top of page
  • Writer's picturestellarw

Dilema Perempuan, Pilih Kerja atau Keluarga?

Updated: Apr 7, 2022

Article Stellar Stories: Special Kartini's Day!


Apa yang akan kamu pilih bila dihadapkan dengan dua pilihan berikut:


Berhenti bekerja agar bisa mengurus keluarga? Atau tetap bekerja agar bisa meneruskan karir?


Nyatanya, dilema antara memilih kerja dan keluarga masih sering dialami oleh para perempuan, bahkan hingga di era modern saat ini.


Nah, bagi kamu yang saat ini sedang berada dalam dilema tersebut, mari kita simak cerita inspiratif dari member Stellar Women yakni, Debora Simon yang berhasil mengatasi dilema perempuan antara memilih kerja atau keluarga.


MENGHEPAS 7 TAHUN KARIR DEMI BUAH HATI

Membership Stellar Women Member Debora Simon
Sumber: Dokumen Pribadi Debora Simon

Perempuan bisa menjadi apa saja. Rasanya, tidak ada yang akan membatasi apapun mimpi kita. Semua berjalan cepat, apa yang ingin kita raih, terasa mungkin untuk dicapai.


Hingga tiba saatnya kita menjadi seorang Ibu..


Seketika waktu berjalan lambat karena kita sibuk menikmati masa demi masa mengurus buah hati. Itulah yang dirasakan oleh Debora Simon.


Ketika buah hati telah lahir, ambisi untuk bekerja seakan-akan berpindah karena ingin meluangkan waktu lebih banyak bersama keluarga dan menikmati perkembangan golden age anak.


Tanpa sadar, ia pun rela meninggalkan 7 tahun karirnya di bidang IT Consulting dan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga.


Ia memilih keluarga..

Membership Stellar Women Member Debora Simon
Sumber: Dokumen Pribadi Debora Simon

PEREMPUAN HARUS SIAP BERPERAN GANDA


Namun, Debora menyadari bahwa selain menjadi Ibu, seorang perempuan juga tetap harus produktif. Dari situlah Ia pun memulai bisnis F&B dan membesarkan bisnisnya yaitu Dino Bites Cafe & Humble Mie.


Ia pun memulai peran gandanya sebagai Ibu sekaligus pebisnis..


Pada saat awal, Dino Bites yang dibesarkan oleh Debora dimulai dari bazaar ke bazaar selama 3 tahun, hingga akhirnya ia bisa membuka cafe pertama di area Jakarta Barat pada tahun 2017.


Seiring berjalan waktu, pandemi di tahun 2022 memberikan dampak yang besar bagi bisnis F&B milik Debora tersebut.


Hingga akhirnya Debora membuat sister brand bernama Humble Mie, yaitu usaha mie ayam frozen di pertengahan tahun 2020. Sampai saat ini Dino Bites dan Humble Mie pun bisa berjalan beriringan.


Dari bisnis Dino Bites dan Humbe Mie, Debora membuktikan bahwa menjadi ibu ternyata tidak menghambatnya untuk kembali produktif.


Membership Stellar Women Member Debora Simon
Gambar: Dino Bites & Humble Mie (dok. pribadi)

HADAPI HAMBATAN UNTUK MENGGAPAI MIMPI


Meskipun kini ia sudah menikmati peran ganda sebagai ibu sekaligus entrepreneur, tentu ada saja hambatan yang membuat Debora harus memikirkan kembali langkah-langkahnya sebagai pebisnis


“Rasanya ingin membuat keputusan-keputusan besar agar bisnis bisa cepat bergerak, tapi bagaimana jika saya tidak memiliki waktu lagi untuk mendampingi anak-anak?”, ucap Debora.


Membership Stellar Women Member Debora Simon
Gambar: Dokumen Pribadi Debora Simon

Begitulah.. perempuan memang akan selalu kembali berhadapan dengan rasa takut di dalam diri dan juga rasa ragu ketika sedang berusaha mencapai mimpinya. Terlebih para ibu seperti Debora Simon yang memutuskan untuk berbisnis.


Namun sekali lagi, Debora Simon kembali berusaha menghadapi rasa takut dan rasa ragunya sama seperti pertama kali ia memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjadi ibu sekaligus entrepreneur.


“Kuncinya sebenarnya ialah menentukan prioritas dan percaya diri mendelegasikan tugas kepada orang lain. Dengan begitu perempuan akan lebih bijaksana dan bisa membagi waktu sebaik-baiknya untuk mendapatkan hasil yang optimal baik sebagai Ibu maupun Pebisnis.” ucap Debora.


DUKUNGAN SUPORTIF DAN SOSOK ROLE MODEL

Membership Stellar Women Member Debora Simon
Gambar: Dokumen Pribadi Debora Simon

Bagi Debora, memainkan peran ganda sebagai ibu dan pebisnis berarti seorang perempuan harus bisa tetap produktif tetapi tidak melupakan tanggung jawabnya terhadap rumah tangga. Inspirasi ini ia dapatkan dari Mamanya yang hingga saat ini menjadi sosok role model bagi dirinya.


“Sesibuk apapun Mama, beliau tetap menyempatkan diri untuk menyiapkan makanan di rumah dan kebutuhan harian keluarga.” ujar Debora.


Tak hanya itu, Debora juga berpesan kepada para ibu pebisnis lainnya agar tetap yakin dengan kemampuan diri, mencari support system yang bisa mendukung mimpinya seperti keluarga, dan jangan takut bermimpi.


“Sosok Kartini membuka jendela masa depan bagi para wanita khususnya wanita Indonesia untuk berani bermimpi dan menggapai mimpi itu, jadi jangan pernah takut untuk bermimpi, karena semua dimulai dari mimpi. Belajar berbagi, dan kita akan merasakan fullfillness yang luar biasa.” ujar Debora.


NOTES FOR STELLARS!


Begitulah sepenggal cerita dari salah satu member Stellar Women yang menjadi ibu sekaligus pebisnis. Sebagai perempuan, memang tidaklah mudah untuk menjalankan peran ganda tersebut.


Namun, ketahuilah bahwa selalu ada jalan bagi perempuan untuk mewujudkan mimpi, seperti Kartini yang membukakan jalan bagi para perempuan untuk meraih mimpinya.


Temukan juga dukungan yang kamu cari di Membership Stellar Women, agar kamu bisa menggapai mimpi dan memaksimalkan potensimu sebagai pebisnis perempuan! (GG)


Baca Juga:


MUST WATCH VIDEO!

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!

 

Tentang Stellar Women


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.


Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!



88 views0 comments

Comentários


bottom of page