top of page
  • Writer's picturestellarw

Temukan Pilihan Karier yang Cocok untuk Kamu Para Introvert!

Kamu pernah cek dan tes MBTI-mu nggak, Stellars?


Tes MBTI ini adalah tes kepribadian untuk mengetahui bagaimana seseorang menilai dan melakukan suatu hal. Dikenalkan pertama oleh Carl Jung dan dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers, tes ini sendiri terbagi menjadi 16 kategori.


img.freepik.com

Diawali dengan huruf “I” atau “E” dan diikuti dengan 3 huruf lain. Huruf “I” sendiri melambangkan sikap introvert yang ada di dalam dirimu. 25-40% dari populasi secara global, menunjukkan bahwa orang memiliki sifat introvert? Apakah kamu salah satunya?


Mau tau apa aja dan pekerjaan apa sih yang cocok dengan orang yang punya kepribadian introvert ini? Yuk, simak pembahasan di bawah, ya, Stellars!


1. The Visionary (INFP)

Kepribadian INFP cenderung open minded, santai, dan loyal. Pekerjaan yang cocok antara lain adalah penulis, penasihat, guru, maupun profesor.


2. The Planner (INTJ)

Orang dengan kepribadian INTJ biasanya bersikap objektif dan menyenangi hal yang efisien dan nilai pengetahuan. Mereka juga pandai dalam melihat gambaran secara luas. Pekerjaan yang cocok adalah dokter, pengusaha, hakim, dan analis.


3. The Thinker (INTP)

Orang INTP biasanya menyukai hal abstrak, idealis, dan kreatif. Mereka secara natural akan memiliki performa baik di programmer, penyidik forensik, dan hakim.


4. The Advisor (INFJ)

Biasanya tipe INFJ memiliki kepribadian yang cenderung penuh afeksi, perfeksionis, dan banyak ide di kepalanya. Contoh pekerjaan yang akan dilakukan dengan baik adalah psikolog, pekerja sosial, dan tenaga kesehatan.


5. The Caregiver (ISFJ)

Cenderung suka hal yang konkret dan nyata, seorang yang praktis, dan jeli memahami orang lain adalah karakteristik yang dimiliki seorang ISFJ karena itu pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah manajer, pengusaha, desainer, dan perawat.


6. The Artist (ISFP)

Biasanya mereka memiliki jiwa yang cenderung bebas, santai, dan memiliki sense yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Contoh pekerjaan yang cocok adalah seniman, penyanyi, content creator, dan dokter hewan.


7. The Observer (ISTJ)

Mereka mendahulukan pemikiran objekif dan cenderung berpikir sebelum bertindak. Selain itu, mereka juga orang yang stabil dan praktis. Akuntan, dokter, dan pengacara adalah pekerjaan yang patut dicoba oleh para ISTJ.


8. The Craftsman (ISTP)

Merupakan pribadi yang objektif, menyenangi fakta, dan cenderung menggunakan logika. Pekerjaan yang akan mereka lakukan dengan baik secara natural adalah polisi, penyidik forensik, pilot, dan pengusaha.


Itu tadi adalah penjelasan singkat dan pekerjaan yang kemungkinan besar akan lebih cocok dengan orang yang memiliki kepribadian introvert.


Tapi… bukan berarti kamu nggak bisa punya pekerjaan selain pengelompokan yang ada! Tentu saja setiap orang punya bakatnya sendiri dan juga usaha yang mereka lakukan dengan sepenuh hati.


Whatever you do right now, don’t give up! Keep paving your amazing journey, Stellars!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

WFO VS WFH: Pilih yang Mana? | Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



48 views0 comments
bottom of page