadav, CMO of Sequoia India & SEA, ada empat tahapan yang akan kamu lalui saat membangun personal branding, yaitu:

- Baseline your brand: Di mana kamu saat ini?

- Defining your brand: Kamu ingin dikenal karena apa?

- Expressing your brand: Bagaimana cara kamu untuk mewujudkannya?

- Reinventing your brand: Mengembangkan dirimu dan brand-mu.


3. Bangunlah ceritamu sendiri

Personal branding adalah tentang cara kamu bisa menonjol di antara banyak orang, bukan tentang cara kamu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.


Oleh karena itu, coba bangun cerita apa yang kiranya dapat membuat kamu berbeda dan menonjol daripada orang lain.


Mungkin, ada suatu hal yang terjadi pada masa lalu yang membuatmu dapat berdiri seperti sekarang. Mungkin juga, ada sebuah tujuan besar yang ingin kamu wujudkan ke depannya.


Setelah mengetahuinya, coba bangun cerita itu dan sampaikan kepada orang-orang di luar sana.


4. Tunjukkan kredibilitasmu

Nah, ketika nantinya kamu ingin membagikan cerita atau pengalamanmu kepada banyak orang, selalu tunjukkan bahwa kamu memiliki kredibilitas untuk melakukan itu.


Misalnya, kamu ingin melakukan sharing tentang tips berbisnis, coba tunjukkan bahwa kamu juga sedang membangun bisnis atau mungkin kamu pernah sekolah bisnis sebelumnya.


5. Tambahkan value

Kembali lagi ke definisi awal bahwa personal branding itu tentang bagaimana kamu bisa menonjol di antara banyak orang. Di antara ribuan pebisnis, influencer, dan lainnya, bagaimana kamu bisa menonjol dan membuat orang mengingatmu?


Salah satu yang dapat kamu lakukan adalah dengan memberi value tambahan dari apa yang kamu sampaikan. Tambahkan pengalaman pribadi, pengalaman gagal, perjuanganmu, dan berikan usaha sepenuhnya untuk menunjukkan siapa kamu lewat media sosial.


6. Mulai untuk tunjukkan dirimu lewat media sosial

Kalau sudah cukup mengenal dirimu dan tahu bagaimana kamu ingin membawakan dirimu di media sosial, ini waktu yang tepat bagi kamu untuk memulai!


Coba pilih salah satu platform media sosial yang paling cocok untukmu dan mulai untuk membuat konten yang menunjukkan siapa dirimu. Jangan lupa untuk tetap konsisten ya!


Ternyata, membangun personal branding tidak sesulit itu bukan? Yuk, segera bangun personal branding-mu dari sekarang!


Selain itu, cek juga Founder Starter Park dari Sequoia, yuk! Akan sangat membantu kamu yang hendak membangun sebuah bisnis, lho, mulai dari bahasan terkait vision, product, business, dan lainnya. Download di sini!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Emang Bisa Tetap Relevan tanpa Mengubah Value? Belajar dari Head of Content Narasi | #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

Comments


bottom of page