top of page
  • Writer's picturestellarw

Cara Tingkatkan Sales agar Profit Naik Berkali-kali Lipat

Kamu sering belanja online? Masih ingat gak berapa banyak barang yang kamu check-out karena tergiur gratis ongkir? Pasti lebih dari satu barang kan..


Sadarkah kamu bahwa terkadang kamu membeli lebih banyak barang agar bisa memenuhi batas minimal untuk mendapatkan voucher gratis ongkir.


Ini adalah salah satu strategi yang digunakan untuk meningkatkan sales. Menarik bukan? Baca artikel ini untuk tahu cara meningkatkan sales agar profit bisnismu naik berkali-kali lipat.


Materi ini dibawakan oleh Desy Bachir (Chief Marketing Officer of Samara & Entertainment) dalam kelas Stellar Power Accelerator powered by L’Oréal Paris


Bila sampai saat ini kamu masih masih berpikir bahwa untuk meningkatkan profit harus mencari banyak kustomer, sebenarnya salah!


Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan profit bisnismu. Lihat dalam gambar di bawah ini:


PERTAMA, JUAL LEBIH BANYAK


Ini adalah metode yang paling sering digunakan semua orang. Tapi meskipun banyak orang yang sering menggunakan metode ini, ternyata masih banyak yang belum tau cara untuk menjual lebih banyak produk.


Menjual lebih banyak produk bukan berarti kamu harus mencari lebih banyak calon client/customer lho, karena kamu bisa membuat calon customer/client membeli produk lebih banyak dalam waktu yang bersamaan.


Contoh:

  • Menjual dengan sistem bundle yang terdiri dari beberapa produk

  • Promo buy 2 get 1

Dengan begitu 1 customer bisa membeli lebih banyak barang sekaligus, jadi kamu gak perlu cape-cape mencari lebih banyak calon customer bukan? Cukup optimalkan offeringmu!


KEDUA, NAIKAN HARGA


Semakin tinggi harga yang kamu naikan, maka semakin besar profit yang akan kamu dapatkan. Tapi, hati-hatilah dalam melakukan strategi ini, karena harga yang terlalu tinggi akan mengakibatkan produkmu sulit bersaing dengan para kompetitior


Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menciptakan produk yang lebih premium. Buatlah branding bahwa produk ini jauh lebih baik dibandingkan produkmu yang sebelumnya, kalau perlu naikan kualitasnya agar konsumen semakin tertarik.


Dengan begitu mereka tidak akan ragu untuk membeli produkmu dengan harga yang lebih mahal dibanding sebelumnya.


KETIGA, KURANGI BIAYA PRODUKSI


Umumnya kamu bisa menurunkan kualitas produk agar mendapatkan profit yang lebih besar. Kamu bisa mengganti bahan baku produk dengan bahan yang lebih terjangkau, atau menekan biaya fix cost lain seperti biaya sewa atau biaya operasional.


Namun bila kamu tidak bisa mengurangi fix cost dan tidak ingin menurunkan kualitas, hal yang bisa kamu lakukan adalah melakukan efisiensi dalam proses pembuatan produk.


Misal: Mengganti man power dengan mesin yang punya harga lebih murah dibanding gaji man power atau menghilangkan 1 proses tahapan produksi produk.


Bila kamu masih merasa kesulitan untuk meningkatkan profit maka inilah saatnya menggunakan bantuan tim sales.


So, bagaimana cara membuat target sales yang menghasilkan profit tinggi namun tetap mudah tercapai? Berikut caranya:

1. TENTUKAN TARGET REALISTIS DAN MENANTANG

a. Determine Company’s Goals

Untuk membuat target sales biasakan untuk melihat goals dari bisnismu. Dengan begitu kamu tau seberapa jauh batas aman yang harus kamu capai agar bisnismu bisa tetap sustain.


Pastikan target salesmu bisa menghasilkan profit melebihi batas aman. Sehingga kamu tidak akan ketinggalan jauh dari profit yang kamu butuhkan untuk membuat bisnismu aman dan sustain.


Contoh: Profit yang dibutuhkan untuk mencapai batas aman: 100 juta Maka buatlah target sales melebihi angka 100 juta. b. Assess Market Potential

Setelah melihat batas aman, jangan langsung memberikan target dua kali lipat dari batas aman tersebut. Mengapa? Karena kamu juga harus memperhatikan market potential yang ada.


Dalam jangka waktu setahun, pasti akan ada bulan-bulan dimana sales tergolong sangat tinggi ataupun bisa saja menyentuh angka sales sangat rendah.


Ini bisa dipengaruhi karena hal-hal yang terjadi diluar timmu, seperti contohnya bulan puasa. Di saat bulan puasa, hampir seluruh industri memiliki market potential yang tinggi.


Contoh:

Profit yang dibutuhkan untuk mencapai batas aman: 100 juta

Market potential hanya 50%

Maka, janganlah membuat target 200 juta, tapi cobalah untuk membuat target 150 juta.


c. Evaluate Your Resource

Jika ternyata kamu kekurangan man power atau fasilitas yang bisa mendukung hanya bisa mencapai 20 juta, maka jangan dipaksakan. Tambalah sumberdaya mu untuk itu


2. EDUCATE AND EMPOWER YOUR TEAM

Jika ternyata kamu kekurangan man power atau fasilitas yang dimiliki oleh tim mu hanya bisa mendukung target sales mencapai 20 juta, maka jangan dipaksakan. Tambalah sumberdaya mu agar bisa mencapai target yang lebih tinggi


3. PROPERLY INCENTIVISE YOUR TEAM

Bila tim-mu dapat mencapai target sales maka berikanlah komisi agar mereka semakin semangat untuk memenangkan lebih banyak client/customer.


Jelaskan seperti apa struktur komisi yang akan diberikan kepada timmu dan tingkatkan reward komisi setiap kali tim mu mencapai target sales yang lebih tinggi. Ini untuk memastikan mereka tetap semangat dan puas dengan pembagian hasil yang telah kamu berikan.


4. CALCULATE YOUR IDEAL MONTHLY SALES GOALS

Setiap bulan pasti akan ada perubahan yang terjadi di market, untuk itu buatlah kalkulasi target sales yang baru setiap bulan.


5. MONITOR, REVIEW, ITERATE

Ini adalah tahap final. Lakukanlah monitoring dan review secara berkala, dengan begitu kamu akan tahu ketika ada yang menghambat kenaikan sales dan juga bisa memaksimalkan sales ketika muncul potensi yang tidak terduga.


Ingin belajar materi lainnya? Ikuti Stellar Power Accelerator powered by L’Oréal Paris


Kamu bisa belajar SEMUA HAL TENTANG BISNIS. Mulai dari mengembangkan produk, marketing, keuangan, hingga leadership.

EKSKLUSIF HARGA SPESIAL

RP. 85.000/kelas

Dapatkan harga spesial ini di

KLIK TOMBOL DI BAWAH


 

(GG)













81 views0 comments

Comentarios


bottom of page