top of page
  • Writer's picturestellarw

Memperebutkan Modal Bisnis 20 Juta! Ini Profil Bisnis Top 10 Stellar Women Future Leaders Lab

Stellars, sudah tahu belum? Setelah berbagai proses panjang, mulai dari pengiriman video pitching, berbagai kurasi yang dilakukan oleh tim Stellar Women, sudah terpilih top 10 finalis dari kompetisi bisnis Stellar Women Future Leaders Lab!


Hari Rabu, 3 Agustus 2022 lalu, top 10 finalis ini mengikuti demo day dan menyampaikan ide bisnisnya kepada juri, yaitu:

- Gian Adhitya, Associate, Sequoia Southeast Asia

- Mutiara Kamila, CEO of THENBLANK

- Gavin Adrian, Senior Investment Associate at East Ventures

- Willy Setiawan, Lenovo Indonesia, SMB Lead


Persaingannya ketat sekali, Stellars! Semua bisnis yang dipresentasikan punya keunikan dan nilai jualnya masing-masing.



Penasaran dengan bisnis apa saja yang masuk ke top 10? Ini dia profil bisnis dari top 10 finalist Stellar Women Future Leaders Lab! Bisa kamu jadikan referensi untuk membuat model bisnis juga, lho.


1. BYNUT


BYNUT adalah produk inovasi katering MPASI pertama di Indonesia berbasis aplikasi dan memberikan layanan konsultasi dengan ahli gizi dan dokter anak. Produk BYNUT sangat memperhatikan SOP selama proses produksi. Tidak hanya itu, produk BYNUT juga dapat dikustomisasi jika bayi memiliki alergi atau kebutuhan khusus.


BYNUT lahir karena adanya seorang keponakan berusia 7 bulan yang didiagnosa oleh dokter menderita Ventricular Septal Defect (VSD) ukuran sedang yang membuatnya hanya boleh mengkonsumsi menu makanan pendamping. Tidak hanya itu, sang founder juga menemukan banyak ibu bekerja di Jakarta membeli bubur MPASI organik di pinggir jalan, tetapi tidak ada standar kualitas untuk itu.


Berangkat dari hal itu, sang founder merasa bahwa sebagai seorang ibu di masa depan, dirinya ingin menciptakan ekosistem makanan bayi organik yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan gizi anak yang disesuaikan dengan SOP saat memproduksinya.


2. Yippy


Yippy adalah platform pemberian hadiah yang membantu perusahaan mengirimkan hadiah secara lebih personal dan efisien kepada karyawan atau pelanggan. Yippy membantu proses pemberian hadiah dengan menyediakan infrastruktur end-to-end kepada perusahaan.


Yippy hadir karena praktek pemberian hadiah diyakini dapat membangun hubungan dengan karyawan atau klien. Yippy memahami betapa pentingnya untuk menjaga praktik dan kepercayaan yang telah dilakukan selama berabad-abad ini.


Yippy menyediakan hadiah yang dikurasi (dipilih sendiri oleh para ahli), recipient-first experience, visibilitas pada pelacakan, dan sistem terintegrasi.


3. BANGSA


BANGSA menawarkan program bantuan dan pengelolaan administrasi kegiatan ekspor produk UKM dari segala bidang. Sebagai perusahaan swasta yang berkomitmen memberikan akses ekspor secara efektif dan terintegrasi dengan platform BANGSA, BANGSA mendorong dan membantu 100.000 orang Indonesia untuk mengekspor produk.


BANGSA hadir karena ingin berkontribusi menyelesaikan masalah masyarakat yang enggan mengekspor karena proses administrasi seperti pengurusan legalitas usaha, perpajakan, pengiriman ke pembeli luar negeri yang sangat rumit.


4. Wearcycle

Wearcycle merupakan platform manufaktur dan daur ulang tekstil dalam bentuk website di mana masyarakat dapat menukarkan pakaiannya dengan poin yang selanjutnya dapat ditukarkan dengan uang, sekaligus juga dapat membeli barang daur ulang berupa kain dan produk.


Wearcycle dimulai dari keprihatinan tentang limbah industri fashion dunia yang terus meningkat. Wearcycle diciptakan untuk mengurangi limbah tekstil yang mengancam lingkungan serta menerapkan sistem ekonomi sirkular yang berkelanjutan.


5. Kamu Punya Power


Kamu Punya Power memiliki visi untuk membangun komunitas yang mampu memengaruhi masyarakat untuk memiliki kebiasaan uang yang lebih baik sehingga orang dapat memiliki akses keuangan yang lebih baik ke informasi dan bantuan keuangan yang komprehensif.


Kamu Punya Power lahir karena banyaknya informasi yang menyesatkan dari layanan asuransi terkait tujuan investasi dan perlindungan. Dari situ, Kamu Punya Power dibangun agar masyarakat dapat memperoleh bantuan dan informasi yang lebih baik sebelum memutuskan untuk berinvestasi atau sebelum membeli asuransi. Tidak hanya itu, Kamu Punya Power juga memiliki fitur untuk melacak pengeluaran dan membantu orang untuk melakukan tabungan, meninjau asuransi, dan dapat memilih produk investasi dalam satu platform.


6. Kreasa


Kreasa adalah pusat kreativitas anak untuk membantu menumbuhkan dan mengembangkan minat, bakat, dan potensi anak Indonesia melalui berbagai program yang tepat.


Kreasa dimulai dengan menyediakan kebutuhan anak-anak saya, kemudian menjadi startup yang dapat membantu orang tua untuk menemukan minat dan potensi anak-anak mereka pada masa depan.


7. Apshara


Apshara adalah pusat psikologi yang berfokus pada pengembangan bakat individu dan kelompok sebagai sarana untuk mengaktualisasikan bakat pribadi secara optimal dalam kehidupan pribadi dan profesional.


Apshara didirikan pada masa pandemi Covid pada akhir tahun 2020, ketika proses asesmen dan intervensi psikologis menemui kendala karena terbatasnya kontak tatap muka. Apshara menemukan bahwa pengembangan diri masih terbatas di Indonesia dan sulit diakses oleh publik. Tujuan terbukanya akses informasi dan layanan pengembangan diri menjadi dasar didirikannya Apshara.


8. Aksel


Aksel adalah perusahaan HR-tech yang menyediakan layanan pengembangan karir untuk mahasiswa dan layanan early-career staffing untuk perusahaan. Untuk mendukung proses bisnis, Aksel mencari bakat dari database CV Maker. Untuk meningkatkan kesiapan kerja talent pool, Aksel mendapat dukungan dari 100+ pro & mentor SDM.


Aksel dimulai dari fakta bahwa banyak mahasiswa yang 'salah jurusan' di Indonesia, permasalahan yang terjadi pada mahasiswa adalah kurangnya persiapan karir di lingkungan universitas. Meski sudah ada pusat pengembangan karir, hal ini belum berjalan efektif dan berdampak pada siswa.


9. Powder Story


Powder Story adalah startup kecantikan Indonesia pertama yang memungkinkan metaverse immersion. Powder Story menyediakan 5 detik bagi pengguna untuk merasakan sensasi terapeutik saat menggunakan produk Powder Story dengan puluhan bahan aktif yang hebat dalam 1 produk untuk memberikan kulit yang lebih baik.


Ukuran pasar kecantikan Indonesia yang sangat besar meskipun ada pandemi, bahkan akan terus tumbuh secara eksponensial sebesar 6,5% per tahun. Powder Story (PT. Cerita Derma Nusantara) bercita-cita menjadi startup teknologi kecantikan pertama Indonesia (dan juga Asia Tenggara) yang bertujuan untuk menaklukkan pasar global baik pada produk fisik & produk digital.


10. Sustaination


Sustaination adalah e-commerce vertikal berkelanjutan di mana Sustaination menyusun produk-produk berkelanjutan berkualitas tinggi & buatan lokal untuk memecahkan masalah salah urus sampah di Indonesia di tingkat individu.


Sustaination didirikan pada tahun 2018 oleh Dwi Sasetyaningtyas (Tyas). Tyas mulai menulis perjalanannya menuju kehidupan yang berkelanjutan di Indonesia untuk mendorong lebih banyak orang Indonesia mengurangi sampah mereka dan hidup lebih berkelanjutan. Ketika Tyas pulang ke Indonesia, dia menyadari bahwa melakukan perubahan menuju kehidupan yang berkelanjutan tidaklah mudah di negara asalnya. Hal ini karena akses terhadap produk yang berkelanjutan sangat terbatas. Jadi, Tyas mendirikan toko online-nya dimulai dengan produk yang paling dia sukai, menstrual cup. Saat ini, produk Sustaination pun terus bertambah untuk dapat membantu lebih banyak masyarakat Indonesia.


Semuanya menarik banget ya? Yuk, kita lihat siapa juaranya di AWARDING DAY pada tanggal 10 Agustus 2022 nanti ya!


NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!



BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Emang Bisa Tetap Relevan tanpa Mengubah Value? Belajar dari Head of Content Narasi | #MTFPodcast

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

68 views0 comments

Comments


bottom of page