top of page
  • Writer's picturestellarw

Kenapa Alfamart dan Indomaret selalu berdekatan? Ini Alasannya!

Stellars! Pernah gak kamu perhatikan letak Alfamart dan Indomaret? Kedua minimarket ini selalu berdekatan lho, bahkan saking deketnya seringkali lokasinya berseberangan atau bahkan bersebelahan!


Hmm.. biar apa sih Alfamart dan Indomaret deketan?

Alfamart dan Indomaret
Gambar: media.suara.com

Nah, ternyata selain bersaing menjadi kompetitor, alasan lain Alfamart dan Indomaret berdekatan ialah dikarenakan mereka sedang menerapkan Strategi Lokasi Hotelling!


So, apa itu strategi lokasi Hotelling? Baca penjelasannya dalam artikel ini sampai habis yaa!


Apa itu Strategi Lokasi Hotelling?

Strategi hotelling atau dikenal juga dengan teori lokasi hotelling adalah strategi yang dilakukan oleh dua industri yang bersaing dari segi lokasi dan harga produk untuk tujuan maksimalisasi laba pasar. Mari kita contohkan ilustrasinya berikut ini:


KONDISI PERTAMA

Bayangkan lah Alfamart dan Indomaret dalam satu wilayah. Di tahap pertama, Alfamart berada di ujung tepi kiri jalan, sedangkan Indomaret di berada ujung tepi kanan jalan.

Ilustrasi Alfamart dan Indomaret berdekatan

Nah, secara teori Alfamart dan Indomaret akan mendapatkan masing-masing 50% calon pembeli. Yakni, 50% calon pembeli yang berada di tepi kiri jalan akan membeli melalui Alfamart, dan 50% calon pembeli yang berada di tepi kanan jalan akan membeli melalui Indomaret



KONDISI KEDUA

Setelah mengetahui ada wilayah yang tidak terjangkau, Alfamart berpindah lokasi berjualan ke tengah agar bisa menjangkau willayah tersebut. Akibatnya Alfamart bisa menarik lebih banyak pelanggan hingga 75%, seperti ilustrasi berikut

Ilustrasi Alfamart dan Indomaret berdekatan

Nah, bila sudah terjadi kondisi seperti itu, tanpa disadari Alfamart lebih unggul dalam mengambil calon konsumen kan?


KONDISI KETIGA

Akhirnya, Indomaret menyadari hal tersebut dan ikut berjualan ke tengah mendekati lokasi Alfamart agar dia bisa menjangkau kembali calon pembeli yang semula diambil oleh Alfamart.


Sehingga potensi calon pembeli kembali seimbang seperti semua, yakni 50% untuk Alfamart dan 50% untuk Indomaret


NOTES FOR STELLARS!

Nah itu dia alasan mengapa Alfamart dan Indomaret selalu berdekatan. Dengan berdekatan sesuai jarak yang pas, mereka bisa bersaing untuk menjangkau calon konsumen tanpa khawatir potensi pasarnya diambil oleh pesaing.


BACA JUGA: Cara Mendaftarkan Merek Tanpa Harus Membangun PT atau CV

Gambar: blog.oyindonesia.com






111 views0 comments

Comentários


bottom of page