top of page
  • Writer's picturestellarw

Stellar Social Hour Highlights: Apa Saja sih Tips Sukses Berbisnis bareng Pasangan?



Pada bulan Juli lalu, Stellar Women sukses menyelenggarakan event Social Hour di mana member Stellar Women saling berbagi dalam suasana yang santai dan menyenangkan. Kali ini, Social Hour dilaksanakan dengan tema Doing Business with Partner: What are the Challenges & How to Overcome It.


Dimoderatori oleh Co-Founder Stellar Women sekaligus Co-Founder Babyloania, Zhafira Loebis, para member yang merupakan pengusaha perempuan berbagi pengalaman dan pelajarannya dalam menjalani bisnis dengan partner.


Tanggung jawab mengembangkan bisnis seringkali terlalu besar untuk dipikul sendirian. Itulah mengapa banyak pengusaha mencari partner dalam berbisnis. Menariknya, beberapa dari peserta yang hadir menjadikan pasangan/suaminya sebagai partner bisnis. Hal ini juga mungkin banyak dialami oleh pengusaha perempuan.


Tentu banyak suka duka yang dialami oleh mereka yang memutuskan untuk menjalani bisnis bersama pasangan. Dari diskusi kami dengan mereka, berikut adalah beberapa tips untuk menjalani bisnis bersama pasangan sekaligus menguatkan hubungan mereka.


1. Klarifikasi Peran dan Tanggung Jawab


Sebelum memulai bisnis bersama, penting untuk memahami peran dan tanggung jawab masing-masing. Tentukan siapa yang akan bertanggung jawab atas operasional, keuangan, pemasaran, dan bidang lainnya. Atau bisa juga memisahkan kepemilikan dengan kepengurusan. Dengan berinvestasi di bisnis kamu, bukan berarti pasangan harus mengurus bisnis juga. Klarifikasi peran ini akan membantu menghindari tumpang tindih dan konflik di kemudian hari.


2. Pelihara Kesetaraan dalam Hubungan


Walaupun tanggung jawab kamu dan pasangan berbeda, etos kerja kalian haruslah sama. Kamu dan pasangan perlu bersikap professional dan bekerja dengan pace yang sama. Jangan sampai salah satu pihak ada yang merasa bekerja lebih keras karena hal ini pasti akan menimbulkan perasaan tidak nyaman dalam hubungan.


3. Pisahkan Antara Kerja dan Kehidupan Pribadi


Sangat mudah untuk mencampur urusan bisnis ke kehidupan pribadi dan sebaliknya. Tetapkan batas yang jelas antara waktu kerja dan waktu bersama sebagai pasangan. Ini akan membantu menjaga keseimbangan dan mencegah kelelahan serta konflik yang tidak perlu.


4. Beri Dukungan Emosional


Selain dukungan dalam aspek bisnis, berikan juga dukungan emosional satu sama lain. Mendukung pasangan dalam momen sulit dan merayakan bersama dalam momen sukses akan memperkuat ikatan hubunganmu.


5. Lakukan Evaluasi Secara Berkala


Lakukan evaluasi bisnis secara berkala. Tinjau apa saja milestone yang telah dicapai, lihat apa yang telah berhasil, dan identifikasi area yang perlu perbaikan. Ini akan membantu kamu dan pasangan menjalani bisnis dengan tujuan dan prioritas.



Berbisnis dengan pasangan dapat menjadi perjalanan yang penuh tantangan, tetapi juga sangat memuaskan jika dilakukan dengan benar. Selain 100% profit dapat dialihkan ke keluarga, menjalani bisnis dengan pasangan juga dapat menjadi sarana memperkuat hubunganmu. Dengan komitmen, komunikasi yang baik, dan saling pengertian, kamu dan pasangan juga bisa jadi power couples lho!

Stellar Social Hour menyediakan ruang untuk pengusaha maupun perempuan berkarir untuk mendiskusikan topik tertentu. Acara ini dapat diikuti oleh member premium Stellar Women. Upgrade membershipmu untuk mendapatkan akses ke pembicaraan menarik selanjutnya di Stellar Women.







BACA JUGA:




MUST WATCH VIDEO!

RAHASIA SUKSES PEMIMPIN HEBAT: KENALI VISI MISI ANGGOTA TIM!| Stellar Women #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!





12 views0 comments
bottom of page