top of page
  • Writer's picturestellarw

Three-sixty Friend, Apa sih? Kenapa Susah Carinya di Umur yang Makin Tua?

Kali ini kita akan membahas tentang podcast MTF terbaru oleh Samira Shihab dan Aliya Amitra tentang pertemanan three-sixty mereka.


Eh.. three-sixty apaan sih?


Kenapa bisa susah nyari temen three-sixty di umur yang semakin tua? Emang bener sirkel pertemanan kamu semakin tua makin kecil?


Yuk, simak obrolan Samira dan Aliya!



Samira dan Aliya menjelaskan “Three-sixty Friend” adalah tipe teman yang kamu enjoy bareng, ngebahas apa pun bareng tanpa takut kamu kelihatan bodoh. Intinya, seorang temen yang nyaman buat kamu apa pun itu keadaannya.


Nah, di umur yang semakin tua, emangnya bener makin susah cari temen yang “klop” atau sefrekuensi?


It is. It is harder and inevitable. Meskipun bagi semua orang pasti rasanya beda, nggak bisa dipungkiri perubahan kebiasaan, kesibukan-kesibukan yang beda secara alami bikin jalan kalian untuk ketemu temen yang “klop” semakin kecil. Apalagi, menemukan three-sixty kamu juga nggak dari waktu yang singkat. Seperti kata Aliya, “Punya three-sixty kamu harus ngelewatin banyak hal bareng, ups and downs, dan di umur yang semakin tua ini kita nggak punya waktu sebanyak itu.”


Ini dia beberapa faktor yang membuat menemukan temen yang sefrekuensi semakin sulit, menurut Samira:


Lingkungan

Dulu saat remaja, masih sekolah bahkan kuliah kita nggak perlu merencanakan buat ketemu orang, karena kita harus sekolah kita secara otomatis akan bertemu orang-orang. Saat sudah masuk fase adulting, mayoritas orang akan menjadi lebih sibuk dengan kegiatan masing-masing.


Preference

Dulu mayoritas kita punya tendensi untuk menerima lebih banyak orang jadi temen kita singkatnya kita masih mencari preferensi kita dalam berteman. Semakin tua, kita semakin tau preferensi kita dan kita cenderung akan memilih untuk nggak berteman dengan orang tertentu kalau memang nggak cocok.


Waktu

Sekarang dengan rutinitas yang berbeda dan tanggung jawab yang juga bertambah, waktu jadi aset kita. Kita harus meluangkan waktu untuk keluarga, pekerjaan, diri sendiri, teman yang sudah ada. Selain itu, secara natural manusia memang terbentuk untuk lebih ingin ada di dalam comfort zone-nya.


Nah, tapi… meskipun dengan keadaan seperti itu, kamu nggak harus juga terkurung dengan keadaan, loh!


Kamu juga bisa tetap mencari temen lebih banyak dengan keluar dari zona nyamanmu! Kamu bisa bertemu relasi-relasi baru dengan gabung komunitas, volunteer, ikuti lomba dan event, dan masih banyak lagi.


Eits, tapi Samira dan Aliya nggak berhenti di situ aja, loh! Mereka juga membahas tentang perbedaan pertemanan dan juga “networking”. Selain itu ada juga tentang pertemanan “low maintenance”.


Nah, penasaran nggak sih dengan cerita lengkapnya?


Yuk, dengerin podcast MTF Season 2 Episode 9!


---------------------------

Cerita ini bisa kamu dengarkan juga dalam MTF Podcast


Season 2 Episode 9 - Cari Teman di Umur 30an Kenapa Susah Banget?!


KLIK TOMBOL PLAY DI BAWAH UNTUK DENGARKAN!



Dengarkan juga episode yang lain yuk!




NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!




BOOTCAMP DAY 2 AKSI Perempuan with Tjufoo and Stellar Women | #AKSIPerempuan

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

73 views0 comments

Comments


bottom of page