top of page
  • Writer's picturestellarw

Butet Manurung, Wanita Indonesia yang menjadi Barbie Role Model 2022

Stellars, kamu masih ingat gak sih dengan barbie yang menjadi mainan-mu saat kecil?


Nah, sebagai perusahaan yang memproduksi boneka barbie, Mattel kini meluncurkan penghargaan tahunan Barbie Role Model yang ditujukan untuk mengapresiasi bagi para wanita di seluruh dunia yang memiliki kontribusi tinggi terhadap masyarakat.


Tahun ini wanita asal Indonesia mendapatkan penghargaan tersebut lho... Dia adalah Saur Marlina Manurung atau lebih dikenal dengan nama Butet Manurung, seorang aktivis sekaligus pendiri dari Sokola Rimba.

Butet Manurung Barbier Role Model Indonesia
Gambar: shop.mattel.com

Terpilihnya Butet Manurung sebagai salah satu dari 12 Barbie Role Model 2022 ternyata juga dalam rangka merayakan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2022 di tahun ini.


Buat kamu yang penasaran nih, ke-12 Barbie Role Model 2022 dipilih berdasarkan prestasi dan kontribusi mereka dalam bidang industri teknologi, kesehatan, STEM (ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, matematika), pendidikan, dan lain-lain.


Seperti yang kita tahu nih, Butet memang memiliki kontribusi yang tinggi dalam bidang pendidikan di Indonesia khususnya kontribusi terhadap pengadaan program belajar bagi orang-orang di pelosok Indonesia.



MENDIRIKAN SOKOLA RIMBA DAN SOKOLA INSTITUTE

Sokola Rimba Butet Manurung
Gambar: top10asia.org

Butet juga mendirikan SOKOLA Institute sebagai organisasi non-profit yang menyediakan kesempatan belajar dan program literasi untuk para komunitas marjinal di pelosok Indonesia hingga mencapai 15.000 anak dan dewasa.


Sebagai edukator dan aktivis, Butet gak hanya diapresiasi oleh Mattel lho. Ia juga mendapatkan banyak apresiasi di kancah dunia dengan mendapatkan banyak penghargaan internasional. Beberapa diantaranya ialah:

  • UNESCO’s “Man and Biosphere Award” 2001

  • TIME Magazine's "Hero of Asia" 2004

  • "Ashoka Fellow 2006

  • Asia Young Leader 2007

  • Young Global Leader 2009

  • Ernst and Young Indonesian “Social Entrepreneur of the Year 2012”

  • ‘Asia Nobel Prize' Ramon Magsaysay Award 2014.

Banyak banget yaa, Stellars?

Butet memang melakukan tugas yang sungguh mulia. Jadi, gak salah lagi bila dia dinobatkan sebagai salah satu Barbie Role Model 2022.


Dilansir dari akun instagram miliknya, Butet juga menyatakan rasa senangnya bisa menjadi salah satu dari Barbie Role Model 2022.


Butet Manurung Barbie Role Model 2022 Indonesia
Gambar: Instagram Butet Manurung (@butet_manurung)

Well, Congratulations to Butet Manurung! You really deserve it!

Semoga pencapaian Butet bisa menjadi inspirasi bagi Stellars dan para wanita di luar sana yaa..

Lakukan yang terbaik untuk dirimu dan masyarkat Stellars! BACA JUGA: Ubah Hobi Belanja jadi Cuan lewat Program Affiliate

(GG)

Komentarai


bottom of page