top of page
  • Writer's picturestellarw

Petisi Kembalikan WFH? Pro Kontra WFO dan WFH Pasca Pandemi Covid-19 dalam 17 Menit

Baru-baru ini terdengar dikeluarkannya “petisi kembalikan WFH” di laman Change.org yang sudah ditandatangani lebih dari 20.000 orang. Petisi ini ditujukan untuk pengkajian ulang peraturan WFO 100% karena menurut yang bersangkutan WFO menyebabkan kemacetan, polusi, dan berkurangnya produktivitas.


Sedangkan Heru Budi, Gubernur DKI Jakarta, menekankan bahwa keputusan WFO dan WFH sepenuhnya diserahkan atas wewenang perusahaan masing-masing.


Menurut kamu gimana, Stellars? Setuju nggak untuk keputusan mengkaji ulang WFO 100%?


Nah, Aliya dan Samira juga punya pendapat sendiri, loh tentang WFO dan WFH yang sedang berlangsung sekarang lewat MTF Podcast Season 2 Episode 13.


Yuk, kita simak obrolan pro dan kontra WFO dan WFH bersama Aliya dan Samira!



“WFH/WFA jadi lebih mainstream setelah pandemi covid-19. Tapi, sekarang sudah banyak juga yang kembali kerja dari kantor meskipun banyak juga yang berpindah ke sistem hybrid di Indonesia,” Kata Samira.


Menurut Aliya kelebihan dari WFH terutama saat meeting adalah lebih gampang karena nggak perlu terlalu lama untuk mencocokan waktu, nggak terlalu banyak basa basi, dan nggak harus bingung untuk cari tempat meeting terutama kalau meeting tersebut dihadiri banyak orang.


Tapi di sisi lain, kadang saat WFH kamu merasakan nggak Stellars kalau boundaries kerja kita bisa jadi kurang jelas?


Karena Aliya juga sempat merasakan hal yang sama. Terkadang kerja lewat dari waktu yang seharusnya bahkan sampai ikut memakan waktu istirahat/liburan. Sebagai seorang entrepreneur Aliya dan Samira sepakat kalau mereka jarang mendapatkan libur 100%, tetapi saat menurut mereka apabila sebuah perusahaan memiliki infrastruktur yang baik dengan tim yang kuat dan proses yang sudah berjalan, hal itu akan jadi lebih mudah untuk kamu mendapatkan waktu istirahat secara utuh.


Dengan lebih detail Samira menjelaskan kelebihan darinya melakukan WFH, “WFH juga bikin lebih produktif karena bisa multitasking, saving money and time dari transport, dan nggak perlu basa basi saat meeting.”


Yang menjadi pembahasan selanjutnya adalah situasi yang dihadapi pasca pandemi. “Sekarang kita entering post pandemic dengan habit yang kita bawa dan bangun saat pandemic. Contohnya kalo di pandemic kemarin meeting bisa berdempetan karena WFH sedangkan kalo WFO harusnya ada slot waktu untuk transport. Nah, yang sekarang ini mostly untuk transport ini nggak banyak dipertimbangkan,” kata Samira.


Terus apakah berarti work balance sekarang itu mitos?


Hm.. Bisa jadi! Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa punya rutinitas yang baik, loh. Situasi “balance” sendiri ini sebetulnya relatif dan kembali kepada diri sendiri. Apakah kita sudah merasa cukup melakukan suatu tanggung jawab atau belum sesuai dengan porsinya.


Put everything in your calendar, take a vacation di cuti bersama. Create strong boundaries and respect each other. Karena masa liburan ini yang akan membantu kita untuk produktif di hari yang lain.” Ini merupakan beberapa saran dari Aliya dan Samira untuk menghadapi situasi WFO WFH pasca pandemi.


Itu tadi adalah saran yang bisa Aliya dan Samira berikan untuk kamu supaya rutinitasmu bisa jadi lebih terkontrol, Stellars!


Kamu bisa dengarkan kisah lengkapnya di MTF Podcast di Spotify dan juga Youtube Stellar Women, loh!


 


Cerita ini bisa kamu dengarkan juga dalam MTF Podcast

Season 2 Episode 13 - WFO VS WFH: Mending yang Mana?


KLIK TOMBOL PLAY DI BAWAH UNTUK DENGARKAN!



TONTON JUGA DISKUSI ALIYA DAN SAMIRA LEWAT YOUTUBE!



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Mukbang di Kantor with Street Sushi: enak, berkualitas, dan terjangkau! | Stellar Business Review

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



46 views0 comments
bottom of page