top of page
  • Writer's picturestellarw

Jenis-Jenis Produk Yang Bakal Laku Keras Dicari Banyak Konsumen

Updated: Dec 24, 2021

Memilih produk yang pasti laku untuk jualan online ternyata mudah loh. Debora Gondokusumo (Founder Masshiro&Co.) akan berbagi jenis-jenis produk yang bakal laku keras dibeli pelanggan saat kamu jual pertama kali. Simak di bawah ini!


Apa itu Produk Yang Pasti Laku?


Produk adalah inti utama dari bisnis, terutama bagi kamu yang ingin jualan online. Supaya produkmu laku, kamu harus membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen atau disebut juga dengan high impact product.


Singkatnya, konsumen akan terus datang untuk membeli high impact product karena mereka butuh dan tidak bisa mencari penggantinya di tempat lain.


Ciri-Ciri Produk Yang Laku Di Pasaran
© 2021 by Stellar Women. All rights reserved

Jenis - Jenis High Impact Product


1. BREADTH OF USE ( Bisa digunakan oleh seluruh jenis konsumen )


Buatlah produk yang bisa dipakai oleh konsumen dari berbagai kalangan umur, jenis kelamin, pekerjaan, dll. Sehingga kamu bisa menjangkau target konsumen sebanyak-banyaknya.



Ide Bisnis Produk Masshiro&Co.
Saat itu Debora hanya menjual produk kemeja putih, karena menurutnya setiap orang pasti membutuhkan 1 kemeja putih, entah untuk bekerja, menghadiri acara, atau sekedar untuk hangout.

Ternyata ide produk tersebut berhasil! Hingga kini kemeja putih masih menjadi produk utama yang dijual Masshiro & Co. karena konsumen yang membutuhkan kemeja putih terus berdatangan.


2. FREQUENCY OF USE ( Bisa digunakan sesering mungkin )


Produk yang dibutuhkan konsumen adalah produk yang mereka gunakan setiap hari. Kamu bisa menjual produk yang tiap hari digunakan seperti peralatan makan, handuk, sembako, air minum, dll.


Ingat, semakin sering konsumen menggunakan suatu produk, maka semakin sering juga konsumen membeli ulang produk tersebut ketika habis/sudah rusak. More sales, more profit to earn!


3. DEPTH OF USE ( Punya fungsi yang banyak )


Konsumen lebih tertarik membeli produk yang punya banyak fungsi dibandingkan produk yang hanya memiliki satu fungsi.


Kalau kamu diberikan opsi Kaftan dan Dress Casual, mana yang akan kamu beli sebagai baju pesta? Tentu Dress Casual bukan?


Karena Dress Casual bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis acara, tidak seperti Kaftan yang hanya cocok digunakan saat lebaran.


4. EFFICIENT TO USE ( Bisa mempermudah masalah konsumen)


Konsumen mencari produk yang bisa menyelesaikan masalah mereka, atau setidaknya meringankan masalah mereka. Untuk itu lihatlah masalah yang dihadapi oleh konsumen sebelum kamu membuat produk untuk dijual.


Sebagai contoh, banyak wanita berhijab kesulitan saat sholat karena harus membuka hijab sebelum memakai mukena, belum lagi mereka harus memasang ulang hijabnya setelah selesai sholat. Rumit kan?


Nah, kamu bisa menjual produk mukena instant khusus bagi muslimah sehingga mereka tidak perlu melepas-pasang hijabnya setiap sholat. Masalah terselesaikan bukan?


5. SATISFYING TO USE ( Memberikan Kepuasan Saat Digunakan )


Produk yang memuaskan adalah produk yang membuat konsumen merasa I feel pretty in it” & “I feel great using it”. Singkatnya, produk yang bisa memberikan nilai lebih bagi diri konsumen.


So, buatlah produk yang menimbulkan kepuasan sehingga produkmu berharga di mata konsumen dan akan selalu dicari. Benefitn-nya, konsumen yang puas akan merekomendasikan produkmu kepada teman lain lho!


NOTES FOR STELLARS!

Sebisa mungkin buatlah produk yang bisa beririsan dengan kelima jenis produk tersebut. Sehingga produkmu benar-benar dicari konsumen karena sulit untuk ditemukan penggatinya.


Tapi bila dirasa sulit, tidak masalah jika produkmu hanya beririsan dengan satu jenis produk di atas. Kamu bisa menambah nilai produk tersebut dengan cara-cara lain. Baca caranya di next artikel ini!

BACA MATERI SELANJUTNYA: 5 Cara Membuat Produk Yang Laris Dijual (Catat Untuk Pebisnis Pemula!)

Ingin belajar materi lain seperti ini? Daftar Stellar Learning Event!

GRATIS UNTUK MEMBER

 

Kenalan dengan Lecturer Materi ini yuk!

Debora Gondokusumo adalah salah satu Founder dari brand fashion Masshiro&Co. Brand fashion ini tergolong unik karena hanya menyediakan produk kemeja dengan warna-warna basic, especially white!. Sesuai taglinenya “essential white shirts helping you make one decision less, everyday”, Masshiro&Co. menghadirkan high impact product yang sesuai kebutuhan konsumen, hingga memiliki flagship store di Plaza Indonesia dan diikuti 57ribu followers di instagram!.


(GG)

298 views0 comments
bottom of page