top of page
  • Writer's picturestellarw

Jenis-Jenis Investor Bisnis yang Harus Kamu Tahu

Kamu sedang cari investor? Sudah tau belum kalau investor ternyata ada jenis-jenisnya lho!


Secara umum investor diartikan sebagai seseorang yang memiliki sejumlah dana untuk diinvestasikan pada sebuah bisnis dengan timbal balik mendapatkan pembagian hasil.


Tapi, bila bisnis yang akan didanai adalah bisnis berskala besar, tentu tidak hanya membutuhkan investor perseorangan kan?


Inilah pentingnya untuk mengetahui jenis-jenis investor, supaya kamu bisa memilih lebih banyak investor yang bisa mendanai bisnismu. Mari kita bahas seluruh jenisnya di bawah ini!



1. Bootstrap

Bootstrap adalah istilah yang digunakan untuk menyebut para founder yang menjadi investor bisnis mereka sendiri, atau istilahnya mendanai bisnis sendiri.


Biasanya bootstrap terjadi ketika bisnis masih berada di tahap ide dan baru mulai untuk dibangun. Tentu risiko yang diemban sangatlah besar, tetapi kabar baiknya kamu bisa mengatur jalannya bisnis sesuai maumu, karena kamulah yang memegang kendali penuh.


Bila kamu saat ini masih berada di tahap bootstrapping, pastikan untuk memisahkan antara rekening bisnis dan rekening pribadi. Hal ini untuk menjaga agar cashflow bisnismu termonitor dengan baik.


2. Angel Investor

Angel investor adalah sebutan untuk para investor yang memberikan pendanaan bisnis dengan timbal balik mendapatkan kepemilikan saham dari startup tersebut


Umumnya, angel investor berasal dari orang terdekat founder yakni bisa keluarga, teman dekat, grup, atau kolega bisnis dari founder.

Karakteristik lain dari angle investor ialah biasanya mereka hanya memberikan pendanaan 1x.


Selanjutnya adalah tugasmu sebagai founder untuk bisa mengembangkan pendanaan yang diberikan agar menghasilkan profit yang bisa dibagi kepada mereka para angel investor.


3. Venture Capital

Sekarang kita beralih pada jenis investor yang berbentuk lembaga yakni venture capital.


Umumnya venture capital adalah lembaga keuangan yang memberikan dana investasi ke berbagai macam startup/bisnis yang masih berada di tahap awal.

Lalu darimana dana investasi yang diberikan oleh Venture Capital?


Venture capital bertugas untuk menghimpun dana para investor dan selanjutnya mengalirkan dana investasi tersebut pada startup yang membutuhkan. Itulah skema aliran dana investasi dari venture capital.


Selain memberikan investasi dalam bentuk dana, venture capital juga mampu memberikan investasi dalam bentuk tenaga ahli.


Biasanya, venture capital hanya mendanai startup yang memiliki potensi besar untuk berkembang dan bertahan dalam jangka waktu lama.


Ini dikarenakan startup-startup yang potensial tersebut kedepannya akan mampu memberikan pengembalian dana di atas rata-rata.


4. Inkubator

Sekarang kita beralih pada jenis investor yang berbentuk lembaga. Salah satunya adalah inkubator, yang mana merupakan sebutan untuk sebuah program yang membantu perkembangan suatu bisnis/startup.


Selain membantu memberikan dana investasi untuk bisnismu, program inkubator juga memberikan pelatihan dan mentoring yang dibimbing secara intensif.


Hal ini dikarenakan program inkubator juga turut terbuka untuk diikuti oleh biasanya bisnis/perusahaan yang masih dalam tahap ide (belum direalisasikan).


5. Akselerator

Akselerator adalah program yang serupa seperti inkubator, namun dengan waktu yang lebih singkat yakni sekitar 3 bulan.


Dalam program akselerator, kamu bisa mendapatkan bantuan dana investasi serta edukasi dan mentoring untuk pendampingan bisnis.


Perbedaan lain yang lebih mendasar antara akselerator dan inkubator ialah jenis bisnis yang mengikuti program tersebut.


Bila inkubator bisa dimasuki oleh bisnis yang masih berada di tahap ideasi, akselerator justru lebih mengutamakan untuk membantu bisnis yang sudah mulai berjalan dan sudah memiliki produk.



NOTES FOR STELLARS!


Ingin mencari teman sesama wanita karir atau entrepreneur wanita? Ayo gabung menjadi member Stellar Women GRATIS!


Kamu akan menemukan teman baru sesama wanita karir dan entrepreneur wanita untuk saling berkoneksi, berkolaborasi dalam bisnis, bertukar informasi, saling berkeluh kesah, dan menyemangati satu sama lain.


Daftar membership Stellar Women GRATIS dan dapat BANYAK BENEFIT!


Klik tombol di bawah untuk cek seluruh benefitnya!




BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!


Sukses Itu Harus Melalui Proses!| Youtube Channel Stellar Women

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!



Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.

Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!

1,068 views0 comments

Comments


bottom of page