top of page
  • Writer's picturestellarw

Coba 7 Channel Digital Marketing Efektif untuk Bisnis

Stellars, kamu tertarik gak untuk promosi produk secara masif dalam waktu singkat? Kalau iya, yuk cobain digital marketing!


Digital marketing adalah teknik pemasaran yang dilakukan dengan media daring atau online. Nah, karena pemasaran ini bisa dilakukan secara onlinei, kamu bisa menjangkau banyak calon konsumen sekaligus dari belahan dunia manapun. Menarik kan?

Channel Digital Marketing Stellar Women

Kalau kamu tertarik menggunakan digital marketing, yuk simak channel-channel digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnismu.


Ada 7 channel digital marketing yang akan dijelaskan oleh Felicia Aluwi (Chief Marketing Officer Halodoc) dalam kelas Stellar Power Accelerator powered by L’Oréal Paris.


Simak dalam artikel ini yaa..


7 Channel Digital Marketing

Channel Digital Marketing
Channel Digital Marketing

1. SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)

SEO adalah channel digital marketing yang berfokus untuk membantu produk/bisnis-mu masuk ke halaman search engine. Seperti yang kita tahu nih, saat ini Google adalah search engine terbesar yang ada di dunia. So.. mari kita contohkan menggunakan search engine Google.


Jadi, fungsi dari SEO ialah untuk memastikan website atau produkmu masuk dalam halaman pertama pencarian Google. So, ketika calon konsumen mencari sesuatu yang mereka butuhkan di Google, maka website/produkmu akan muncul di hasil pencarian mereka.


Nah, agar website/produkmu bisa masuk di halaman pertama Google kamu bisa menggunakan strategi optimasi SEO seperti berikut:

  • Gunakan keyword yang paling sering orang cari di Google

  • Gunakan keyword berulang dalam landing page-mu

  • Kutip link-link dari website lain dalam blog-mu untuk mendapatkan backlink

  • Pakai plugins SEO seperti Yoast WP SEO, All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, dan SEO Friendly Images.


2. DISPLAY MARKETING

Display Marketing adalah konten iklan yang sering kali kamu liat ketika membuka suatu website.


Nah, kabar baiknya kamu bisa menggunakan display marketing dan membuat produkmu muncul di website apapun yang sedang dibuka oleh calon konsumen lho. Salah satu display marketing yang bisa kamu gunakan ialah Google UAC.



Content Marketing Stellar Women
Gambar: dotnextdigital.com

3. CONTENT MARKETING

Content marketing adalah teknik marketing yang berfokus pada menarik calon konsumen dengan cara menyediakan konten yang relevan bagi calon konsumen tersebut.


Nah, saat ini banyak brand yang menggunakan content marketing sebagai teknik marketing mereka. Bila kamu tertarik untuk mencoba content markteting, kamu bisa melakukannya dengan cara membuat artikel yang diposting di website atau membuat konten foto/video yang disebar melalui media sosial.


Intinya, buatlah konten semenarik mungkin dan se-relevan mungkin bagi calon konsumen. Dengan begitu calon konsumen akan tertarik untuk berdiam lama di website/media sosialmu dan melihat-lihat produk yang kamu jual.



4. SOCIAL MEDIA MARKETING (SMM)

Social media marketing adalah teknik memasarkan produk melalui social media. Saat ini ada banyak social media yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan produkmu lho. Ada twitter, instagram, facebook, youtube, dan tiktok.


Bila konten marketingmu berbentuk foto, instagram lebih cocok digunakan sebagai platform social media marketing-mu. Bila konten marketingmu berbentuk video, kamu bisa menggunakan semua jenis platform media sosial yang telah disebutkan di atas.


Nah, terakhir bila konten marketingmu berbentuk tulisan, sebaiknya kamu mempromosikannya melalui platform twitter, karena platform tersebut adalah media sosial yang paling cocok untuk mem-viralkan konten berupa tulisan.



5. PAY-PER-CLICK ADVERTISING (PPC)

Nah, bila kamu kesulitan menggunakan teknik marketi SEO, cobalah menggunakan teknik marketing PPC berikut.


PPC adalah teknik digital marketing yang akan menaruh produk/bisnis-mu di halaman pertama search engine.


Simplenya, jasa PPC akan menaruh link/foto produkmu di posisi-posisi yang mudah dilihat calon konsumen. Dengan begitu konsumen akan tertarik untuk men-klik link atau foto produkmu.


Selanjutnya, kamu akan dikenai biaya setiap kali ada konsumen yang men-klik link atau foto produkmu. Sedangkan, bila konsumen tidak men-klik, kamu tidak akan dikenai biaya yaa..


MUST WATCH!: Kenapa Orang Indonesia Suka Latah Sosial? | Youtube Stellar Women

6. AFFILIATE MARKETING

Affiliate marketing adalah teknik marketing menggunakan bantuan pihak ketiga. Dalam teknik ini, kamu bisa menggunakan bantuan advertising agency yang akan mengurus semua permasalahanmu mengenai iklan.


Biasanya para advertising agency akan menyediakan paket-paket digital marketing yang bisa kamu pilih suka-suka. Mulai dari SEO, Display Marketing hingga Content Marketing. Pasti memudahkanmu dan gak bakal bikin ribet lagi nih..


7. EMAIL MARKETING

Email marketing adalah salah satu teknik digital marketing yang sudah digunakan sejak lama. Meskipun tidak secanggih teknik lain, email marketing ternyata efektif untuk melakukan penjualan hard selling dan soft selling lho!


Caranya, pastikan kamu memaparkan benefit produk dan memberikan call to action yang jelas. Sehingga, calon konsumen akan dengan mudah mengakses produkmu!


Bila tertarik menggunakan teknik ini, kamu bisa menggunakan MailChimp, Sedinblue, ataupun Mailmodo.


NOTES FOR STELLARS!

Itu dia stellars teknik digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk bisnis-mu. Bila kamu kesulitan mempelajarinya, ada banyak konten edukasi yang bisa kamu tonton di youtube ataupun instagram.


Tapi, bila kamu ingin dibimbing digital marketing secara langsung, kamu bisa mendapatkannya di keleas Stellar Women. Jadilah member dan dapatkan 20+ kelas yang bisa kamu akses selama 1 tahun!


 

Ingin lihat konten lainnya dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!

(GG)




Comments


bottom of page