top of page
  • Writer's picturestellarw

Lakukan 6 Hal Ini Di Umur 20-an Kalau Ingin Cepat Sukses!

Umur 20-an adalah waktu yang krusial untuk membangun karir dan finansialmu. Kebiasaan yang kamu lakukan di usia 20-an akan berdampak besar untuk kesuksesanmu, bisa mempercepat atau malah memperlambat.


Berdasarkan pengalaman hidup dari Fellexandro Ruby (content creator, best seller writer, dan life coach), simak 6 tips yang harus kamu lakukan di usia 20-an agar kamu cepat sukses:

Tips Sukses Umur 20-an Fellexandro Ruby
Sumber: Youtube Fellexandro Ruby

1. BELI BARANG MAHAL? BOLEH!


Tidak salah kok menghabiskan gaji demi membeli barang mahal seperti gadget terbaru, asalkan gadget tersebut bisa mendatangkan uang lebih banyak untuk kamu.


Hal ini dialami oleh Fellexandro Ruby. Ia menghabiskan banyak uangnya untuk membeli Iphone 4 disaat itu. Ternyata, dari Iphone 4 yang mahal itu, ia punya kesempatan lebih besar untuk membuat konten yang menarik.


Iphone 4 mahal itu mengantarkan Ruby menjadi content creator hingga memiliki 29 ribu followers pada saat itu. Dari Iphone 4 mahal itu juga, Ruby punya kesempatan bekerja sama dengan Netflix Asia.


Tidak harus super pelit dan berhemat, asalkan kita tahu bahwa yang kita lakukan akan berujung pada produktif, bukan konsumtif.


2. STOP NONGKRONG! SECANGKIR KOPIMU BISA JADI RUMAH


Bayangkan kopi cappuccino yang kamu nikmati setiap nongkrong di cafe seharga 35 Ribu, ditambah cemilan 15 ribu. Berarti, sekali nongkrong kamu menghabiskan 50 ribu. Kalau sebulan, bisa jadi 1,5 Juta.


Sekarang, bayangkan kalau semua uang itu ditabung selama 10 tahun. Kamu bisa mendapat 180 juta!. Belum lagi kalau investasinya berbunga 8%. Kamu bisa mendapat 276 Juta! Cukup untuk DP rumah bukan?


3. TRAKTIR ORANG LAIN


Dari 100% pendapatan yang kamu punya, sisihkan 10-15% untuk mentraktir orang. Yup, tapi gak sembarangan! Traktirlah orang-orang yang:

  • Lebih pintar darimu

  • Lebih bijak darimu

  • Lebih dewasa darimu

  • Lebih kaya darimu

  • Lebih sukses darimu

Dari situ, kamu akan membangun koneksi pertemanan yang lebih bermanfaat dan tentu akan berdampak baik untuk perkembangan dirimu.


Karena network yang baik adalah jalan pintas agar kamu bisa mendapatkan yang kamu butuhkan langsung ke sumbernya.



4. KESEHATANMU DI UMUR 20 ADALAH CERMINAN KESEHATANMU DI UMUR 30


Investing in yourself is the best investment. Gak melulu soal uang, salah satunya kesehatan. Ingat, badanmu yang sehat saat ini adalah hasil investasimu dari seluruh makanan bergizi yang kamu konsumsi selama bertahun-tahun.


Butuh waktu bagimu untuk bisa sehat sampai saat ini. Maka, siapkan kesehatanmu dari umur 20, agar di umur 30 kamu masih bisa tetap sehat.


5. KURANGIN BANYAK MIKIR


Don’t overthink, your 20’s are the times you are supposed to be fighting it out.


Di usia 20 tahunan, Fellexandro Ruby sempat mencoba 9 jenis pekerjaan yang sangat beragam. Alasannya, karena dia ingin menemukan pekerjaan yang dia suka, pekerjaan yang dia bisa, dan pekerjaan yang menghasilkan.


Kini dia menemukan pekerjaan yang bisa memenuhi ketiga hal tersebut. Menjadi content creator, sekaligus penulis best seller, dan life-coach.


6. MENUAI DI UMUR 30 = MENABUR DI UMUR 20


Kesuksesan tidak instan! Semua adalah hasil akumulasi dari kerja kerasmu bertahun-tahun. Begitu pula posisi yang kamu dapat saat ini.


Kamu ingin punya karir bagus di umur 30? coba semua jenis pekerjaan yang kamu bisa di umur 20. Kamu ingin bebas finansial di umur 30? belajarlah keuangan dan investasi di umur 20.


Usia 20 adalah saatnya kamu menanam. Menanam ilmu, menanam skill, dan menanam network. Sehingga saat di umur 30, kamu akan dihargai secara pantas sesuai dengan kompetensi dan pengalaman yang terbentuk saat berada di usia 20-an.



NOTES FOR STELLARS!

Setiap orang memang punya timeline masing-masing untuk mencapai kesuksesan mereka. Tapi ingat! kamu adalah pilot dalam perjalanan suksesmu, kamu yang tentukan timeline itu. So? stay hustle Stellars!


Kamu bisa tonton video lengkapnya di channel youtube Fellexandro ini yaa..


187 views0 comments

Comentários


bottom of page