top of page
  • Writer's picturestellarw

Trik Personal Branding Founder Bisnis di Linkedin Agar Mudah Menarik Investor

Updated: May 22, 2022

Stellars! Siapa disini yang sedang merintis bisnis sendiri atau bahkan sedang menjadi CEO dari start-up yang kamu bangun?


Sudah bukan rahasia lagi nih bahwa bisnis yang baru dirintis maupun early age startup sangat membutuhkan pendanaan bisnis yang banyak.


Untuk itu kamu harus sigap melihat kesempatan untuk mencari pendanaan dari para angel investor atau venture capital.


Nah, saat mencari investor kamu bukan hanya butuh pitch deck yang menarik, tetapi juga perlu memiliki background yang bagus untuk membangun kepercayaan para investor.


Kabar baiknya, kamu bisa membangun branding diri di Linkedin agar para investor percaya untuk mendanaai bisnismu.


Berikut trik personal branding di LinkedIn yang bisa kamu terapkan sebagai founder bisnis agar mudah menarik investor!



1. Lengkapi Headline Profile dengan identitas profesional & bisnis


Saat kita mencari seseorang di LinkedIn, alogritma akan menyesuaikan keyword pencarian dengan profil yang dicari.


Disinilah saat yang tepat untuk menuliskan identitas bisnismu di headline profile. Kamu bisa menuliskan jabatan/posisimu + nama bisnis.


Selain itu untuk menambah kredibilitasmu, kamu juga bisa menuliskan jabatanmu di perusahaan yang sebelumnya (terutama bila itu perusahaan ternama), atau juga ditambahkan dengan alamatermu.


Contoh:

Founder of DanaBisnis | Ex-PwC Indonesia | MBA ITB Graduate


2. Maksimalkan kolom About Me dengan deskripsi diri dan bisnis


Copywriting can be applied on everything including personal branding! Di bagian kolom About me, kamu bisa menuliskan deskripsi singkat diri, kalimat call to action, dan fokus bisnismu di bagian kolom About Me.


Pastikan juga kamu menuliskan lamanya pengalamanmu bergelut di industri bisnismu. Ini untuk semakin meyakinkan para investor bahwa kamu adalah founder yang professional di bidangnya.


Contoh:

For more than 8 years, I have been solving different problems from marketing, sales, business, and finance for many clients. From startup, corporation, banking, government, to multinational companies. By now ,building and growing DanaBisnis in providing high-impact products which can serve all financial needs for entrepreneurs and deliver a high-quality service as a one stop solution financial platform for entrepreneurs..


Join aboard our rocket ship to build more #PenDANABISNIS in Indonesia.


Connect and message me on LinkedIn!


3. Lampirkan link artikel atau portofolio perkembangan bisnis di kolom Feature


Bagi kamu yang sudah mulai mempublikasikan bisnismu di hadapan media, kamu bisa mulai memasukkan link-link artikel tersebut di kolom Feature pada page LinkedIn-mu.


Kamu juga bisa menampilkan press release bisnismu, serta menampilkan portofolio perkembangan bisnismu.


Semakin banyak konten positif yang kamu bagikan dalam feature tersebut, maka akan semakin besar juga kredibilitasmu di mata para calon investor.


4. Rutin posting materi yang sesuai industri bisnismu

Sebagai seorang founder, kamu adalah orang yang paling berpengalaman dan paling mengerti mengenai industri bisnismu. Lalu, mengapa tidak kamu bagikan pengetahuanmu kepada followers?


Ini akan membantu untuk menaikan personal brandingmu sebagai founder yang paham mengenai industri saat ini.


Selain itu, cobalah untuk membahas mengenai masalah dan isu sosial yang ada saat ini. Dengan begitu para calon investor bisa melihat bahwa kamu adalah founder yang up to date dengan perkembangan sekitar.\


Tapi.. pastikan kamu memaparkan pendapatan secara objektif dan netral yaa, karena terkadang para calon investor juga memiliki pandangan politik tertentu.


Jangan sampai pendapatmu mengahalangi niat mereka untuk memberikan pendanaan karena kamu dinilai memiliki pandangan politik yang bersebrangan dengan mereka. (GG)



NOTES FOR STELLARS!

Ingin mencari teman sesama entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS! kamu akan menemukan teman baru sesama entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.



Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!

Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!


BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


Mau Bisnis Atau Mau Eksis? Personal Branding vs. Your Business | #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:

Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

61 views0 comments

Comments


bottom of page