top of page
  • Writer's picturestellarw

Tips Agar Working Mom Mudah Membagi Pekerjaan Rumah Tangga dengan Pasangan

Sebagian orang mungkin masih menganggap pekerjaan rumah tangga adalah pekerjaan yang harus dikerjakan oleh perempuan.


Pada kenyataannya, pekerjaan rumah tangga bisa dikerjakan oleh siapa saja termasuk oleh suami. Begitu pun dengan kewajiban mencari nafkah yang kini tidak lagi menjadi beban suami seluruhnya.


Namun, bila istri dan suami sama-sama bekerja, bisa jadi pekerjaan rumah tangga menjadi terbengkalai, apalagi bila tidak ada asisten rumah tangga yang membantu mengerjakan hal tersebut.


Untuk itu diperlukan pembagian pekerjaan rumah tangga dengan pasangan secara adil. Lalu bagaimana cara mudah membagi peran rumah tangga dengan pasangan? Simak tipsnya berikut ini yaa. Silakan scroll ke bawah!



1. Diskusikan Jenis Pembagian Peran yang Cocok

Dalam rumah tangga, ada 2 jenis pembagian peran rumah tangga:


a. Pembagian Tradisional

Dalam jenis pembagian ini fokus dan tugas utama suami adalah bekerja dan mencari nafakah untuk keluarga, sedangkan fokus dan tugas utama dari istri adalah mengurus segala urusan rumah tangga termasuk pengasuhan anak


b. Pembagian Egaliter

Dalam jenis pembagian ini, pembagian pekerjaan rumah tangga tugasnya fleksibel. Suami dan istri bebas menentukan pembagian peran sesuai kesepakatan mereka.


Masing-masing dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi kamu yang masih menganut pembagian tradisional, ada baiknya mulai melibatkan ART untuk membantu pekerjaan rumahmu


2. “I’m Preparing and You’ll Do The Rest”

Bila kamu dan pasangan kesulitan memilih pekerjaan rumah tangga mana yang lebih cocok kalian kerjakan, bagaimana jika mengubah tata cara pengerjaannya dalam dua bagian, yakni preparing dan closing.


Sebagai contoh, jika kamu memegang peran memasak, maka kamu memegang bagian prepare. Langkah selanjutnya, pasangan bisa mengerjakan bagian closing seperti mencuci piring ataupun membereskan peralatan masak.


3. Libatkan Sanak Keluarga untuk Mensupervisi

Menggunakan jasa baby sitter bukanlah pilihan yang buruk ataupun salah. Selama kamu dan pasangan bisa memilih orang yang tepat untuk menjaga anakmu, maka itu adalah hal yang oke untuk dilakukan.


Namun, bila kamu masih merasa khawatir bila harus melimpahkan tugas pekerjaan rumah tangga mengasuh anak kepada orang lain yang tidak dikenal, maka libatkanlah sanak keluarga sebagai orang yang akan mensupervisi kinerja baby sitter di rumah.


Kamu bisa meminta orang tua, mertua, tante, adik, atau kakak untuk membantu mensupervisi kegiatan baby sitter saat sedang mengasuh anakmu.


4. Beli Makanan dari Luar/Order Catering Harian

Faktanya memasak memang membutuhkan waktu yang lama, terlebih lagi apabila kamu harus bekerja pagi dan selalu pulang sore ke rumah. Rasanya tidak ada waktu untuk memasak bukan?


Inilah saat dimana kamu memerlukan opsi lain selain memasak untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga. Beberapa opsinya kamu bisa mencoba membeli makanan dari luar/order catering harian terutama untuk waktu urgen seperti sarapan.


5. Cleaning Day every Wednesday & Saturday!

Memulai sesuatu yang baik tentu harus dilakukan secara rutin. Bila pasangan masih sullit diajak untuk berkompromi berbagi peran rumah tangga setiap hari, ini saatnya kamu membuat jadwal khusus untuk membersihkan rumah.


Kamu bisa menerapkan jadwal bersih-bersih bergantian dengan pasangan. Misal, pasangan diharuskan membersihkan rumah setiap hari rabu, sedangkan kamu di hari sabtu.


Dengan begitu kalian berdua tidak akan terasa terbebani untuk membereskan pekerjaan rumah tangga setiap hari.


6. Delegasikan pada Mesin dan Gadget

Mungkin saja kamu dan pasangan memiliki niat yang besar untuk berbagi peran pekerjaan rumah tangga. Tapi ternyata hal yang menjadi kendala adalah energi yang terlanjur terkuras habis setelah pulang kerja.


Akibatnya pekerjaan rumah tangag tetap terbengkalai bukan? Nah inilah saatnya kamu mulai menerapkan solusi untuk menggunakan mesin maupun gadget yang bisa membantu hal tersebut.


Cobalah untuk mulai menginvestasikan anggaran rumah tangga untuk mesin maupun gadget yang bisa membantu pekerjaan rumah tangga lebih cepat, seperti dishwasher otomatis, robot vacuum cleaner, ataupun mesin cuci yang lebih praktis.


Dengan begitu kamu dan pasangan bisa tetap mengerjakan pekerjaan rumah tangga tanpa perlu menguras banyak tenaga.



NOTES FOR STELLARS!


Itu dia Stellars yang bisa kamu terapkan untuk membantu pekerjaan rumah tangga lebih mudah terselesaikan dengan pasangan.


Beberapa hal mungkin memang membutuhkan dana yang lumayan besar untuk merealisasikannya, namun bila hal tersebut dapat berdampak baik dan bermanfaat untuk jangka waktu panjang tidak ada salahnya kok!


Langkah selanjutnya adalah kamu bisa mencoba menambah pendapatan dengan berbisnis! Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!

Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!


BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


Pandemi Makin Naik, School from Home Mau Sampai Kapan? | #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

103 views0 comments

Comments


bottom of page